Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah kacamata boleh dicuci Dengan Air?

Pemakai kacamata perlu membersihkan lensa kaca mata mereka secara teratur, bahkan mungkin perlu membersihkan kacamata beberapa kali sehari. 

Ada banyak cara yang biasanya digunakan untuk membersihkan kaca, seperti dengan mengelap. Lalu apakah kacamata boleh dicuci dengan air?

Apakah kacamata boleh dicuci Dengan Air?

Boleh saja dan bisa saja kacamata dicuci dengan air. Namun perlu berhati-hati agar tidak merusak kacamata dan hendaknya menggunakan kain yang lembut khusus kacamata. 

Untuk membersihkan kacamata, disarankan agar menggunakan cairan khusus pembersih lensa kacamata dengan lap khusus pembersih kacamata. 

Bila tidak ada cairan khusus tersebut, kita pun masih bisa membersihkan kacamata dengan sabun lembut dan dibilas dengan air keran yang mengalir namun tidak terlalu bertekanan. 

Hindari membersihkan lensa kacamata dalam keadaan kering untuk menghindari goresan pada lensa.

Cara Tepat Membersihkan kacamata

Hal terpenting yang harus diperhatikan saat membersihkan kacamata adalah menggunakan bahan dan cara yang tepat sehingga tidak merusak kacamata. 

Anda bisa membersihkan kacamata dengan cara dicuci dengan hati-hati. Anda dapat menggunakan kain lensa microfiber untuk mengeringkannya. Biasanya, saat Anda membeli kacamata, Anda akan diberi kain microfiber ini. 

Kain mikrofiber adalah alat pembersih kacamata yang tepat karena dapat membersihkan tanpa meninggalkan partikel apa pun pada kacamata. 

Selain itu, ia juga memberikan kejernihan dan kecerahan yang diinginkan dalam lensa kacamata.

Selain dicuci, semprotan pembersih lensa kacamata, yang menjadi lebih umum dalam beberapa tahun terakhir, adalah metode lain yang dapat Anda pilih. 

Menggunakan sedikit semprotan, menyeka lensa dengan kain bersih dan lembut sudah cukup untuk mendapatkan gambar yang sangat jernih. 

Dapat dikatakan bahwa penggunaan semprotan adalah metode yang lebih mudah, terutama bagi mereka yang harus menyeka kacamata beberapa kali dalam sehari.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Kacamata Tergores?

Masalah lain yang dihadapi oleh mereka yang memakai kacamata adalah menggaruk kacamata. 

Tentu saja, ketika ada goresan kecil pada kacamata, tidak perlu segera membeli yang baru. Goresan tersebut bisa Anda hilangkan dengan beberapa cara yang bisa Anda terapkan asalkan tidak mengganggu penglihatan Anda. Berikut adalah beberapa metode tersebut:

Campurkan masing-masing satu sendok teh baking soda dan garam untuk membentuk pasta. Kemudian, oleskan campuran ini ke gelas, gosok dengan lembut dan cuci gelas dengan air minum. Tetapi air yang Anda gunakan harus hangat. Dengan cara ini Anda dapat meminimalisir goresan kecil pada kacamata.

Cara lain yang bisa Anda gunakan adalah dengan menggunakan air hangat dan sabun. Dengan berbusa tangan Anda, juga membantu menghilangkan goresan dangkal pada kacamata, bersama dengan proses pembersihan. 

Menggunakan sedikit cuka dan mencuci kacamata dengan cuka dan menggosoknya juga dapat menghilangkan goresan dan kotoran pada kacamata. Anda juga bisa menggunakan sampo bayi sebagai pengganti cuka. 

Bagaimana Cara Membersihkan Kacamata yang Tergores?

Lensa kacamata mudah tergores karena memiliki struktur yang halus. Kacamata tergores menjadi menjengkelkan. Tampilan kaca tergores pada kacamata optik dan kacamata hitam tidak terlihat bagus. 

Jadi bagaimana Anda menghilangkan tampilan kaca yang tergores? Kami akan membicarakannya di artikel ini. Jika goresan pada lensa adalah goresan kecil, Anda beruntung. Karena goresan ini dapat dihilangkan dengan metode tertentu: 

Campur satu sendok teh baking soda dengan satu sendok teh garam untuk membentuk pasta. Kemudian gosokkan campuran ini dengan ringan pada kacamata. Setelah itu, bersihkan gelas dari campuran ini dengan air minum hangat. Dengan metode ini, Anda dapat menghilangkan goresan kecil.

Metode pembersihan lainnya adalah dengan menggunakan sampo bayi. Anda dapat membersihkan kaca kacamata dari goresan kecil dengan membersihkan kacamata dengan sampo bayi. 

Bahan aktif lain yang telah membuat nama untuk dirinya sendiri di setiap bidang adalah cuka. Anda dapat menghilangkan goresan dengan menyeka kaca gelas dengan cuka putih. 
Pasta gigi memiliki efek pembersihan berkat kandungan di dalamnya. Peras pasta ke lensa, gosok selama 10 detik dan bilas. Cara ini juga efektif untuk membersihkan kacamata Anda dari goresan. 

Anda dapat menyeka lensa dengan membasahi kain mikrofiber berkualitas dan mengoleskannya ke campuran sabun dan soda kue. Kemudian Anda bisa membilas dan membilasnya kembali dengan kain microfiber lainnya.

Anda dapat menghilangkan goresan dengan efek pemolesan lemon dan kekuatan pembersihan sabun cuci piring. Peras lemon dan campur dengan sabun cuci piring. Gosok perlahan gips pada lensa dan bilas. Kemudian bersihkan dengan kain kering.
 
Anda dapat menghilangkan goresan kecil pada kacamata Anda dengan mencoba metode yang kami sebutkan di atas. 

Dengan cara ini, Anda akan memiliki kacamata yang cerah, bersih, dan jernih. Namun ada satu hal yang tidak boleh Anda lupakan: Anda perlu membersihkan kacamata secara teratur pada interval tertentu. Anda harus menghindari beberapa kesalahan saat membersihkan.

Itulah informasi seputar Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com