Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahasa apa yang digunakan di negara Turki?

Turki merupakan negara yang sekarang terletak di kawasan dua benua, yaitu Eropa dan Asia sehingga disebut dengan kawasan Eurasia. Bangsa Turki sendiri berasal dari Asia tengah yang melakukan migrasi besar-besaran hingga menempati kawasan Anatolia.

Turki pada awalnya merupakan negara dengan kultur bahasa yang majemuk jika ditinjau dari Turki sebagai wilayah kekuasaan Turki Usmani, karena wilayahnya yang mencakup Eropa, Asia dan Afrika.

Namun setelah Turki merdeka menjadi republik, bahasa resmi pun mulai dicatat dalam undang-undang untuk digunakan sebagai bahasa resmi di berbagai lembaga resmi seperti sekolah, rumah sakit dan beragam tempat lainnya. Lalu bahasa apa yang digunakan di negara Turki sekarang ini?

Bahasa apa yang digunakan di negara Turki?

Secara singkat, bahasa resmi yang digunakan sebagai bahasa dalam penulisan dan pendidikan di Turki adalah bahasa Turki. Hal ini diatur dalam undang-unang sesuai dengan Pasal 42 dalam Konstitusi yang berbunyi:

Tidak ada bahasa selain bahasa Turki yang dapat diajarkansebagai bahasa ibu kepada warga negara Turki di lembaga pendidikan dan pelatihan. Bahasa asing yang diajarkan di lembaga pendidikan dan pelatihan serta dasar-dasar yang diajarkan oleh sekolah yang menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan bahasa asing diatur dengan undang-undang. Ketentuan-ketentuan perjanjian internasional pun juga disimpan.

Dari undang-undang di atas kita bisa mengetahui bahwa bahasa resmi yang digunakan di Turki adalah bahasa Turki. Tidak diperbolehkan menggunakan bahasa lain sebagai bahasa ibu dalam lingkup pendidikan dan pelatihan di Turki.

Jika pun ada lembaga yang menggunakan bahasa asing harus sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Bahasa Lain Selain Turki

Meskipun bahasa resmi yang digunakan di Turki adalah bahasa Turki, masyarakat Turki yang majemuk menjadikan mereka menggunakan bahasa-bahasa selain Turki dalam konteks kehidupan sehari-hari maupun dalam hal bisnis.

Dalam sejarahnya, pada perjanjian Lausanne, ada 3 bahasa yang diakui di Turki selain bahasa Turki, yaitu Armenia Yunani dan Ibrani. Masyarakat Turki yang majemuk ini menjadikan mereka menggunakan beberapa bahasa selain bahasa Turki hingga sekarang.

Menurut survey yang diadakan pada tahun 2007, didapatkan hasil tentang bahasa-bahasa yang digunakan oleh masyrakat turki sebagai berikut, bahasa Turki : 84,54%, bahasa albania 18,15%, bahasa Kurdi 11,97%, bahasa Arab 1,38%, bahasa Zazaki, 1,01%, Bahasa rumpun Turki 0,28%, Bahasa Balkan: 0,23, dan lain-lain sekitar 0,3%.

Adapun bahasa asing Barat/Eropa yang banyak digunakan di Turki antara lain adalah  bahasa Inggris 17%, Jerman 4%, Prancis 3% Eropa dan Bahasanya lainnya sebanyak 0,04 %.

Apakah Bahasa Inggris Banyak Diucapkan di Turki?

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang banyak diucapkan oleh penduduk dunia saat ini. Di Indonesia sendiri banyak sekolah atau pendidikan tinggi yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya.

Lalu bagaimana dengan Turki? Bahasa Inggris termasuk bahasa asing yang digunakan di Turki. Namun jumlah orang yang menggunakannya sangat sedikit. Tak banyak orang Turki yang bisa berbahasa Turki dengan fasih.

Meskipun demikian, kita bisa mudah menemukan orang-orang yang bisa berbahasa Turki di tempat-tempat yang penuh dengan turis, misalnya di wilayah Istanbul dan Antalya.

Oleh karenanya, jika anda berniat berlibur di Turki mungkin anda akan kesulitan dalam hal bahasa dengan masyarakat lokal. Namun meskipun demikian, anda tetap akan bisa merasakan kebaikan masyarakat lokal dengan mencoba berbaur dengan mereka.