Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu algoritma?

Apa itu algoritma? Algoritma memberi kita kemudahan di banyak bidang kehidupan kita sehari-hari.

Sebenarnya, ada banyak contoh algoritma di banyak bidang kehidupan kita, bahkan jika kita tidak menyadarinya.

Namun, sebagian besar digunakan di bidang terkait komputer dan matematika. Jadi apa yang dimaksud dengan algoritma dan apa saja contoh dari algoritma? Inilah yang perlu Anda ketahui tentang algoritma.

Algoritma memberikan banyak manfaat dalam kehidupan kita sehari-hari. Memecahkan masalah matematika atau menyiapkan Makanan juga merupakan contoh Algoritma.

Jadi apa Itu Algoritma dan apa fungsinya? Apa saja contoh algoritma? Berikut adalah informasi tentang algoritma…

Apa itu algoritma?

Urutan langkah-langkah yang harus diikuti untuk melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan komputer dengan benar disebut algoritma.

Singkatnya, itu bisa disebut metode mencapai tujuan atau memecahkan masalah langkah demi langkah. Jika proses tidak dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda mungkin menghadapi masalah.

Algoritma adalah sekumpulan operasi berhingga yang digunakan untuk melakukan suatu pekerjaan dalam pemrograman atau matematika.

Sekumpulan operasi berhingga dimulai dari keadaan awal dan berakhir pada keadaan akhir tertentu.

Algoritma muncul tidak hanya dalam matematika atau pemrograman, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari dan membantu kita dalam banyak bidang.

Algoritme, yang memecahkan masalah yang dihadapi dalam pemrograman komputer seperti halnya manusia, dibagi menjadi tiga bagian dasar; bagian pendahuluan, bagian di mana hasil dicapai dengan memasukkan loop operasi, dan bagian di mana hasil diperoleh.

Diagram alir digunakan untuk mengekspresikan algoritma dengan lebih sederhana. Setiap gambar dalam diagram alir, yang terdiri dari gambar-gambar, memiliki arti.

Dengan bantuan diagram alir, yang memungkinkan kita melihat keseluruhan algoritme, jalur yang harus diikuti dapat ditemukan dengan lebih mudah dan berbagai hal dapat dilakukan dengan lebih cepat.

Contoh Algoritma

Algoritma memberikan banyak manfaat dalam kehidupan kita sehari-hari. Memecahkan masalah matematika atau menyiapkan makanan juga merupakan contoh algoritma.

Misalnya, saat menyiapkan hidangan, langkah-langkah yang ditunjukkan dalam resep harus diikuti.

Ini adalah algoritma yang digunakan semua orang. Untuk memberikan contoh sederhana dari algoritma, Anda dapat memeriksa diagram alur program yang mencetak rata-rata dua angka di bawah ini.

Variabel
X: Angka pertama
Y: Angka kedua
Z: Angka ketiga
Jumlah= Jumlah angka
Rata-rata= Rata-rata angka

Contoh algoritma untuk program yang mencetak jumlah dua angka:

Algoritma
Langkah 1: Mulai
Langkah 2: Baca angka X
Langkah 3: Baca angka Y
Langkah 4: Baca angka Z
Langkah 5: Jumlah=X+Y+Z
Langkah 6: Rata-rata: Jumlah/2