Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rahasia Menjadi Kaya Dalam Islam

Apakah Ada Nasihat Tentang Cara Menjadi Kaya Dalam Islam?

Jika kita menelusuri al-Quran sebagai pedoman agama Islam, maka secara jelas tidak ada anjuran langsung tentang cara menjadi kaya dalam Alqura.

Namun, di dalam al-Quran ada banyak sekali ayat-ayat yang bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan dengan bahasa seperti membantu orang fakir miskin dan semacamnya.

Dalam Islam sendiri banyak sekali anjuran yang menyuruh umatnya untuk bekerja dan berkarya. Hal ini tentu saja berhubungan tentang anjuran untuk menjadi kaya.

Karena yang terpenting dalam Islam itu adalah kekayaan jangan sampai memperbudak manusia untuk menjadi hamba dunia.

Sebaliknya, dengan kekayaan itu, hendaknya manusia bisa memanfaatkannya untuk agama Islam dan kebaikan umat manusia.

Rahasia Agar Bisa Menjadi Kaya dalam Islam

Jika kita mengikuti nasihat yang akan kita ulas berikut ini, maka insyaAllah setidaknya kita akan keluar dari kemiskinan dalam waktu yang singkat.

Cara-cara ini akan menjadi pilihan yang sangat logis bagi seseorang yang mencari cara agar bisa menjadi kaya sesuai dengan nasehat Islam.

1. Menghindari Dosa

Nasihat penting pertama yang bisa kita telaah dari ajaran Islam sebagai cara untuk menjadi kaya adalah menahan diri dari berbuat dosa.

Jika seseorang hidup sembarangan dan tidak berusaha menghindari dosa, maka ia bisa jadi akan selalu dalam kemiskinan.

Terlebih yang berbahaya dari perbuatan dosa adalah, dengan dosa itu seseorang masih diberi kekayaan dan kemudahan, maka ini disebut dengan tadarruj.

Orang yang mendapatkan tadarruj dari Tuhan, itu artinya ia diberi kemudahan untuk melakukan dosa dan mendapatkan siksa yang lebih menyakitkan.

Semakin berdosa semakin kaya, itu berarti seseorang dimudahkan untuk mendapatkan siksa yang lebih pedih di akhirat kelak.

Dalam ajaran Islam, jenis-jenis hal yang bisa mendatangkan dosa itu pasti hal yang mendatangkan kerugian. Misalnya saja mencuri, mengambil hak orang lain, dan lain sebagainya.

Semua kejahatan itu pasti akan mendatangkan kerugian dan kemiskinan, maka jika ingin menjadi kaya, jauhilah dosa dan kerusakan.

2. Berhentilah Berbohong

Meski berbohong banyak dilakukan oleh manusia, bahkan dipandang sebagai hal yang normal saat ini, penyebab kemiskinan terbesar saat ini adalah karena berbohong dan tidak jujur.

Kejujuran adalah kunci kekayaan, apalagi anda adalah seorang penjual. Dengan kejujuran maka rezeki akan mengejar anda

3. Jangan Tidur Terlalu Banyak

Jika anda melihat orang kaya saat ini, anda akan melihat bahwa mereka adalah orang yang memiliki tidur yang sedikit.

Manfaatkanlah waktu sebaik mungkin dengan bekerja, beribadah dan istirahat secara proporsional. Maka kekayaan dan rezeki pun pasti akan mendatangi anda.

4. Perhatikanlah rezeki, meskipun Kelihatan sedikit

Jika anda tidak ingin rezeki dari Allah terganggu, pastikan untuk memperhatikan rezeki yang meskipun sedikit dan remeh.

Misalnya makanan  yang terjatuh di tanah, jikalau masih layak maka ambillah. Semakin kita bersyukur maka semakin kita akan ditambahkan rezekinya.

Sebaliknya kalau kita ingkar maka kita pun akan ditutup rezekinya.

5. Berbaktilah kepada Orang Tua

Doa orang tua terlebih ibu itu sangat manjur. Jadi kalau ingin menjadi kaya, carilah ridho orang tua agar pekerjaan dan usaha kita menjadi lancar.

Sebaliknya jangan sampai usaha yang kita lakukan hancur dan gagal gara-gara kita berani kepada orang tua.