Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips dan Saran Saat Hendak Membeli Koper

Halo semuanya, kali ini kangdidik.com ingin berbagi tips dan saran bagi kalian yang hendak membeli koper. 

Koper bisa jadi bakalan kamu perlukan jika kamu hendak bepergian, baik di dalam maupun di luar negeri. 

Dengan memiliki koper, kamu bisa membawa barang bawaan lebih banyak, lebih tertata dan tentunya bisa jadi lebih aman dari kerusakan maupun karena basah sebab terkena barang lain. 

Namun ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan jika kamu ingin membeli koper, biar sesuai dengan kebutuhanmu.

Berikut ini adalah tips-tipsnya, semoga bisa bermanfaat:

Tips dan Saran Dalam Membeli Koper

1. Lihat Bahan Materialnya

Ada dua opsi utama untuk koper, yaitu koper lunak dan koper keras. Koper lunak berarti koper itu dibuat dengan bahan kain, sedangkan koper keras itu dibuat dari bahan plastik atau aluminum.

Koper kain memiliki kelebihan bisa memberi banyak ruang untuk barang, jadi bagus jika Anda berniat menjejalkannya hingga kapasitas penuh (atau sedikit lebih). 

Periksa juga apakah ada lapisan kedap air di bagian dalam, untuk menjaga semuanya tetap kering.

Juga, ingatlah bahwa bahkan kain yang sangat tahan lama pun dapat robek – meskipun seringkali mudah diperbaiki dengan lakban atau sejenisnya. Ini salah satu kelemahan koper kain yang perlu diperhatikan. 

Beberapa perusahaan perjalanan menuntut tas sisi lembut, terutama jika Anda melakukan perjalanan atau perjalanan darat di mana paket dibawa oleh hewan atau diletakkan di atas kendaraan.

Koper hardcase biasanya kuat dan dibuat untuk menahan benturan keras. Namun, mereka bisa lebih berat saat dibongkar dan lebih sulit ditutup jika Anda memasukkan suvenir tambahan.

2. Ukuran Koper

Ada dua jenis koper untuk pesawat, yaitu koper kabin dan koper check in. Pastikan anda memilih sesuai dengan ukuran dan jenis koper.

3. Jumlah roda

Dahulu, koper beroda biasanya memiliki dua roda di bagian bawahnya, tetapi sekarang banyak jenis koper memiliki empat roda. 

Koper dengan empat roda memberi Anda pilihan untuk bisa mendorong serta menarik tas Anda ke berbagai arah dengan mudah; setiap roda mungkin 'ganda', yang memberikan stabilitas ekstra. 

Keuntungan dari koper beroda dua adalah tidak akan menggelinding jika didiamkan pada lantai yang tidak datar. 

Hal ini tentu berguna saat Anda berdiri di jalan atau lantai yang tak rata tingginya. Juga, koper roda dua mungkin lebih baik di atas tanah yang lebih kasar karena biasanya memiliki roda yang lebih besar. 

4. Periksa berapa beratnya

Batas bagasi rata-rata pada penerbangan ekonomi jarak jauh adalah 23kg, jadi berat koper itu sendiri adalah kuncinya. 

Usahakan beli koper dengan berat yang paling ringan, yang biasanya adalah berkisar 3 kg. Jangan beli koper yang berat-berat karena berat bagasi akan termakan oleh koper.

5. Pikirkan tentang pegangan yang Anda butuhkan

Pegangan teleskopik adalah jenis yang paling umum – dapat dilipat saat tidak digunakan. Namun, ini berarti bahwa sistem pegangan membutuhkan beberapa kapasitas tas, sehingga sistem yang lebih besar berarti lebih sedikit ruang pengepakan. Pegangan tiang tunggal cenderung lebih kokoh; pegangan tiang ganda menawarkan keseimbangan yang lebih baik.

Gagang cek terbuat dari bahan yang kuat, sehingga tidak mudah patah, dan panjang pegangannya cocok untuk Anda, sehingga Anda tidak perlu membungkuk untuk menggunakannya.

6. Bagaimana tampilan dalamnya?

Beberapa kasing dibagi menjadi beberapa kompartemen, yang berguna untuk tetap teratur tetapi akan menambah berat. 

Bagian berventilasi sangat berguna untuk memisahkan pakaian bersih dan kotor. Cari tali kompresi, yang membantu mengemas barang-barang.

7. Apakah ada kantongnya?

Biasanya ditemukan di bagian luar kotak bersisi lembut, kantong menawarkan ruang ekstra, meskipun tidak cocok untuk barang berharga karena tidak dapat dikunci.

8. Apakah ada fasilitas ekstra yang ditawarkan?

Beberapa model akan hadir dengan fitur tambahan, seperti kunci kombo bawaan yang mengamankan ritsleting ke kasing, atau perangkat pelacak. 

Ini dapat diterima tetapi akan menambah berat bagasi dan mungkin biayanya, jadi pertimbangkan apakah Anda benar-benar membutuhkannya.

Itulah informasi seputar Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com