Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa arti al kafirun?

Apa arti al kafirun? Mungkin anda sedang mencari arti kata al Kafirun? maka pada kesempatan kali ini admin akan membahasnya.

Apa arti al kafirun?

al kafirun adalah kata dalam bahasa Arab yang berarti orang-orang kafir. Kata ini merupakan nama dari surah al-Quran.

Surat ke-109 al-Kafirun, artinya Orang-orang kafir, lengkap ayat 1-6. Berisikan penetapan tauhid ibadah dan berlepas dari kesyirikan serta perbedaan besar antara Islam dan syirik.

Dari mana kata al kafirun?

kata al kafirun merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab yang berarti orang-orang kafir. Kata ini muncul dalam ayat pertama surah al kafirun.

1. قُلۡ يٰۤاَيُّهَا الۡكٰفِرُوۡنَۙ‏ (Katakanlah: “Hai orang-orang kafir)

Sebab turunnya surat ini adalah orang-orang kafir meminta Rasulullah agar menyembah tuhan-tuhan mereka satu tahun, kemudian mereka akan menyembah Tuhannya satu tahun selanjutnya. Maka Allah memerintahkannya untuk mengatakan kepada mereka: ”Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah”

Kata al kafirun merupakan jamak dari kata kafir yang berarti orang-orang yang ingkar terhadap Islam.

Kafir, berasal dari kata dasar yang terdiri dari huruf kaf, fa’ dan ra’. Arti dasarnya adalah “tertutup” atau “terhalang”. Secara istilah, kafir berarti “terhalang dari petunjuk Allah”.

Orang kafir adalah orang yang tidak mengikuti pentunjuk Allah SWT karena petunjuk tsb terhalang darinya. Kafir adalah lawan dari iman. Dalam Quran terutama surah an-Nuur, Allah SWT menganalogikan kekafiran dengan kegelapan, dan keimanan dengan terang benderang, serta petunjuk (huda) sebagai cahaya.

Kategorisasi manusia dalam hal mensikapi petunjuk dari Allah SWT memang hanya dua: Bertaqwa dan Kafir (lihat surah Al-Baqarah ayat 2 sd 6).

Dan kelompok kafir sendiri ada beberapa macam lagi, misalnya menurut sikap terhadap kitab-kitab yang pernah diturunkan: ada “Ahli Kitab” dan ada “Musyrikin” (lihat surah Al-Bayyinah). Sementara dalam hal kesadaran mereka terhadap kebenaran adapula kategori “fasik”, yaitu mereka yang sudah faham mana yang benar dan mana yang salah tapi tetap saja melakukan kerusakan (Al-Baqarah ayat 26 dan 27).

Itulah informasi tentang Apa arti al kafirun? semoga bermanfaat.