Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Kuliah Bisa Sambil Kerja? Pengalaman Kuliah Sambil Kerja

Bagiku kuliah adalah hal yang sangat penting, tak hanya karena sekedar mengejar gelar saja tapi yang penting adalah mencari pengalaman. Ada satu hal lagi yang membuat kuliah penting bagiku, yaitu karena orang tua ku dulu tak bisa sekolah, bahkan bapakku saja hanya sampai sekolah sd karena harus bekerja demi menyambung hidup.

Namun bagi aku yang termasuk berasal dari keluarga kurang mampu, kuliah adalah hal yang cukup berat. Yang berat adalah pada biayanya karena kuliah itu membutuhkan biaya yang cukup besar.

Bagi sebagian besar orang seperti aku pasti akan merasa dilema, mau kuliah tak ada biaya, kalau bekerja nanti khawatir bisa kuliah atau tidak. Tapi sebenarnya kalau kuliah apa bisa juga bekerja? Apakah bisa kuliah sambil kerja?

Apakah Kuliah Bisa Sambil Kerja?

Kalau ada pertanyaan apakah kuliah bisa sambil kerja? Maka jawabannya adalah iya, kuliah itu bisa sambil bekerja. Banyak sekali mahasiswa di kampus-kampus yang membagi waktunya dengan bekerja di sela-sela kegiatan kuliahnya.

Aku punya teman ia bekerja sebagai penjual koran di bawah lampu merah. Ada juga yang jualan tahu bulat digoreng yang ia goreng sendiri dan dijajakan ke warung-warung. Ada juga yang menjadi penjaga toko dan penjaga warnet.

Semua mahasiswa bisa kuliah sambil kerja, asalkan jam kuliahnya tidak bentrok dengan jam kerja. Jadi bisa dibilang mahasiwa itu kerja paruh waktu, yaitu dalam sehari separuh waktu untuk kuliah lalu ia lanjutkan untuk bekerja.

Namun bisa jadi mahasiswa itu bekerja total, dengan fokus bekerja setelah kuliah. Misalnya bekerja sebagai penjaga warnet. Pagi sampai siang kuliah di kampus, sore sampai malamnya kerja di warnet.

Tantangan Kuliah Sambil Kerja

Kalian bisa kuliah sambil kerja, namun tantangannya sangat besar guys. Kuliah saja itu rasanya sudah berat, tugas menumpuk, perlu banyak membaca, belajar atau penelitian.

Setelah capek kuliah kemudian bekerja itu rasanya bisa capek luar biasa, inilah tantangannya. Tapi kalau kalian punya motivasi besar, kalian pasti bisa kuliah sambil kerja.

Selain tantangan capek, kuliah sambil kerja itu tantangannya adalah kemampuan dalam membagi waktu. Jadwal kuliah yang padat terutama bagi mahasiswa S1 adalah tantangan besar dalam kemampuan membagi waktu jika ingin bekerja.

Biasanya kegiatan kuliah itu adalah pagi hingga siang atau sore hari, sehingga untuk bekerja seorang mahasiswa bisa kerja pada sore hingga malam hari.

Memang tantangan capek dan harus pintar mengatur waktu ini sangat berat, tetapi jika kamu punya niat yang besar untuk bisa kuliah sambil kerja, maka semuanya akan bisa menjadi lebih ringan.

Jenis-jenis Pekerjaan Yang Bisa Sambil Kuliah

Ada banyak sekali pekerjaan yang bisa diambil oleh mahasiswa jika ia ingin kuliah sambil kerja. Berikut ini adalah contoh, namun tak membatasi ada banyak sekali pekerjaan yang bisa dikerjakan sambil kuliah:

1. Kerja Di Bidang Kuliner

Bidang kuliner adalah bidang pekerjaan yang sangat cocok bagi kamu yang kuliah sambil bekerja. Kamu bisa bekerja dalam bidang kuliner seperti menjadi penjaga warung, pelayan warung, pelayan warung kopi dan lain sebagainya.

Ada juga usaha bagus dengan menjual kuliner mandiri, seperti menjual tahu goreng dengan menggoreng sendiri dan mengedarkan di warung-warung.

Kamu juga bisa mencoba membuka usaha bersama dengan menciptakan produk kuliner dan dijual online. Ada beberapa mahasiswa yang berhasil membuat produk dan menjualnya kepada para konsumen.

2. Jualan Online

Di masa kini jelas sekali jualan online adalah pekerjaan yang benar-benar membuahkan banyak cuan. Ada banyak mahasiswa yang jualan online dan dapat uang yang benar-benar menguntungkan sambil dirinya kuliah.

Kalian tak perlu punya produk sendiri untuk dapat jualan online. Ada jualan online dengan sistem dropshiper yang mana kita tak perlu stok produk dulu, yang penting kita dapat menjualkan produk dan nanti penyedia dropship itu yang akan mempacking dan mengirim barang.

3. Menjadi Youtuber, Social influencer

Youtuber dan social influencer adalah pekerjaan yang sangat menjanjikan jika kalian dapat sektor dan bidang yang tepat. Banyak mahasiswa yang berhasil menjadi youtuber sehingga dirinya bisa kuliah sambil kerja dapat uang.

Memang butuh waktu untuk bisa menjadi youtuber atau social influencer, jadi kalian perlu pekerjaan pokok lain untuk menopang biaya utama. Jadi selain melakukan pekerjaan lain, kalian bisa mencoba menjadi youtube kalau siapa tahu bisa mendapatkan uang lebih banyak kelak.

4. Menjadi Pegawai

Pegawai apapun bisa menjadi pekerjaan bagus yang bisa kamu lakukan sambil kuliah. Misalnya menjadi pegawai penjaga warnet, penjaga toko, kerja jadi admin, sopir online, jadi petugas kebersihan, dan kerja apapun dengan cara bekerja kepada orang lain atau perusahaan tertentu.

Itulah informasi yang bisa saya sharing. Aku sendiri dulu waktu kuliah juga sambil bekerja, seperti jualan tas, jadi desainer, semuanya aku kerjaan karena yang penting bisa dapat uang unutk kuliah.

Kuliah sambil kerja memang berat, tapi kalau kita bisa menata tekad dan niat maka semuanya akan menjadi lebih ringan.