Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Klimatologi? Apa saja Cakupan Klimatologi?

Apa itu Klimatologi? Klimatologi adalah ilmu interdisipliner yang berhubungan dengan sistem iklim bumi. Dengan demikian, ahli iklim berurusan dengan hukum iklim dengan menyelidiki zona iklim yang berbeda dan membangun model peramalan yang jelas. Jangka waktu penelitian berkisar dari perubahan harian atau bulanan hingga beberapa tahun.

Pengertian Klimatologi, Apa itu Klimatologi?

Klimatologi adalah ilmu interdisipliner yang meliputi meteorologi, geografi, geologi, oseanografi (ilmu kelautan), dan fisika. Ini mempelajari hukum iklim, yaitu keadaan rata-rata atmosfer di suatu tempat dan proses yang aktif di sana. Untuk tujuan ini, klimatologi menggunakan metode statistik, antara lain.

Temuan klimatologi dihasilkan dari pemodelan radiasi, suhu, tekanan udara, angin, sistem angin dan curah hujan, serta faktor geografis seperti bujur, lintang, ketinggian, bentuk permukaan, kondisi tanah dan vegetasi melalui pengamatan jangka panjang . Studi fisik dan paleoklimatologi atmosfer juga termasuk dalam studi klimatologi.

Misalnya, untuk mengetahui bagaimana berbagai variabel meteorologi dan klimatologi mempengaruhi sebuah negara, perlu untuk memeriksa data dari catatan yang lebih panjang. Parameter dan variabel klimatologi sama dengan meteorologi tetapi dipelajari dalam jangka panjang.

Apa itu klimatologi

Bagaimanapun, iklim suatu wilayah tidak lebih dari jumlah semua meteorologi dari waktu ke waktu. Fenomena meteorologi yang mencirikan kondisi biasa adalah fenomena yang membentuk iklim dalam studi jangka panjang. Untuk memahami lebih baik: Mari kita asumsikan bahwa curah hujan dan nilai suhu suatu wilayah dicatat terus menerus selama bertahun-tahun. Jelas bahwa tidak selalu hujan dengan cara yang sama atau memiliki suhu yang sama.

Klimatologi menggunakan model untuk menggambarkan fenomena yang kompleks. Model-model ini juga digunakan sebagai model komputer untuk memprediksi efek perubahan iklim dalam skenario yang berbeda. Model klimatologi digunakan untuk menemukan kemungkinan tren dan bobot faktor individu. Misalnya, mereka digunakan dalam perencanaan kota untuk menilai efek dari bangunan baru atau yang dimodifikasi.

Apa yang Dipelajari Dalam Ilmu Klimatologi?

Bidang penelitian klimatologi sangat luas. Fokus penelitian adalah keadaan rata-rata atmosfer dan proses yang beroperasi di sana. Ini terutama berkaitan dengan bidang geografi, geologi, geografi laut, fisika dan terutama meteorologi . Selain itu, bidang ini menjadi semakin penting untuk penelitian.

Klimatologi dapat dibagi menjadi empat sub-disiplin:

klimatologi umum
Klimatologi Daerah
Klimatologi Khusus
Klimatologi Terapan

Klimatologi umum terutama berkaitan dengan informasi dasar tentang sistem iklim global, seperti struktur iklim (atmosfer, radiasi, keseimbangan panas atau tekanan udara dan angin). Sementara itu, semakin banyak fokus ditempatkan pada pengembangan model iklim individu.

Klimatologi regional , seperti namanya, mengacu pada kondisi iklim regional. Ini berkaitan dengan cuaca dan iklim di zona angin barat tropis, subtropis, ekstratropis serta daerah kutub.

Klimatologi khusus melakukan penelitian dampak iklim seperti perubahan iklim, sejarah iklim, efek rumah kaca, pemanasan global, dan kerapuhan sistem yang terkena dampak perubahan iklim.

Klimatologi terapan , di sisi lain, berkaitan dengan variabilitas perubahan iklim dan perlindungan iklim. Sangat penting untuk mengembangkan metode dan model untuk melawan dampak perubahan iklim.

Selain sub-disiplin, standar yang digunakan untuk memandu penelitian klimatologi juga dibagi menjadi beberapa tingkatan. Ini disebut iklim mikro, meso dan makro.

iklim mikro

Iklim mikro berkaitan dengan iklim daerah kecil. Kebanyakan dari mereka hanya beberapa meter hingga beberapa kilometer. Ini bisa berupa, misalnya, tepi danau, ladang, atau bahkan hanya rumah kaca.

Pengaruh manusia atau kondisi lokal, seperti komposisi tanah, jenis tanaman menetap, atau kondisi cahaya, mempengaruhi dan membentuk iklim mikro. Misalnya, kondisi pencahayaan di kawasan pemukiman berbeda dengan di hutan kecil karena adanya bangunan.

Mezoiklim

Daerah mesoklimat terletak tepat di antara iklim mikro dan makro. Biasanya mendefinisikan kota atau wilayah metropolitan. Karena wilayah iklim ini lebih luas daripada iklim mikro, faktor lingkungan yang hanya dekat dengan tanah tidak diperhitungkan. Pertama-tama, juga terkait dengan kondisi tekanan udara (kelembaban, suhu, kekeruhan, curah hujan, angin, radiasi, dan penguapan).

Makroiklim

Iklim makro disebut segera setelah wilayah yang dimaksud membentang dari ratusan kilometer hingga iklim global. Iklim makro, juga dikenal sebagai iklim utama, mencakup area luas yang dibentuk oleh proses dan faktor-faktor seperti distribusi radiasi matahari, sirkulasi atmosfer umum, atau distribusi darat-laut.

Bidang Khusus Klimatologi

Selain sub-disiplin klimatologi yang dijelaskan di atas, banyak bidang khusus telah berkembang dari waktu ke waktu. Namun, beberapa tumpang tindih ini sering menjadi subjek studi ilmiah. Untuk alasan ini, definisi tetap telah ditetapkan yang sering dapat ditetapkan untuk klimatologi tertentu.

Geografi iklim terutama mempelajari interaksi sistem iklim dengan sistem lain, seperti ekosistem. Dalam konteks ini, istilah klimatologi perkotaan dan darat juga dapat digunakan untuk geografi iklim.

Bioklimatologi mempelajari pengaruh iklim terhadap makhluk hidup, khususnya manusia.
Klimatologi daratan berkaitan dengan iklim atmosfer bagian bawah, yang merupakan lapisan batas atmosfer.

Pertama-tama, interaksi antara atmosfer dan sifat permukaan bumi alami dipertimbangkan.
Klimatologi perkotaan mengamati perubahan iklim yang disebabkan oleh struktur perkotaan, yaitu efek bangunan dan jalan pada iklim lokal.

Paleoklimatologi membahas tentang sejarah iklim. Misalnya, bentuk pertama dari atmosfer bumi. Ini juga menempati posisi sentral dalam klimatologi tetapi dikaitkan dengan geologi.

Klimatologi historis berkaitan dengan sejarah iklim pada zaman sejarah, yaitu ketika sumber tertulis tersedia.
Aeroklimatologi adalah studi tentang proses iklim di atmosfer.

Klimatologi radiasi mempelajari efek radiasi (seperti radiasi UV) pada iklim dan makhluk hidup.