Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu enkripsi?

Apa itu enkripsi? Berikut ini adalah informasi tentang semua yang perlu Anda ketahui mengenai enskripsi.

Enkripsi dapat digunakan untuk melindungi data sensitif Anda secara online. Pelajari apa itu enskripsi, bagaimana menggunakannya, dan mengapa itu penting.

Apa itu enkripsi?

Enkripsi atau bisasanya disebut dengan Enskripsi Data adalah metode menjaga kerahasiaan data dengan mengubahnya menjadi ciphertext, yang hanya dapat didekodekan menggunakan kunci dekripsi unik yang dihasilkan pada saat enkripsi atau sebelumnya.

Enkripsi data mengubah data menjadi bentuk (kode) berbeda yang hanya dapat diakses oleh orang yang memiliki kunci rahasia (secara resmi dikenal sebagai kunci dekripsi) atau kata sandi.

Data yang belum dienkripsi disebut sebagai plaintext, dan data yang telah dienkripsi disebut sebagai ciphertext. Enkripsi adalah salah satu teknologi perlindungan data yang paling banyak digunakan dan berhasil di dunia korporat saat ini.

Enkripsi adalah alat penting untuk menjaga integritas data, dan kepentingannya tidak dapat dilebih-lebihkan. Hampir semua hal di internet telah dienkripsi di beberapa titik.

Pentingnya Enkripsi Data

Pentingnya enkripsi tidak dapat dilebih-lebihkan dengan cara apa pun. Meskipun data Anda disimpan dalam infrastruktur standar, masih ada kemungkinan untuk diretas. Selalu ada kemungkinan data akan disusupi, tetapi dengan enkripsi data, informasi Anda akan jauh lebih aman.

Anggap saja seperti ini sejenak. Jika data Anda disimpan dalam sistem yang aman, mengenkripsinya sebelum mengirimnya akan menjaganya tetap aman. Sistem yang dikenai sanksi tidak memberikan tingkat perlindungan yang sama.

Jadi, bagaimana menurut Anda ini akan terjadi dalam kehidupan nyata? Pertimbangkan kasus pengguna data perusahaan yang memiliki akses ke informasi sensitif saat bekerja.

Pengguna dapat meletakkan informasi pada disk portabel dan memindahkannya ke mana pun mereka memilih tanpa enkripsi apa pun.

Jika enkripsi telah ditetapkan sebelumnya, pengguna masih dapat menyalin informasi, tetapi data tidak akan dapat dipahami ketika mereka mencoba melihatnya di tempat lain. Ini adalah manfaat enkripsi data yang menunjukkan nilai aslinya.

Jenis Enkripsi Data

Ada beberapa strategi yang digunakan dalam algoritma kriptografi. Untuk proses enkripsi dan dekripsi, beberapa algoritma menggunakan kunci unik.

Dalam operasi tersebut, kunci unik harus diamankan karena sistem atau orang yang mengetahui kunci tersebut memiliki otentikasi lengkap untuk memecahkan kode pesan untuk dibaca. Pendekatan ini dikenal sebagai ” enkripsi simetris ” di bidang enkripsi jaringan.

Beberapa metode kriptografi menggunakan satu kunci untuk enkripsi data dan kunci lain untuk dekripsi data. Akibatnya, siapa pun yang memiliki akses ke komunikasi publik semacam itu tidak akan dapat memecahkan kode atau membacanya.

Jenis kriptografi ini, yang dikenal sebagai enkripsi “ kunci publik ”, digunakan di sebagian besar protokol keamanan internet. Istilah ” enkripsi asimetris ” digunakan untuk menggambarkan jenis enkripsi ini.

Status Enkripsi Data

Data, apakah sedang ditransfer antar pengguna atau disimpan di server, sangat berharga dan harus dilindungi setiap saat.

Enkripsi data dalam perjalanan: Informasi yang secara aktif berpindah dari satu titik ke titik lain, seperti melalui internet atau melalui jaringan pribadi, disebut sebagai data transfer.

Data dianggap kurang aman saat dalam perjalanan karena kelemahan teknik transfer. Enkripsi ujung-ke-ujung mengenkripsi data selama transmisi, menjamin bahwa itu tetap pribadi bahkan jika dicegat.

Enkripsi data saat istirahat: Data saat istirahat mengacu pada informasi yang tidak aktif berpindah dari satu perangkat ke perangkat lain atau dari satu jaringan ke jaringan lain, seperti informasi yang disimpan di hard drive, laptop, flash drive, atau diarsipkan/disimpan dengan cara lain.

Karena fitur keamanan perangkat membatasi akses, data saat istirahat seringkali kurang rentan daripada data dalam perjalanan, tetapi masih rentan. Ini juga berisi informasi yang lebih berharga, menjadikannya target yang lebih menarik bagi para penjahat.

Enkripsi data saat istirahat mengurangi risiko pencurian data yang disebabkan oleh perangkat yang hilang atau dicuri, berbagi kata sandi yang tidak disengaja, atau pemberian izin yang tidak disengaja dengan meningkatkan waktu yang diperlukan untuk mengakses informasi dan menyediakan waktu yang diperlukan untuk menemukan kehilangan data, serangan ransomware, data yang dihapus dari jarak jauh , atau kredensial yang diubah.

Bagaimana Proses Enkripsi Data?

Asumsikan seseorang memiliki sebuah kotak yang berisi beberapa dokumen. Individu menjaga kotak dan mengamankannya dengan kunci.

Individu mengirimkan kotak dokumen ini ke temannya setelah beberapa hari. Kuncinya juga disimpan oleh seorang teman.

Ini menandakan bahwa pengirim dan penerima memiliki kunci yang sama. Sobat sekarang telah diberi izin untuk membuka kotak dan melihat dokumen. Metode enkripsi sama seperti yang kami sebutkan dalam contoh tersebut.

Enkripsi dilakukan pada komunikasi digital. Prosedur teknologi ini dirancang untuk mencegah pihak ketiga menguraikan konten rahasia sinyal.

Konsumen melakukan transaksi pembelian barang melalui internet. Ada jutaan layanan web yang dapat membantu berbagai karyawan terlatih melakukan tanggung jawab mereka.

Selain itu, untuk memanfaatkan layanan yang menuntut informasi pribadi ini, sebagian besar situs web memerlukan identifikasi substansial.

Salah satu cara paling umum, yang dikenal sebagai “enkripsi”, adalah menjaga agar informasi tersebut tetap aman dan terlindungi.

Keamanan jaringan terkait erat dengan enkripsi. Enkripsi berguna untuk menyembunyikan data, informasi, dan hal-hal yang tidak dapat dipahami oleh manusia normal.

Karena enkripsi dan dekripsi adalah cara kriptografi yang efektif, yang merupakan prosedur ilmiah untuk melakukan komunikasi yang aman, informasi terenkripsi dapat diubah kembali ke kondisi semula setelah proses dekripsi.

Ada berbagai algoritma untuk enkripsi dan dekripsi data. Namun, “kunci” juga dapat digunakan untuk mendapatkan keamanan data tingkat tinggi.

Penggunaan Enkripsi Data

Menggunakan tanda tangan digital, Enkripsi digunakan untuk membuktikan integritas dan keaslian informasi. Manajemen hak digital dan perlindungan salinan keduanya memerlukan enkripsi.

Enkripsi dapat digunakan untuk menghapus data. Tetapi karena alat pemulihan data terkadang dapat memulihkan data yang dihapus, jika Anda mengenkripsi data terlebih dahulu dan kemudian membuang kuncinya, satu-satunya hal yang dapat dipulihkan oleh siapa pun adalah ciphertext, bukan data asli.

Migrasi Data digunakan saat mentransfer data melalui jaringan untuk memastikan bahwa tidak ada orang lain di jaringan yang dapat membacanya.

VPN (Virtual Private Networks) menggunakan enkripsi, dan Anda harus mengenkripsi semua yang Anda simpan di cloud. Ini dapat mengenkripsi seluruh hard drive serta panggilan suara.

Mengingat pentingnya keamanan data, banyak organisasi, pemerintah, dan bisnis memerlukan data untuk dienkripsi untuk melindungi data perusahaan atau pengguna. Karyawan tidak akan memiliki akses tidak sah ke data pengguna sebagai akibat dari hal ini.

Keuntungan Enkripsi Data

Enkripsi adalah solusi keamanan data yang berbiaya rendah.

Enkripsi data menjaga informasi berbeda dari keamanan perangkat yang menyimpannya. Enkripsi memberikan keamanan dengan mengizinkan administrator untuk menyimpan dan mengirim data melalui saluran yang tidak aman.

Jika kata sandi atau kunci hilang, pengguna tidak akan dapat membuka file terenkripsi. Menggunakan kunci yang lebih sederhana dalam enkripsi data, di sisi lain, membuat data tidak aman, dan siapa pun dapat mengaksesnya kapan saja.

Enkripsi meningkatkan keamanan informasi yang sampai kepada konsumen. Kepercayaan Konsumen Dapat Ditingkatkan dengan Enkripsi

Kekurangan Enkripsi Data:

Jika kata sandi atau kunci hilang, pengguna tidak akan dapat membuka file terenkripsi. Menggunakan kunci yang lebih sederhana dalam enkripsi data, di sisi lain, membuat data tidak aman, dan siapa pun dapat mengaksesnya kapan saja.

Enkripsi data adalah pendekatan keamanan data berharga yang membutuhkan banyak sumber daya, seperti pemrosesan data, konsumsi waktu, dan penggunaan berbagai algoritma enkripsi dan dekripsi. Akibatnya, ini adalah pendekatan yang agak mahal.

Solusi perlindungan data mungkin sulit digunakan ketika pengguna melapisinya untuk sistem dan aplikasi kontemporer. Ini mungkin memiliki pengaruh negatif pada pengoperasian normal perangkat.

Jika sebuah perusahaan gagal untuk menyadari salah satu pembatasan yang dikenakan oleh teknik enkripsi, adalah mungkin untuk menetapkan harapan dan persyaratan sewenang-wenang yang dapat merusak perlindungan enkripsi data.