Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Teknologi Terus Berkembang?

Pada era 21 ini kita bisa melihat bahwa perkembangan teknologi mengalami kemajuan yang sangat pesat. Hal ini mungkin tidak terlalu terlihat pada zaman dahulu karena salah satunya mungkin disebabkan belum adanya teknologi internet yang benar-benar bisa menyalurkan informasi dan mempermudah lajunya teknologi itu sendiri.

Lihat saja perkembangan ponsel genggam, yang mana hanya dalam hitungan beberapa tahun saja sudah berubah dengan pesat, mulai yang dulu hanya layar monochrom dan sekarang menjadi layar sentuh dengan berbagai fitur yang menarik lainnya.

Perkembangan teknologi ini tak akan bisa berhenti dan dalam tiap berjalannya waktu ditemukan banyak hal yang berpengaruh terhadap perkembangan teknologi itu sendiri. Lalu sebenarnya apa yang menyebabkan teknologi selalu berkembang? Mengapa teknologi itu selalu berkembang?

Mengapa Teknologi Terus Berkembang?

Ada banyak sekali alasan dan penyebab yang menjadi landasan mengapa teknologi terus berkembang. Di antaranya adalah:

1. Faktor Ekonomi

Perkembangan teknologi tak bisa dilepaskan dari faktor ekonomi dari pengembang teknologi itu sendiri. Sebuah teknologi bisa maju apabila dilakukan penelitian dan pengembangan, dan penelitian ini tak bisa dilakukan kecuali dengan adanya dana yang menjadi biayanya.

Jadi ketika teknologi itu dilempar ke pasaran dan konsumen suka serta penjualan naik, maka hal ini bisa menjadi peluang besar bagi teknologi untuk mendapatkan pendanaan penelitian sehingga bisa berkembang.

Berbeda dengan teknologi yang tak digemari pasar, entah alat atau perabot rumah tangga apapun akan mengalami perkembangan yang lambat karena biaya untuk pengembangan yang tak sesuai.

2. Faktor Kebutuhan Konsumen

Konsumen memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan sebuah teknologi. Setiap perusahaan pengembang teknologi, mereka akan memberikan perhatian besar terhadap saran konsumen. Saran konsumen inilah yang akan dijadikan bahan untuk mengembangkan teknologi.

Inti dari teknologi sebenarnya adalah untuk mempermudah kehidupan manusia. Adapun pengembangan teknologi ini tak lain adalah dari saran dan kritik pengguna. Ketika layar ponsel pengguna mudah retak, maka dikembangkanlah teknologi gorilla glass yang memungkinkan layar ponsel tetap aman meskipun terjatuh.

Ketika hujan, mobil tempo dulu tak disertai pembersih kaca otomatis yang bergerak sehingga menimbulkan banyaknya kecelakaan. Kemudian ditemukanlah layar pengusap otomatis sehingga bisa membersihkan kaca depan mobil sehingga pengendara bisa berjalan dengan aman.

Semua perkembangan teknologi ini tak terlepas dari kegemaran dan juga kebutuhan konsumen.

3. Konsumen Yang Suka Hal Baru

Kesukaan dan kegemaran akan hal baru juga menjadi faktor penting yang menyebabkan kenapa teknologi bisa berkembang. Meskipun teknologi lama sudah memenuhi kebutuhan konsumen, namun konsumen selalu tertarik untuk bisa menikmati inovasi baru.

Teknologi televisi sekarang seakan sudah sampai pada tahap akhir yang menyediakan pengalaman melihat multimedia dengan sangat baik. Namun ternyata hal itu tak membuat konsumen puas sehingga muncullah teknologi virtual reality yang bisa membuat konsumen senang merasakan hal-hal baru.

4. Faktor Kreativitas Manusia

Manusia memiliki sifat kreatif yang suka dengan penemuan dan pengembangan. Selama manusia berpikir maka akan ditemukan teknologi baru hasil dari riset maupun pengembangan yang dilakukan.

Kreativitas akan menggiring manusia untuk terus berpikir, melakukan riset, menemukan hal-hal baru yang mana hal itu merupakan hasil atau keniscayaan dari kreativitas manusia itu sendiri.

Rasa ingin tahu adalah salah satu faktor berkembangnya kreativitas dalam diri manusia. Dalam hati manusia ada sebuah pertanyaan, apa jadinya jika A digabung dengan B. Apa jadinya jika elemen A dirakit dengan elemen B dan seterusnya.

Rasa ingin tahu inilah pemicu dari adanya kreativitas sehingga dampaknya pun ada pada perkembangan teknologi yang bisa selalu maju dan berubah seiring dengan berubahnya zaman.

5. Faktor Produksi dan Persaingan Pasar

Faktor ini masih berhubungan dengan faktor sebelumnya, bahwa teknologi itu merupakan hasil dari adanya persaingan antar pengembang teknologi itu sendiri. Sebauh perusahaan teknologi yang tak mengembangkan teknologinya, maka akan runtuh termakan oleh perusahaan-perusahaan yang mau mengembangkan teknologi dalam produknya.

Mungkin sampai sekarang ada banyak produk vintage yang masih digemari karena fungsinya, misalnya potong kuku manual. Meskipun banyak bermunculan potong kuku dengan mesin, bisa jadi potong kuku manual tetap digemari karena harga, durabilitas dan juga fungsi yang sesuai.

Namun untuk barang-barang lain, pengembangan produk itu merupakan sebuah keniscayaan agar tetap bisa menarik minat konsumen untuk membelinya.

6. Faktor Keamanan atau Kesesuaian

Ada banyak teknologi yang tak bisa berhenti pengembangannya karena memang faktor keamanan atau kesesuaian. Jika teknologi berhenti, maka teknologi itu pun tak sesuai dengan standar teknologi baku sehingga faktor keamanannya pun menjadi rentan.

Misalnya adalah teknologi antivirus komputer yang harus selalu dikembangkan karena masalah keamanan internet selalu berkembang seiring dengan banyaknya hacker yang juga mengembangkan teknologi retasnya.

Perkembangan teknologi internet ini merambah kepada berbagai hal, misalnya bahasa pemograman, informasi pengguna, perubahan tata halaman web dan lain sebagainya agar bisa memudahkan pengguna dalam menggunakan layanan internet.

Kesimpulan tentang Mengapa Teknologi Terus Berkembang

Inti dari faktor mengapa teknologi terus berkembang adalah karena kebutuhan manusia itu sendiri. Tanpa adanya kebutuhan manusia, baik kebutuhan karena memenuhi gaya hidup atau kebutuhan kesesuaian dan keamanan, maka teknologi tak akan bisa berkembang.

Dengan demikian, perkembangan teknologi itu adalah sebuah keniscayaan yang tak bisa dihindari. Karena memang perkembangan teknologi itu sama dengan kebutuhan dan kehidupan manusia itu sendiri.