Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Geomorfologi, Apa Saja yang Dipelajari Di dalamnya?

Apa itu Geomorfologi, Apa Saja yang Dipelajari Di dalamnya? Geomorfologi adalah ilmu yang mempelajari gaya-gaya dan proses-proses yang membentuk dan terus menerus membentuk kerak bumi.

Ilmu geomorfologi juga menjelaskan bentang alam berdasarkan struktur kerak bumi, proses morfologi dan sejarah geologi. Bentuk permukaan bumi dipengaruhi oleh berbagai proses dan faktor. Contohnya termasuk vulkanisme, gletser, angin dan lempeng tektonik

Apa itu Geomorfologi? Pengertian Geomorfologi

Kata geomorfologi berasal dari bahasa Yunani dan berarti sesuatu seperti ilmu tentang bentuk-bentuk bumi, atau lebih tepatnya, ilmu tentang permukaan bumi. Dari pengertian tersebut dapat dikatakan bahwa pengertian geomorfologi yang sebenarnya adalah “ ilmu yang mempelajari tentang struktur kerak bumi ”.

Geomorfologi didasarkan pada analisis fitur kerak bumi. Ini adalah ilmu yang didedikasikan untuk mempelajari bentuk internal dan eksternal bumi, dengan mempertimbangkan bahan-bahan yang membentuk bumi dan variasi yang dicatat sejak asalnya.

Geomorfologi memiliki dua tujuan utama. Tujuan utamanya adalah untuk mengidentifikasi, mengatur, dan mengklasifikasikan berbagai bentuk permukaan bumi yang luar biasa, yang juga dikenal sebagai bentuk relief. Cukup dengan melihat melalui jendela pesawat untuk menyadari keragaman ini. Pegunungan, pantai, bukit pasir, dataran atau ngarai yang dalam mencirikan permukaan bumi. Tujuan kedua dari geomorfologi adalah untuk mengidentifikasi dan memahami proses yang bertanggung jawab untuk membentuk permukaan bumi.

Apa Saja yang Dipelajari Dalam Geomorfologi?

Geomorfologi didefinisikan sebagai cabang ilmu kebumian yang mempelajari ciri-ciri fisik yang terjadi di permukaan dan kerak bumi serta mengapa hal itu terjadi.

Dengan kata lain, ia mempelajari depresi geografis dan proses yang menciptakannya. Bentuk, proses, dan hubungan di antara mereka sangat penting untuk memahami asal usul dan perkembangan fitur geografis.

Dapat dikatakan bahwa geomorfologi berkaitan dengan studi tentang bentuk-bentuk atau geoform yang ada di permukaan bumi, mulai dari sungai, Pegunungan, dataran, pantai, bukit pasir, Gunung berapi dan struktur terkaitnya
gletser

Faktor Pemicu Proses Geomorfologi

Seperti disebutkan di atas, geomorfologi adalah cabang geografi yang bertanggung jawab untuk menganalisis pembentukan, perilaku dan karakteristik depresi geografis, mengukur dan menilai asal dan variasi relief terestrial di wilayah geografis tertentu.

Dengan kata lain, bidang geomorfologi tidak hanya berfokus pada evaluasi dan pengukuran variasi relief terestrial, tetapi juga mencoba memahami faktor dan penyebab yang memunculkan dinamisme yang melekat pada fenomena tersebut. Dalam konteks ini, faktor-faktor yang memicu proses geomorfologi dibagi menjadi empat kelompok:

Faktor geologi internal : Ini mengacu pada semua faktor abiotik yang berasal dari permukaan bumi, di antaranya vulkanisme, tektonik, dan orogeni dapat dihitung.

Faktor biotik : Seperti namanya, ini mengacu pada semua organisme (baik hewan maupun tumbuhan) yang memiliki pengaruh signifikan terhadap variasi bulu.
Faktor geologi eksternal : Mengacu pada semua faktor abiotik yang berasal dari selain permukaan, termasuk gravitasi, iklim dan badan air.

Faktor antropis : Semua kegiatan atau proses yang dilakukan oleh manusia yang berdampak pada proses erosi terestrial.

Bentuk geomorfologi terdiri dari bahan bangunan dengan berbagai macam bentuk dan sifat. Bahan bangunan meliputi batuan padat dari tubuh bumi, batuan lepas yang dibuat oleh proses erosi, dan bahan dan zat yang diciptakan oleh pelapukan. Dalam proses abrasif, sifat fisik, kimia dan biologi bahan bangunan sangat mengontrol efektivitas mekanisme penghilangan.

Badan sedimen yang dibentuk oleh proses akumulasi menunjukkan fitur dari proses yang membentuknya. Oleh karena itu, terbentuklah bentuk-bentuk relief yang bentuk dan bahan bangunannya dapat digunakan untuk merekonstruksi proses geomorfologi. Oleh karena itu, bahan bangunan dari badan sedimen disebut sebagai endapan yang berhubungan dengan proses. Karakterisasi umum ini mencakup sedimen permukaan tanah dan dasar laut. Kekerasan batuan padat memiliki pengaruh yang menentukan pada ketahanannya terhadap erosi. Batuan padat yang kurang tahan lebih rentan terhadap erosi daripada batuan padat yang selektif lebih tahan.

Cabang Ilmu Geomorfologi

Studi geomorfologi telah dibagi menjadi beberapa cabang studi, karena berbagai faktor dan alasan yang harus dipertimbangkan untuk memprediksi dan mengukur perubahan erosi permukaan bumi. Ini memfasilitasi pemahaman yang lebih rinci tentang faktor dan efek yang menyebabkan erosi. Di antara cabang yang paling menonjol adalah:

Geomorfologi aliran : Ini bertanggung jawab untuk memeriksa fitur geografis dan peristiwa geologis yang terjadi dengan efek sungai di permukaan bumi.

Geomorfologi glasial : Berfokus pada mempelajari relief dan proses geologi yang terkait dengan gletser. Seperti yang dapat Anda bayangkan, cabang studi ini terkait erat dengan bidang glasiologi.

Geomorfologi pesisir : Mengacu pada keahlian yang bertanggung jawab untuk mempelajari pembentukan relief dan proses erosi yang ditemukan di wilayah pesisir.

Geomorfologi iklim : Ini dapat didefinisikan sebagai spesialisasi yang bertanggung jawab untuk mempelajari pengaruh iklim suatu wilayah pada bantuan terestrial terkait di mana ia bertanggung jawab untuk mengukur elemen seperti tekanan atmosfer, arus udara, dan suhu.

Geomorfologi lereng : Spesialisasi difokuskan pada mempelajari formasi, fitur, dan fenomena geologi yang mendefinisikan pegunungan. Ini adalah cabang studi yang umumnya ditangani oleh teknik sipil dan praktik teknik geologi.

Bidang akademik geomorfologi, yang mempertahankan kesamaan tertentu dengan ilmu kebumian lainnya, secara khusus ditangani dengan gelar geologi dan geografi, dengan spesialisasi masing-masing dalam geografi fisik.
Bahkan, karena pengaruh dan pentingnya yang besar dalam studi tentang bumi, bidang studi ini sangat menarik untuk disiplin ilmu lain seperti geofisika, klimatologi, pedologi atau hidrografi.