Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Blockchain?

Apa itu Blockchain? Dengan pesatnya perkembangan teknologi dalam kehidupan kita, kebutuhan akan keamanan informasi dan data juga meningkat pesat.

Kebutuhan ini jauh lebih besar, terutama di bidang-bidang seperti keuangan, di mana data pribadi disertakan dan banyak transaksi dilakukan bersama-sama.

Di sini, teknologi blockchain berperan pada titik ini, yang bertujuan untuk memastikan keamanan dan transparansi data. Jadi apa yang dimaksud dengan blockchain? Apa itu teknologi blockchain? Mari kita telusuri jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini dan lebih banyak lagi bersama-sama.

Apa itu Blockchain?

Blockchain, yaitu Blockchain, menggambarkan struktur rantai yang terdiri dari blok. Blockchain menyediakan pelacakan transaksi terenkripsi sebagai sistem basis data terdistribusi.

Blockchain memfasilitasi proses seperti pencatatan transaksi dan pelacakan aset di jaringan bisnis. Pada saat yang sama, sistem ini dapat dianggap sebagai notebook yang dapat digunakan bersama dan tidak dapat dimodifikasi.

Mengapa Teknologi Blockchain Penting?

Agar proses bisnis dapat beroperasi dengan aman dan efisien, informasi harus ditransfer secepat dan seakurat mungkin.

Manfaat paling mendasar dari Blockchain pada saat ini adalah bahwa itu adalah buku besar yang hanya dapat diakses oleh anggota jaringan dengan izin.

Selain itu, anggota yang dapat mengakses sistem tidak dapat melakukan perubahan apa pun pada data.

Fitur lain yang membuat Blockchain ideal adalah ia memiliki struktur yang dapat dibagikan dan memberikan informasi yang transparan. Ini adalah elemen yang meyakinkan bagi pengguna.

Bagaimana Blockchain Bekerja

Blockchain tidak memiliki sistem terpusat. Data dalam blockchain dapat diakses melalui semua komputer.

Selain mengakses informasi, juga dimungkinkan untuk mengakses informasi secara transparan seperti milik siapa transaksi yang dilakukan di sini dan kapan transaksi tersebut dilakukan.

Karena transaksi yang dilakukan dalam teknologi ini tidak dapat diubah, catatan baru ditambahkan ke sistem ketika koreksi diminta. Dengan demikian, semua detail dipertahankan dan semua tindakan yang benar dan salah dapat diamati.

Dalam teknologi Blockchain, identitas dibuat dalam bentuk nomor identifikasi pengguna yang dikenali oleh semua jaringan.

Jadi, alih-alih menggunakan informasi pribadi seperti nama pengguna dan nama keluarga, semua transaksi dilakukan dengan nomor identifikasi ini. T

ransaksi yang dilakukan di sini dienkripsi dengan perhitungan matematis di sistem pengguna, yaitu fungsi hash dan dicatat di rantai.

String karakter yang dibuat dengan fungsi hash terdiri dari huruf dan angka. Dengan sedikit perubahan yang harus dilakukan, rangkaian yang berbeda terbentuk.

Semua transaksi diverifikasi oleh pengguna dan catatan menjadi permanen. Hal ini menunjukkan bahwa teknologi ini tidak terpusat. Singkatnya, elemen yang membuat teknologi blockchain penting adalah; Ini memiliki struktur anonim, bukan sistem terpusat, dan tidak dapat dipecahkan dan tidak dapat diretas.​

Apa yang Bisa Dilakukan Teknologi Blockchain?

Teknologi Blockchain menawarkan privasi data dengan kemampuan untuk menyimpan informasi yang dikandungnya dengan aman.

Untuk mengubah data yang ada di sini, Anda perlu mendapatkan persetujuan dari blok lain. Ini mengaktifkan mekanisme konfirmasi sebanyak jumlah blok.

Dengan demikian, sistem memastikan bahwa data aman dengan mencegah tindakan baik atau jahat yang mungkin datang dari luar.

Apa Kegunaan Blockchain?

Teknologi Blockchain memiliki struktur dan fungsi yang dapat digunakan di berbagai sektor. Berikut adalah sektor utama di mana teknologi ini banyak digunakan:
Sektor publik,
sektor keuangan,
sektor energi,
sektor kesehatan,
Rantai pasokan.