Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu denklik?

Apa itu denklik? Mungkin pembaca sedang mencari info tentang apa itu denklik dan apa fungsinya serta bagaimana cara mendapatkannya, maka kita akan membahasnya pada artikel ini.

Apa itu denklik?

Denklik merupakan kata dari bahasa Turki yang berarti penyetaraan. Artinya denklik adalah  penyetaraan yang dilakukan atau disahkan oleh pemerintah Turki atas ijazah yang didapatkan dari lembaga pendidikan luar Turki sehingga ijazah tersebut bisa digunakan di Turki.

Singkatnya, denklik adalah penyetaraan yang dilaksanakan oleh pemerintah Turki pada dokumen ijazah yang berasal dari pendidikan luar Turki sehingga ijazah itu diakui dan bisa digunakan untuk keperluan administrasi di Turki.

Misalnya saja, seseorang telah lulus s1 dari salah satu universitas di Indonesia, katakanlah UGM, kemudian ingin mendaftar s2 di kampus Turki.

Maka untuk mendaftar s2 itu, ia harus menyetarakan ijazahnya melalui lembaga penyetara ijazah Turki sehingga ijazahnya itu bisa digunakan untuk mendaftar s2 di perguruan tinggi di Turki.

Denklik adalah sebuah bentuk penentuan dan penerimaan yang menyatakan bahwa pendidikan yang telah ditempuh oleh seorang mahasiswa, baik program associate, sarjana atau pascasarjana di universitas yang diakui oleh Dewan Pendidikan Tinggi di luar Turki itu sama dengan pendidikan pada tingkat yang sama di Turki.

Ijazah yang diperoleh pada kampus luar Turki bisa berlaku di negara Turki hanya jika kesetaraan atau pengakukan dengan denklik ini didapatkan.

Jika tidak, maka seseorang tidak bisa mendaftar di kampus Turki menggunakan ijazah yang tidak di-denklik itu.

Apa Itu Denklik Belgesi?

Apa itu denklik? Diploma Kesetaraan ( yang dalam bahasa turki disebut dengan Denklik Belgesi) adalah dokumen yang menyatakan bahwa ijazah yang telah diperoleh seorang mahasiswa di luar Turki itu setara dengan ijazah yang didapatkan pada pendidikan tingkat yang sama di Turki.

Sertifikat Kesetaraan Sekolah atau denklik belgesi ini adalah WAJIB bagi siswa atau calon mahasiswa yang ingin melakukan pendaftaran di Institusi Pendidikan Tinggi Turki mana pun.

Untuk mengajukan Sertifikat Kesetaraan Sekolah, siswa atau mahasiswa harus mendaftar melalui tautan berikut: https://edenklik.meb.gov.tr

Berikut ini adalah contoh dokumen denklik atau denklik belgesi:

Contoh dokumen denklik Apa itu denklik?
Contoh dokumen denklik Apa itu denklik? Image source fbe.gazi.edu.tr

​​Untuk mendapatkan denklik belgesi, calon siswa atau mahasiswa harus mengisi informasi pribadi dan informasi pendidikan, dan seterusnya sesuai instruksi dalam website.

Bagi mahasiswa Pascasarjana yang telah menyelesaikan pendidikan Sarjana atau Magister di luar Turki, maka mereka harus memiliki pengakuan ijazah mereka yang dikonfirmasi oleh Dewan Pendidikan Tinggi Turki (YÖK).

Dengan cara ini mahasiswa terkait tidak perlu mendapatkan Dokumen “Denklik”.

Lebih lanjut tentang Denklik

Kesetaraan diberikan oleh Departemen Pengakuan dan Layanan Kesetaraan atas nama Dewan Pendidikan Tinggi.

Di antara rincian yang diperiksa untuk penerimaan kesetaraan adalah; Gelar akademik, kualitas dan tingkat program pendidikan tinggi yang diselesaikan dan jumlah kredit nasional dan poin ECTS yang diperlukan untuk lulus, dan pengetahuan, keterampilan dan kompetensi yang diharapkan diperoleh siswa disertakan.

Sertifikat kesetaraan adalah dokumen resmi yang menunjukkan di bidang dan tingkat mana ijazah yang diminta kesetaraan diakui di negara kita.

Layanan denklik kesetaraan dan pengakuan telah dilakukan secara terus menerus di lembaga Dewan Pendidikan Tinggi di Turki sejak tahun 1983.

Prosedur penyetaraan dilakukan dalam kerangka ketentuan Konvensi Pengakuan Dokumen Terkait Pendidikan Tinggi di Kawasan Eropa (Konvensi Lisbon), Undang-Undang Pendidikan Tinggi No. 2547 dan Peraturan tentang Pengakuan dan Kesetaraan Pendidikan Tinggi Asing Ijazah.