Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Plastik ABS? Apa Saja Kelebihannya?

Apa itu Plastik ABS?

Plastik ABS adalah plastik yang dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan Acrylonitrile butadiene styrene, disingkat abs. Rumus kimia zat plastik ini adalah (C8H8+C4H6+C3H3N)x).

Keistimewaan dari bahan ini adalah keras dan berkekuatan tinggi, belakangan ini koper-koper yang diproduksi menggunakan bahan ini sangat populer. Material ini merupakan material yang memiliki kelenturan yang kurang.

Plastik ABS tahan terhadap asam dan basa, dan isolasi listriknya juga sangat baik. Bahan plastik ABS adalah kopolimer yang diperoleh dengan polimerisasi stirena akrilonitril dalam polibutadiena.

Rasio zat yang dikandungnya terjadi dalam bentuk 20% akrilonitril, 20% butadiena, 60% stirena, membentuk karakteristik bahan. Bahan styrene memberikan kilau plastik dan permukaan yang bagus.

Hal ini dapat digunakan dalam kisaran suhu -20 dan 60 derajat. Fitur terpentingnya adalah tidak berbahaya bagi lingkungan dan bodi yang tahan lama disertakan dalam produk yang digunakan.

Bahan polimer ABS telah digunakan sejak tahun 1940-an. Saat ini, produsen bahan baku terbesar di dunia ada di Taiwan.

Kelebihan Plastik ABS

Ini adalah bahan polimer yang tidak merusak lingkungan.

Ini memiliki isolasi listrik yang baik

Ketahanan kimia lebih tinggi

Lebih mudah untuk diproduksi

Ini memiliki struktur tahan benturan yang ringan dan tinggi.

Tidak terpengaruh oleh air dan kelembaban

Ini memiliki kualitas permukaan yang baik

Plastik ABS sangat tahan terhadap asam dan basa. Hal ini juga cukup baik di bidang isolasi listrik. Bahan ABS terdiri dari 20% acrylic, 20% butadiene dan 60% styrene.

Produk ini adalah bahan polimer yang tidak merusak lingkungan. Ini memiliki isolasi listrik yang baik. Ketahanan kimianya jauh lebih tinggi dan memberikan kemudahan produksi.

Bahan ABS ringan dan sangat tahan terhadap benturan tinggi, dan bahan ini tidak terpengaruh oleh air dan kelembaban.

Material ini merupakan material yang sudah digunakan sejak tahun 1940-an. Salah satu keuntungan terpenting dari bahan plastik ABS adalah tahan benturan.

Bahan baku dari bahan ini yang memiliki sifat kelistrikan adalah minyak bumi.