Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa arti anjir

Apa arti anjir? Kata anjir merupakan kata yang banyak ditemukan pada bahasa gaul dan juga tertulis di sosmed. Lalu apa arti kata anjir? Dari mana asal kata anjir?

Apa arti anjir?

Menurut para ahli, anjir merupakan kata umpatan yang bisa berarti variasi dari kata anjing. Namun demikian dalam kbbi, anjir berarti saluran air, dan ini bukanlah termasuk kata gaul.

jadi tergantung penggunaan, kata anjir bisa berarti umpatan atau pun kata resmi sebagaimana dalam kbbi.

Anjir itu artinya apa ya?

Anjir itu artinya apa sih? Menurut ahli, anjir merupakan umpatan dan termasuk variasi dari kata anjing.

“Kata anjir yang dipakai oleh banyak orang itu artinya bukan mengacu pada kamus, melainkan umpatan yang merupakan varian lainnya dari kata anjing,” tutur Dheka Dwi Agustiningsih, Dosen Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia.

Arti anjir dalam KBBI

Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, anjir merupakan sebuah kata benda yang berarti terusan. Makna lain dari anjir adalah saluran, dalam hal ini yang dimaksud adalah sebuah saluran air.

Selain itu, anjir juga dapat diartikan sebagai kanal, yang dibangun tidak dapat digunakan lagi untuk lalu lintas kendaraan air yang besar.

Namun tentunya arti kata anjir dalam KBBI bertentangan dengan yang biasa digunakan dalam bahasa gaul. Pasalnya, kata anjir dalam bahasa gaul berasal dari sebuah pelesetan kata anjing.

Apakah Anjir itu kata kasar?

Apakah anjir itu kata kasar atau tidak itu tergantung penggunaan. Jika digunakan umpatan maka termasuk kata kasar.

Namun bisa juga kata anjir berarti tidak negatif karena ternyata, kata ‘anjir’ memiliki arti tersendiri dalam KBBI yang sama sekali tidak berkonotasi kasar atau negatif.

Sebagaimana disebutkan di atas, kata anjir bisa berarti saluran air atau kanal.