Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah ciri dari telur ayam yang layak konsumsi?

Telur merupakan bahan makanan utama dalam masakan Indonesia dan dunia. Telur memiliki gizi tinggi yang diperlukan oleh tubuh. 

Namun meski pun telur merupakan makanan yang umum dimakan, kita perlu berhati-hati dalam mengonsumsi dan memilih telur karena telur punya batas waktu layak konsumsi. 

Apakah ciri telur ayam yang layak konsumsi?

Ciri ciri yang paling menonjol pada telur yang masih segar adalah tidak memiliki aroma atau netral. Berbeda dengan telur busuk yang mengeluarkan aroma menyengat dan biasanya mudah diketahui ketika dicium. 

Jika anda kurang yakin ketika hendak memasak, jangan langsung memecah telur di atas panci atau wajan, melainkan dipecah di atas mangkuk terlebih dahulu.

Ciri-ciri telur segar yang layak dikonsumsi selanjutnya adalah telur akan tenggelam jika diletakkan di dalam air.

Cara termudah Anti gagal untuk mengetahui apakah telur masih bagus

Telur yang buruk, Anda lihat, mengapung. Ini ada hubungannya dengan cara uap air menguap melalui cangkang seiring bertambahnya usia telur—saat kelembapan itu berkurang, gelembung udara di dalam cangkang tumbuh. 

Salah satu cara untuk mengujinya adalah dengan mendekatkan telur ke telinga Anda dan mengocoknya; jika Anda mendengar telur berhamburan, itu pertanda buruk. 

Tetapi jika Anda memasukkan telur dengan hati-hati ke dalam gelas atau mangkuk berisi air, begitulah cara mengetahui apakah telur masih bagus menggunakan uji pelampung—sesederhana itu. 

Dan, Anda tidak hanya bisa mendapatkan "dapat digunakan atau tidak?" jawaban, tetapi juga ukuran seberapa segar telur itu. Inilah psikologi di balik merebus telur yang sempurna.

Gelembung udara akan berada di ujung sempit telur—Anda dapat mengetahui seberapa segar telur Anda dengan cara mengendap di dalam air.

Jika telur terletak secara horizontal, itu paling segar. Jika ujung telur yang sempit miring ke atas, telur masih bisa digunakan, tetapi tidak terlalu segar. 

Jika telur berdiri tegak (tetapi masih berada di dasar wadah), sudah melewati puncaknya, tetapi masih aman—gunakan telur ini untuk memanggang atau merebusnya.
Jika telur mengapung? Singkirkan itu!

Sederhana seperti itu. Cepat, mudah, dan menyenangkan, mengetahui bahwa Anda juga menggunakan trik yang sama yang digunakan orang-orang di seluruh dunia!

Itulah informasi seputar Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com