Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu TV OLED? Apa Kelebihannya?

Apa Itu TV OLED? TV OLED secara bertahap banyak mengganti teknologi layar terdahulu pada produk televisi masa kini. Ketika Anda memutuskan untuk membeli televisi , Anda mungkin akan menemukan banyak merek.

Setiap merek memiliki teknologi yang berbeda. Banyak orang merasa sulit untuk memilih antara teknologi ini ketika memutuskan sebelum membeli televisi.

Jika arti dari teknologi baru televisi tidak sepenuhnya diketahui, keputusan yang tepat mungkin tidak akan diambil. Karena itu, sebelum membeli televisi, perlu diketahui apa arti teknologi baru.

Lebih baik untuk memutuskan televisi yang paling cocok untuk Anda dengan memeriksa fitur-fiturnya di antara model yang berbeda .

Salah satu alternatif teknologi yang kita jumpai saat membeli televisi adalah televisi dengan teknologi OLED. Anda mungkin pernah mendengar tentang TV OLED dari iklan di televisi atau dari lingkaran dekat Anda.

Anda bahkan mungkin pernah melihatnya di rumah salah satu tetangga yang Anda kunjungi. Namun, kebanyakan orang tidak tahu banyak tentang TV OLED.

Manfaat apa yang akan diberikan TV OLED mungkin juga tidak diketahui. Jadi apa itu TV OLED?

Apa manfaat yang diberikan TV OLED? Agar Anda memiliki lebih banyak informasi tentang teknologi OLED dan TV OLED; Kami telah mencantumkan hal-hal yang perlu Anda ketahui sebelum membeli TV OLED.

Apa Itu TV OLED?

TV OLED adalah TV yang menggunakan teknologi layar OLED. OLED adalah singkatan dari organic light-emitting diode yang berarti Dioda pemancar cahaya organik ( OLED atau LED organik ).

Teknologi ini juga dikenal sebagai dioda elektroluminesen organik ( EL organik ). Teknologi layar OLED bisa dijelaskan sebagai dioda pemancar cahaya (LED) di mana lapisan electroluminescent memancarkan film organik senyawa yang memancarkan cahaya sebagai respons terhadap arus listrik.

Bisa dibilang teknologi layar OLED merupakan teknologi terbaru dalam hal layar gadget, baik televisi, laptop dan lain sebagainya.

Apa saja Kelebihan TV OLED?

1. TV OLED Lebih Canggih dari TV LED

Teknologi TV OLED sebenarnya adalah bentuk teknologi LED yang sedikit lebih maju, yang telah digunakan di televisi sejak lama.

Ketika kita melihat arti kata OLED, kita melihat bahwa itu adalah “Organic Light Emitting Diode”, yaitu dioda pemancar cahaya organik.

Arti dari nama organic adalah bahan yang digunakan dalam pembuatan screen adalah organic. Bahan organik ini sebenarnya adalah karbon.

Karbon merupakan kandungan bahan seperti plastik, kayu dan gula yang kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Mungkin sedikit teknis, tetapi untuk menjelaskan, inovasi teknologi OLED adalah pembangkitan cahaya dengan listrik yang melewati media semikonduktor dan pantulannya di layar.

Cahaya dikendalikan pada sumbernya. Berkat inovasi ini, TV OLED menjanjikan gambar yang lebih baik, konsumsi daya yang lebih sedikit, dan waktu respons yang lebih cepat daripada TV LED yang digunakan sebelumnya.

TV OLED juga memungkinkan untuk diproduksi dalam bentuk layar yang dapat ditekuk karena inovasi dalam teknologi pemantulan cahaya.

2. Umur TV OLED lebih lama

TV OLED lebih terbatas dalam hal umur di tahun-tahun pertama mereka. Namun, dengan perkembangan yang dilakukan oleh beberapa merek dunia terkemuka, masa penggunaan kini telah diperpanjang.

Di sisi lain, dengan peningkatan jumlah produksi, harga mereka menjadi lebih terjangkau dibandingkan hari-hari pertama mereka.

3. Layar dengan Waktu Respon Sangat Baik

Waktu respons TV OLED adalah masalah lain di mana mereka kuat. Waktu respons menggambarkan waktu dari status aktif satu piksel ke status tidak aktif. Untuk mengekspresikan manfaat dengan lebih jelas, waktu respons yang lebih cepat di TV OLED mengurangi kekaburan gambar.

Anda mulai melihat semua yang Anda tonton dengan lebih jelas. Fitur ini sepertinya akan sangat menyenangkan bagi mereka yang suka bermain game di rumah atau menonton film di rumah.

Dalam teknologi ini, keburaman diminimalkan. Objek dapat dirasakan lebih jelas.

4. Layar TV OLED Sangat Tipis

Salah satu manfaat terbesar TV OLED adalah ukurannya yang sangat tipis. Berkat ketipisan ini, desainnya terlihat sangat indah dan hanya memakan sedikit ruang di rumah kami. Terkadang kita mengalami kesulitan dalam membuat ruangan saat memasang televisi di rumah kita. TV OLED menyelamatkan kita dari masalah ini dengan kelezatannya. Ini menampilkan gambar yang sangat elegan pada titik di mana Anda meletakkan TV.

5. Ada TV OLED Dengan Fitur 3D

Beberapa model TV OLED juga memiliki fitur 3D (Tiga Dimensi). Berkat TV OLED dengan fitur 3D, Anda dapat menonton televisi secara tiga dimensi dengan kualitas gambar yang sangat tinggi.

Benda-benda di televisi muncul seolah-olah telah keluar dari layar dan muncul di depan kita dalam tiga dimensi. Itu membuat Anda merasa seolah-olah berada di tempat itu, terutama saat menonton film.

Misalnya, dalam adegan mobil dalam film aksi, rasanya seperti mobil-mobil dalam film itu datang ke arah Anda. Ini mencerminkan perasaan tenggelam dalam film. Ini membawa pengalaman menonton film Anda ke tingkat berikutnya.

6. Resolusi 4K UHD

Sebagian besar TV OLED memiliki resolusi 4K UHD. Arti 4K dinyatakan sebagai resolusi 4 kali lebih banyak. UHD adalah singkatan dari “Ultra High Definition” yang berarti “resolusi sangat tinggi”.

Mari kita coba jelaskan lebih jelas apa artinya bagi yang belum mengetahui istilah resolusi. Misalnya, Anda sedang menonton video atau film di internet. Saat menonton video ini, Anda memilih kualitas gambar yang berbeda.

Jika tidak ingin internet Anda terlalu habis, Anda memilih kualitas gambar 360 atau 480. Namun, dalam pemilihan ini, gambar dalam video yang Anda tonton sangat buram.

Jika Anda ingin menonton dengan kualitas yang sedikit lebih baik, Anda dapat meningkatkannya hingga 1080. Kali ini, Anda menghabiskan banyak internet, tetapi Anda mendapatkan gambar yang sangat jelas.

7. Rasio Kontras Tinggi di TV OLED

Rasio kontras, untuk menjelaskan, mengacu pada rasio antara hitam paling gelap dan putih paling terang saat menonton televisi. S

emakin tinggi rasio kontras, semakin tinggi kualitas gambar. Ini menawarkan kualitas gambar yang dalam dan luar biasa, terutama dalam warna hitam pekat. Hitam pekat dikombinasikan dengan rasio kontras tinggi dan warna-warna cerah menghasilkan gambar yang sangat hidup.

TV OLED berada di salah satu tempat terbaik di industri televisi dalam hal memantulkan warna hitam . TV OLED menunjukkan kinerja yang lebih tinggi terutama di lingkungan yang gelap.

8. Layar TV OLED Semakin Besar

Seiring berkembangnya teknologi TV OLED , layar mereka juga menjadi lebih besar. Saat ini, TV OLED hingga 90 inci dapat diproduksi.

TV OLED layar besar membawa kesenangan menonton televisi kami ke tingkat tertinggi. Berkat TV OLED dengan layar yang sangat besar, Anda seolah-olah membawa bioskop ke rumah Anda.

9. Mengkonsumsi Lebih Sedikit Energi

Manfaat lain dari TV OLED adalah mereka mengkonsumsi lebih sedikit energi. TV OLED menggunakan panel OLED. TV OLED dengan panel OLED mengkonsumsi lebih sedikit energi karena tidak menggunakan lampu latar. Dalam hal ini, TV OLED juga memberikan manfaat dalam hal pengurangan tagihan listrik Anda.

Teknologi di TV OLED terus meningkat dari hari ke hari. Di masa mendatang, teknologi TV OLED akan terus berbenah diri dan menambah fitur-fitur baru.

Ketika Anda memutuskan untuk membeli televisi, kita dapat dengan mudah mengatakan bahwa salah satu alternatif terbaik yang dapat Anda beli adalah TV OLED.

Dengan membeli TV OLED, Anda dapat memaksimalkan kesenangan menonton televisi Anda. Anda dapat memainkan game Anda di layar yang lebih jernih dan lebih jernih.

Anda dapat merasakan seolah-olah berada di dalam stadion saat menonton pertandingan.