Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

apa itu anxiety?

Apa itu anxiety?

Anxiety atau dalam bahasa Indonesia berarti Kecemasan, juga dikenal sebagai gangguan kecemasan dalam dunia psikologis adalah adanya perasaan ketidaknyamanan.

Merupakan hal yang normal apabila kita mengalami kecemasan sesekali dalam kehidupan kita sehari-hari.

Karena kita dapat khawatir tentang peristiwa yang kita hadapi pada waktunya atau kita dapat memiliki kekhawatiran materi-spiritual tentang masa depan.

Meski dalam kehidupan sehari-hari mengalami kecemasan adalah hal yang wajar, namun jika terjadi kelebihan dosis, maka kita bisa membicarakan penyakit medis.

Orang dengan gangguan kecemasan memiliki kecemasan dan ketakutan yang intens dan terus-menerus terhadap situasi sehari-hari.

Panik karena anxiety juga dapat memanifestasikan dirinya dalam krisis. Kondisi kecemasan, kecemasan, dan kepanikan yang ekstrem ini mengganggu kelangsungan aktivitas sehari-hari. Sulit untuk mengontrol dan mengelola, dan tidak mungkin untuk memprediksi waktu.

Gejala kondisi anxiety ini dapat dimulai pada masa kanak-kanak dan remaja dan berlanjut hingga dewasa. cenderung menurun setelah dewasa.

Gangguan anxiety atau kecemasan pada diri mereka sendiri; Ada juga bagian seperti gangguan kecemasan sosial, kecemasan perpisahan, fobia spesifik, dan kecemasan umum.

Dalam konteks ini, Anda mungkin menderita lebih dari satu gangguan kecemasan, bukan hanya satu. Kadang-kadang mungkin perlu untuk mencapai solusi dengan perawatan medis.

Tentang gangguan anxiety

Kecemasan mempersiapkan Anda untuk mengatasi masalah yang Anda hadapi dalam kehidupan sehari-hari dan menciptakan lingkungan bagi Anda untuk membuat keputusan lebih cepat. Kecemasan sebenarnya adalah cara otak Anda merespons stres dan memperingatkan Anda tentang potensi bahaya di depan.

Sekitar 18% dari masyarakat menderita gangguan kecemasan dan dapat berkembang ke tingkat penyakit dengan tingkat peningkatan masalah. Seseorang dengan kecemasan selalu memikirkan skenario terburuk dan pikiran ini berada di luar kendali mereka.

Kehidupan sosial seseorang yang terus-menerus mengalami kecemasan dan kekhawatiran dapat terganggu, kesehatan mentalnya dapat memburuk dan efisiensinya dalam pekerjaan sehari-hari dapat menurun. Oleh karena itu, kualitas hidup penderita gangguan kecemasan menurun drastis.

Siapa saja yang bisa terkena anxiety?

Menurut statistik, gangguan kecemasan lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. Kecemasan lebih sering terjadi pada anak-anak yang dibesarkan dengan sikap overprotective, dan pada orang-orang yang selalu mendapat reaksi negatif dari lingkungannya dan yang tertekan.

Ketika hal-hal negatif, trauma, dan ketidakbahagiaan yang dialami di masa kanak-kanak meningkat, risiko kecemasan meningkat secara bersamaan. Selain itu, adanya kecemasan dalam keluarga atau kerabat meningkatkan risiko. Karena penularan genetik dimungkinkan pada penyakit ini.

Apa Saja jenis anxiety atau Gangguan Kecemasan?

Ada beberapa jenis gangguan kecemasan:

Gangguan Kecemasan Umum: Perasaan cemas dan tegang yang ekstrem tanpa alasan yang jelas.
Serangan Panik: Ketakutan yang tiba-tiba dan intens dapat menyebabkan serangan panik.

Sementara itu, Anda mungkin merasakan sakit di dada, Anda mungkin mengalami keluarnya keringat di tubuh Anda, dan Anda mungkin melihat akselerasi dalam detak jantung Anda. T

erkadang prosesnya membuat Anda tercekik atauserangan jantungIni bisa sangat parah sehingga Anda mengira Anda mengalami stroke.

Gangguan Kecemasan Sosial: Dalam hubungan pribadi Anda, itu disebut keadaan khawatir dan stres bahwa orang lain menilai tindakan Anda dan mengejeknya.

Fobia Spesifik: Ini dapat bermanifestasi sebagai rasa takut akan ketinggian. Orang dengan ketakutan ini mungkin khawatir tentang naik pesawat atau tinggal di rumah bertingkat tinggi.

Agoraphobia: Di keramaian, ketika keadaan darurat terjadi, Anda mungkin merasa takut dan cemas karena mobilitas Anda terbatas.

Kecemasan Perpisahan: Anda mungkin mengalami kecemasan perpisahan jika Anda sangat khawatir ketika orang yang Anda cintai meninggalkan Anda dan Anda ingin berada di depan Anda sepanjang waktu.

Bisu Selektif: Sementara beberapa anak dapat berkomunikasi dengan keluarga mereka dengan berbicara, mereka tidak dapat berbicara di depan umum. Kecemasan sosial ini disebut mutisme selektif.

Apa Penyebab Gangguan Kecemasan?

Penyebab gangguan kecemasan tidak dipahami dengan jelas. Namun, terlihat bahwa faktor-faktor seperti peristiwa traumatis, berbagai pengalaman, masalah kesehatan, faktor keturunan dapat memicu gangguan kecemasan.
Gangguan kecemasan dapat terjadi karena alasan genetik. Karena itu, jika ada kerabat Anda yang menderita penyakit ini, Anda berisiko.

Koneksi yang salah dari bagian otak Anda yang mengontrol rasa takut dan emosi dapat menyebabkan gangguan kecemasan.

Anda mungkin memiliki gangguan kecemasan karena trauma lingkungan (seperti pelecehan masa kanak-kanak, kematian orang yang dicintai, atau diserang).

Jantung, paru-paru,tiroid,PermenMasalah kesehatan seperti kecemasan dapat menyebabkan gangguan kecemasan.
Kecemasan mungkin merupakan efek samping dari obat yang Anda gunakan.

Jika keluarga atau kerabat Anda tidak memiliki gangguan kecemasan, jika itu tidak terjadi ketika Anda masih kecil, dan baru mulai muncul, mungkin ada alasan medis. Ini harus diperiksa oleh dokter dan peta jalan harus dibuat sesuai.

Apa Faktor yang Menyebabkan Risiko anxiety?

Faktor- faktor tertentu dapat meningkatkan risiko Anda mengalami gangguan kecemasan .

Mengalami pelecehan atau penelantaran seksual selama masa kanak-kanak sangat meningkatkan risiko kecemasan.

Individu yang terkena peristiwa traumatis lebih mungkin mengalami gangguan kecemasan.

Menjadi depresi meningkatkan risiko kecemasan Anda.

Kekhawatiran dan stres tentang kesehatan Anda sendiri atau kesehatan orang-orang di sekitar Anda dapat meningkatkan gangguan kecemasan.

Penyalahgunaan zat meningkatkan risiko kecemasan.

Risikonya tinggi pada orang yang takut pada orang asing, menarik diri, dan tidak berkomunikasi di masa kanak-kanak.

Pikiran dan persepsi negatif seperti kurang percaya diri dan menjadi bahan ejekan dapat menyebabkan gangguan kecemasan.

Orang dengan tipe kepribadian tertentu rentan terhadap gangguan kecemasan.

Apa Saja Gejala anxiety atau Kecemasan?

Beberapa gejala gangguan kecemasan adalah sebagai berikut.

Merasa tegang, gelisah, panik

mengalami sesak napas, mulut kering,

Khawatir seolah-olah sesuatu yang buruk akan terjadi

Akselerasi detak jantung yang berlebihan

keringat berlebih

gemetar di tangan

Fokus, masalah konsentrasi

masalah pencernaan

Keadaan menghindari efek yang akan memicu kecemasan

Masalah tidur adalah salah satu gejala utama.

Apa itu Metode Diagnostik untuk mengetahui anxiety/Kecemasan?

Jika Anda yakin dengan adanya gejala, dokter Anda akan melakukan pemeriksaan fisik dan kemudian mengisi riwayat Anda dengan informasi tentang riwayat kesehatan Anda.

Ini mungkin memerlukan beberapa tes yang harus dilakukan untuk menghilangkan beberapa kondisi kesehatan yang dapat memicunya.

Tak satu pun dari tes laboratorium dapat secara khusus mendiagnosis gangguan kecemasan, sehingga tes, riwayat medis, dan tahap pemeriksaan semuanya penting untuk diagnosis gangguan tersebut.

Dokter Anda mungkin merujuk Anda ke psikiater , psikolog , atau profesional kesehatan mental lainnya sesuai kebutuhan.

Para profesional ini dapat mengajukan berbagai pertanyaan, menggunakan alat tertentu, atau melakukan beberapa tes untuk mengetahui apakah Anda memiliki gangguan kecemasan.

Poin penting lainnya dalam fase evaluasi adalah berapa lama gejala Anda muncul dan seberapa intensnya.

Sangat penting bagi diagnosis untuk memberi tahu dokter jika kecemasan Anda berada pada tingkat yang mencegah Anda menikmati kehidupan sehari-hari.

Apa Metode Perawatan Bagi penderita anxiety/Kecemasan?

Ada banyak alternatif pengobatan yang tersedia untuk mengurangi gejala gangguan kecemasan dan untuk mengelola ketidaknyamanan. Tetapi dua perawatan yang paling umum adalah psikoterapi dan obat-obatan.

Metode perawatan mana yang akan Anda tanggapi dengan lebih baik dapat ditentukan dengan coba-coba.

Psikoterapi: Dikenal sebagai terapi konseling atau bicara, psikoterapi melibatkan bekerja dengan terapis untuk mengurangi gejala kecemasan Anda.

Dalam jenis konseling ini, Anda dapat menyaksikan bagaimana emosi Anda memengaruhi perilaku Anda.

Psikoterapi adalah pengobatan yang sangat efektif untuk mempelajari cara memahami dan mengelola gangguan kecemasan Anda.

Terapi Perilaku Kognitif (CBT): Jenis psikoterapi ini memandu Anda tentang cara mengubah pikiran dan perilaku negatif dan memicu panik menjadi pikiran dan perilaku positif.

Ini adalah metode pengobatan yang efektif di mana Anda akan belajar bagaimana mendekati dan mengelola situasi yang menyebabkan ketakutan dan kecemasan tanpa khawatir.

Obat: Dokter Anda dapat menggunakan berbagai antidepresan, obat-obatan, obat penenang untuk meredakan gejala kecemasan.

Tujuan utama obat-obatan adalah bantuan jangka pendek, mereka tidak dimaksudkan untuk penggunaan jangka panjang.

Ini juga merupakan ide yang baik untuk bertemu dengan dokter Anda untuk memutuskan obat mana yang paling cocok untuk Anda dan untuk mendiskusikan pro dan kontra.