Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

apa bahasa yang digunakan oleh suku minang?

Apa bahasa yang digunakan oleh suku minang?

apa bahasa yang digunakan oleh suku minang? Bahasa yang digunakan oleh suku minang adalah bahasa Minangkabau.

Bahasa Minangkabau atau Bahasa Minang, adalah bahasa Austronesia yang dituturkan oleh orang Minangkabau Sumatera Barat, Riau bagian barat, Kabupaten Aceh Selatan, Bengkulu bagian utara dan Jambi, juga di beberapa kota di seluruh Indonesia dengan merantau ke Minangkabau.

Bahasa ini juga merupakan lingua franca di sepanjang pesisir barat provinsi Sumatera Utara , dan bahkan digunakan di beberapa bagian Aceh , di mana bahasa tersebut disebut Aneuk Jamee .

Karena kedekatan yang sangat besar antara Minangkabau dan Melayu , ada beberapa kontroversi mengenai hubungan antara keduanya. Beberapa orang melihat Minangkabau sebagai variasi awal bahasa Melayu, sementara yang lain menganggap Minangkabau sebagai bahasa ( Melayu ) yang berbeda.

Minangkabau adalah salah satu dari sedikit bahasa yang umumnya tidak memiliki bentuk kata kerja dan perbedaan subjek-objek gramatikal.

Minangkabau adalah bahasa asli orang Minangkabau di Sumatera Barat . Ada sekitar 5,5 juta penutur bahasa tersebut. Bahasa ini juga dituturkan di Riau bagian barat , Kabupaten Aceh Selatan , Bengkulu bagian utara, dan Jambi . Di sepanjang pesisir barat Sumatera Utara , bahasa ini juga merupakan lingua franca . Bahasa ini digunakan dan disebut Aneuk Jamee di beberapa bagian Aceh .

Selain di Indonesia, bahasa Minangkabau juga dituturkan di Malaysia, oleh beberapa keturunan pendatang dari daerah berbahasa Minang di Sumatera ( Ranah Minang , Tanah Minang , atau Tanah Minang). Sejumlah besar migran awal menetap di tempat yang sekarang disebut negara bagian Negeri Sembilan di Malaysia ; Melayu Negeri Sembilan ini , yang dikenal sebagai Bahaso Nogori / Baso Nogoghi , sekarang menjadi bahasa tersendiri, lebih dekat hubungannya dengan Melayu daripada Minangkabau. Imigran yang lebih baru dikenal sebagai Minang .