Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Makanan Khas Turki Yang Leazat Menggoda Selera

11 Makanan Khas Turki Yang Lezat Menggoda Selera, Turki tidak hanya menawarkan keindahan alam yang indah luar biasa dibalut dengan bangunan-bangunan bersejarah sejak zaman kuno hingga abad pertengahan seperti Turki Usmani.

Negara Turki juga memiliki beragam kuliner yang memiliki citarasa khas campuran berbagai budaya wilayah, seperti Anatolia, Eropa dan Asia.

Ada banyak sekali jenis makanan Turki yang lezatnya luar biasa mantap, baik makanan besar untuk santap sarapan, makan siang dan malam maupun juga makanan manisan atau pencuci mulut. Berikut ini adalah berbagai makanan khas Turki yang lezatnya luar biasa.

11 Makanan Khas Turki Yang Leazat Menggoda Selera

1. Kebab Turki

kebanyakan orang Indonesia pasti sudah mengenal yang namanya Kebab Turki. Iya, sebenarnya istilah kebab sendiri di Turki adalah segala makanan yang berasal dari daging panggang.

image: indyturk.com

Nah untuk daging yang dimasak memutar itu di Turki disebut dengan Doner yang artinya memutar. Di setiap penjuru kota di Turki, anda dapat menemukan restoran yang menyajikan menu kebab Doner di setiap jalan.

Bahkan dengan harga yang cukup murah, kisaran 10 ribu – 15 ribu saja anda bisa mendapatkan cita rasa kebab khas Turki yang lezat.

2. Manti atau Ravioli

Manti atau nama yang lebih terkenal adalah ravioli, adalah makanan yang dibuat dengan cara memasukkan daging cincang ke dalam adonan yang sudah digulung tipis-tipis yang dipotong menjadi persegi panjang kecil lalu dipegang dari kedua sisi dan membentuk segitiga.

image: worldfoodstory.co.uk

Ravioli Turki biasanya disajikan dengan yoghurt, mentega, dan saus. Manti atau Ravioli Turki ini adalah salah satu hidangan favorit banyak orang Turki.

3. Menemen

Menemen merupakan hidangan khas Turki yang dibuat dengan telur, lada, tomat, dan bisa dicampur dengan keju putih.

image: yemekciyiz.net

Meskipun ini adalah hidangan rumahan, namun hidangan sederhana ini cukup populer di seluruh dunia tidak hanya di Turki. Di Turki Menemen menjadi primadona saat sarapan pagi yang dimakan dengan roti khas Turki.

4. Shakshouka

Shaksouka adalah makanan Khas Turki yang dijadikan sebagai hidangan pembuka yang dimasak dengan memanggang sayuran seperti terong, paprika, dan cukini serta menuangkan saus tomat di atasnya.

image: dahikadin.com

Shakshouka biasanya disajikan dengan yoghurt biasa atau yoghurt yang dicampur dengan bawang putih.

5. Lahmacun

Lahmacun atau juga dikenal dengan sebutan “Pizza Turki” adalah makanan yang banyak dijual di warung-warung makanan di Turki.

Lahmajun dibuat dengan campuran daging cincang, sayuran, dan bumbu-bumbu yang kemudian diratakan di atas adonan roti tipis.

Kemudian adonan yang dilapisi daging dan bumbu itu dimasukkan ke dalam pemanggang besar hingga rotinya menjadi matang dan renyah.

6. Kuru Fasulye

Kuru Fsulye adalah hidangan khas Turki yang terbuat dari kacang yang dimasak seperti sup yang dicampur dengan bumbu dan berkuah.

 

image: yemek.com

Kuru Fasulye dibuat dari kacang putih, minyak zaitun, bawang bombay, pasta tomat dan bumbu rempah-rempah lainnya.

Terkadang juga dimasak dengan campuran sayuran atau daging.

7. Tantuni

Tantuni adalah jenis makanan khas Turki yang berasal dari kota Mersin. Tantuni yang banyak dikonsumsi di Turki saat ini dibuat dari dua jenis daging.

image: tripadvisor.com

Ada tantuni yang hanya berisi daging dan ada juga tantuni yang selain dibuat dari daging juga dicampur dengan lemak ekor kambing atau sapi.

 8. Hünkârbeğendi

Secara bahasa, Hünkârbeğendi berarti “Raja Telah Suka” adalah hidangan Turki yang termasuk masakan khas kerajaan Ottoman.

Image: yemek.com

Makanan khas Turki ini dibuat dari terong asap, bumbu pedas dan beragam bumbu lain yang dipanggang, lalu dihaluskan dan dicampur dengan susu, mentega cair dan tepung panggang.

Makanan ini juga dimasak dengan daging domba sebagai campuran.

Baca juga: Apa itu Saffron? Apa Manfaat Saffron? Berapa Harga Saffron? 7 Hal Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Saffron

9. Duğün Pilavı

Duğün Pilavı secara bahasa berarti nasi pernikahan. Nasi ini biasanya disajikan saat acara penting seperti pernikahan.

Image: yasemin.com

Nasi ini merupakan makanan khas Turki yang dibuat dengan dicampur daging dan bumbu-bumbu. Rasanya memang lezat dan bikin kangen kalau sudah pernah merasakan.

10. Baklava

Baklava merupakan masakan Turki yang termasuk jenis makanan penutup atau manisan.

sabah.com

Baklava dimasak dengan menambahkan bahan-bahan seperti kacang pistachio dan kacang kenari di antara adonan yang digulung tipis dan berlapis. Setelah itu dimasukkan ke dalam oven dan setelah matang disiram dengan sirup manis yang menjadikan rasanya mantap jiwa.

11. Lokum

Lokum juga merupakan makanan khas Turki yang banyak dijadikan oleh-oleh yang lezat dan mantap jiwa. Lokum dibuat dari bahan dasar gula dan tepung pati.

 Makanan Khas Turki
Makanan Khas Turki image: kulturveyasam.com

Namun yang menjadikan rasanya unik adalah campuran yang biasanya dicampur kacang atau bahkan bunga mawar. Soal rasa jangan tanya lagi, lezat pokoknya.