Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Mata Bintitan

Pengalaman Mata Bintitan, Entah waktu itu kenapa saat sore hari mataku terasa seperti berat, ada rasa sepat dan juga rasa seperti keras di bagian bola mata. Sebelumnya aku memang sering merasakan gangguan ringan pada mata seperti iritasi ringan dengan gejala seperti mata merah, gatal dan kadang berair.

Namun kali ini yang aku rasakan adalah sangat berbeda, dan munculnya seperti tiba-tiba. Pada pagi hari seingatku aku merasakan gatal dan rasa yang tak enak di mata kananku. Mungkin kebanyakan kerja di depan laptop pikirku.

Tapi sampai siang hingga sore rasa tak enak di mata ini semakin terasa. Hingga sore hari yang biasanya kalau iritasi ringan itu tak sampai seharian, ini malah masih terasa saja. Padahal sudah seharian aku memutuskan untuk meninggalkan laptop mengistirahatkan mata.

Sakit Mata Semakin Parah dan Sangat Terasa

Setelah sore hari itu, mata ku terasa nyeri ada sakitnya. Bahkan rasanya bola mata seperti berat. Aku kasih obat tetes mata yang biasanya bisa menyembuhkan gejala iritasi tapi nyatanya tak mempan hingga akhirnya aku tidur malam.

Setelah bangun, nyeri pada mata tertnyata tak kunjung sembuh. Malah ada satu titik yang paling nyeri di kelopak mata. Akhirnya aku pun menyadari kalau aku kena mata bintitan.

Wah kalau tambah parah ini gimana? Bentar lagi aku harus ikut ujian kuliah, masak ujian sambil mata bintitan, pikirku khawatir.

Aku pun mencoba memijit bagian pinggir kelopak mata karena yang aku pahami, bintitan itu muncul karena ada saluran dalam mata yang mengalami penyumbatan. Mungkin dengan pijitan itu saluran darah di area mata bisa longgar dan paling tidak bisa mempercepat proses bintitan mata dari kecil, menjadi nanah dan bisa pecah.

Menunggu Mata Bintitan Sampai Besar

Dulu waktu kecil aku juga pernah mengalami mata bintitan. Tak hanya aku, banyak teman-temanku juga mengalami bintitan. Bintitan ini bagaikan penyakit yang lumrah ada pada anak-anak di tempatku.

Kalau kena mata bintitan, biarkan saja bintitan itu sampai besar, sampai keluar nanah, nah kalau nanahnya sudah besar dan sudah matang nanti dipecah dan dikeluarkan. Kalau sekarang mungkin orang memilih klinik tapi dulu di desaku, anak-anak yang bintitan dibiarkan saja sampai pecah karena bintitan dianggap sebagai bisul biasa.

Bagiku bintitan ini juga tak ubahnya seperti bisul biasa. Hal ini karena prosesnya sama, muncul gatal, nyeri, muncul nanah kemudian matang dan pecah. Bintitan puns sama seperti itu.

Karena sejak kecil aku sudah sering bisulan, maka bintitan di mata ini menurutku sama saja karena bagiku bintitan itu adalah bisul yang letaknya di mata.

Ingat bintitan ini tak hanya bisa ada pada anak kecil, tetapi banyak juga orang dewasa yang kena mata bintitan. Jadi bintitan bisa dibilang penyakit segala usia karena bisa menjangkiti siapa saja.

Karena dulu sudah pernah bintitan jadi kalau bintitan lagi pun aku tak terlalu khawatir. Namun yang namanya bintitan pasti rasanya sakit dan nyeri di mata, jadi aku tetap ingin bintitan mata ini segera sembuh.

Namun apa yang bisa aku lakukan kalau kena bintitan? Ya pastinya menunggu hingga besar, bernanah dan segera pecah nanah itu.

Mata Bintitan Sembuh Dengan Sendirinya

Seperti yang aku bilang, bintitan mata itu seperti bisul, kalau sakit itu datang ya ditunggu hingga matang besar ada nanahnya lalu dipecah kalau memungkinkan, kalau tidak ya mungkin bisa bergerak ke dokter.

Waktu aku sudah yakin mata kena bintitan, yang aku lakukan ya menungggu hingga bintitan besar dan bisa keluar mata nanah.

Waktu itu sudah tiga hari aku menunggu mata bintitanku, terasa di kelopak mata atas pas bagian tengah pada barisan rambut itu ada satu titik yang paling nyeri. Pasti nanahnya akan keluar di bagian ini, kataku.

Aku pun tunggu terus hingga hari keempat dan kelima, namun ternyata bukannya tambah besar, bintitan di mata yang membuat mata gatal dan nyeri itu lama-kelamaan rasanya menghilang.

Iya, bintik nyeri yang aku rasakan di kelopak itu lama-lama nyerinya hilang, dan titik nyeri yang agak bengkak itu juga hilang. Sampai hari keenam dan ketujuh akhirnya fix mata bintitanku sembuh.

Aku pun bersyukur mata bintitanku tak membesar hingga aku bisa ikut ujian kuliah dengan perasaan tenang, tapi aku pun juga heran kenapa bintitan mataku bisa sembuh tanpa sampai muncul nanah.

Aku pun menduga-duga, bisa saja bintitanku sembuh karena aku memijit-mijit bagian mata yang sakit itu. Dulu aku pernah dikasih tahu simbah, kalau ada bisul, sebelum membesar pijit-pijit keras-keras bagian bisul itu. Karena dengan begitu bibit bisul bisa ambyar atau hilang.

Mungkin saja bintitan yang aku alami ini sembuh karena aku memijit-mijitnya sebelum mata bintitan benar-benar tumbuh menjadi penyakit serius.

Dulu kalau tak salah ingat juga aku pernah mengalami bakalan ada bisul, lalu aku pijat-pijat bagian yang gatal dan nyeri itu dan akhirnya tak jadi bisulan.

Namun menurut informasi yang aku baca, bintitan bisa jadi muncul dan hilang. Bisa jadi pula bintitan mataku ini bakalan muncul lagi. Tapi aku berharap tak pernah bintitan lagi, dan kalaupun ada gejala bintitan mungkin aku bakalan memijat-mijatnya sampai sembuh.