Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu apostille dan apa fungsinya? Cara membuat apostille dan mendapatkannya

Apa itu apostille? Apostille adalah salah satu kata yang sering terdengar akhir-akhir ini, dan mungkin sekali banyak orang tidak tahu apa itu apostille.

Apa itu Apostille dan Apa Fungsinya?

“Apostille” adalah seperangkat prosedur yang harus dilalui agar dokumen yang dikeluarkan oleh otoritas negara asing dapat diterima sebagai dokumen sah oleh otoritas negara lain tanpa melalui proses sertifikasi terpisah.

Dokumen, yang apostillenya telah disetujui, diterima sebagai dokumen yang memiliki kualitas valid di semua negara anggota dan negara pihak Konferensi Den Haag.

Singkatnya, Apostille adalah sistem persetujuan dokumen yang memungkinkan keaslian dokumen disetujui dan digunakan secara legal di negara lain.

Jadi jika anda memiliki dokumen yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia, contohnya adalah akta kelahiran, dan ingin digunakan di luar negeri seperti di Turki, maka anda perlu apostille agar dokumen itu dianggap sah.

Tanpa apostille, dokumen anda bisa jadi tidak dianggap sah, sehingga mau tidak mau jika instansi tertentu negara tujuan mewajibkan apostille, maka anda pun harus meminta apostille di negara setempat.

Aturan Apostille telah ditentukan dengan Konvensi Den Haag tanggal 6 Oktober 1961. Aturan Apostille hanya berlaku antara negara bagian yang menjadi anggota atau pihak pada Konferensi Den Haag.

Otoritas lokal, kementerian, dll. ditentukan oleh anggota atau negara pihak terkait dengan sistem persetujuan dokumen ini.

Organisasi yang mengurus dokumen apostil akan menyatakan bahwa sebuah dokumen adalah asli, membuatnya sah untuk digunakan di negara anggota atau pihak lain di bawah aturan yang ditetapkan dalam Konvensi Den Haag tanggal 6 Oktober 1961.

Sebuah dokumen dengan persetujuan Apostille diterima sebagai dokumen yang sah di semua negara anggota dan partai Konferensi Den Haag.

Bagaimana Cara Membuat Apostille dan Dimana Mendapatkannya?

Banyak orang sangat ingin tahu tentang jawaban atas pertanyaan tentang cara membuat Apostille dan di mana mendapatkannya, yang merupakan topik yang sangat penting dan menarik. Dalam pengertian ini, ini muncul sebagai masalah penting. Untuk memahami bagaimana apostille dibuat, akan sangat tepat untuk memberikan contoh sebagai berikut:

Agar lebih jelas, dua dokumen penting seperti akta kelahiran atau putusan pengadilan bisa dijadikan contoh. Kedua dokumen yang disebutkan di sini harus di-posting agar dapat digunakan di institusi mana pun di Turki.

Sebagai contoh; Anda telah menerima keputusan pengadilan di Jerman . Untuk dapat memformalkan konsekuensi dari hal ini misalnya di negara Turki, misalnya kasus perceraian, perlu terlebih dahulu mengirimkan keputusan pengadilan di negara tempat Anda berada.

Setelah itu, Anda dapat menggunakan keputusan kerasulan di institusi mana pun yang Anda butuhkan, di gedung pengadilan atau kantor catatan sipil, dengan menerjemahkannya di Turki dan kemudian diaktakan.

Untuk memiliki dokumen apostille penting, dimungkinkan untuk memiliki dokumen apostille baik dari negara asing atau dari kedutaan atau konsulat yang melayani atas nama negara itu di Turki, dan kemudian Anda dapat dengan mudah menggunakan dokumen yang relevan di institusi Anda inginkan setelah menyelesaikan proses penerjemahan dan notaris.

Banyak negara memerlukan apostille untuk diperoleh untuk dokumen dalam bahasa Turki untuk mendapatkan Apostille untuk dokumen yang Anda miliki.

Ketika aplikasi dibuat dari Turki, apostille juga diperlukan sebelum terjemahan. Untuk mendapatkan apostille sebelum diterjemahkan, dokumen terlebih dahulu diperoleh dari instansi terkait.

Dokumen harus ditandatangani dan dicap basah. Contohnya adalah contoh pendaftaran penduduk. Setelah pemilik dokumen menerima sampel pendaftaran kependudukan dari kantor catatan sipil, orang tersebut dapat pergi ke gubernur kabupaten atau gubernur terdekat dengannya, dan dengan mudah mendapatkan apostille untuk dokumen yang dimilikinya.