Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Penyebab Bintik Merah di Kaki?

Apa Penyebab Bintik Merah di Kaki? Bintik-bintik merah pada kaki dapat menjadi indikasi berbagai kondisi dan penyakit yang dapat berkisar dari gambaran klinis yang sama sekali tidak berbahaya hingga yang berbahaya. Penyebab paling umum termasuk ruam kulit yang diinduksi alergi, insufisiensi vena, dan radang pembuluh darah (vaskulitis)

Apa Penyebab Bintik Merah di Kaki?

Satu atau lebih titik merah di kaki biasanya tidak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya. Namun, berbagai penyakit mungkin muncul atas dasar masalah kulit yang umum ini. Selain reaksi alergi, bintik merah juga menunjukkan gangguan fungsional sistem vaskular, lebih tepatnya, pembuluh darah.

Reaksi alergi

Noda di kaki biasanya berasal dari alergi. Pemicunya kebanyakan kosmetik , obat- obatan , serta gigitan serangga . Istilah alergi menggambarkan reaksi tubuh yang berlebihan terhadap zat tertentu. Reaksi ekstrim ini dipicu oleh kontak zat dan memanifestasikan dirinya dengan gejala seperti kemerahan, bintik-bintik merah, gatal dan edema.

Jika muncul bintik-bintik merah di kaki setelah mandi, biasanya karena reaksi alergi terhadap zat tertentu. Berbagai zat dalam produk pembersih dan perawatan dapat menyebabkan kemerahan pada kulit dan ruam gatal pada kaki.

Perlu dicatat bahwa kulit memiliki lapisan pelindung alami yang dapat dihancurkan oleh sabun dan sampo. Untuk alasan ini, hanya produk perawatan pribadi dengan nilai pH netral (sekitar 5,5) yang boleh digunakan. Selain itu, mencukur bulu kaki di kamar mandi juga dapat menyebabkan iritasi kulit, yang mengakibatkan bintik-bintik merah.

Masalah Vaskular

Kelemahan vaskular juga bisa diperhatikan oleh bintik-bintik merah di kaki. Dokter berbicara tentang insufisiensi vena ketika darah menumpuk di katup vena . Karena katup vena tidak menutup dengan benar, tekanan pada vena yang terkena meningkat. Peningkatan tekanan ini menyebabkan perubahan warna kulit dan sistem pembuluh darah.

Bintik-bintik berupa spider veins (varises kapiler) dan varises pada kaki sering disertai dengan retensi air (edema) di pergelangan kaki.

vaskulitis

Peradangan pada pembuluh darah ini secara medis disebut vaskulitis. Vaskulitis dapat terjadi di mana saja di tubuh, terlepas dari di mana vena berada atau seberapa besar mereka. Berbagai gejala dapat terjadi, tergantung pada pembuluh darah mana yang terkena peradangan.

Gejala vaskulitis hasil dari fakta bahwa pembuluh darah yang terkena tidak lagi mampu memasok cukup darah ke organ-organ tertentu.

Dalam kebanyakan kasus, vaskulitis sangat sulit untuk didiagnosis, karena penyakitnya sangat kompleks dan beragam. Bintik-bintik atau bintik-bintik merah di kaki bisa menjadi indikasi pertama dan pasti dari jenis peradangan pembuluh darah ini. Hal ini juga disertai dengan gejala seperti penurunan berat badan yang parah, kelemahan umum, nyeri sendi dan otot, gangguan penglihatan atau mati rasa di kaki.

Trombosis vena dalam

Trombosis vena dalam dapat dimulai tanpa gejala. Seiring waktu, rasa sakit yang mirip dengan nyeri otot terjadi dan menghilang saat berbaring. Kaki yang terkena sering kepanasan dan bengkak. Setelah itu, kulit bisa menjadi kencang dan kemerahan.

Apalagi pada stadium lanjut, terdapat bintik-bintik merah berbentuk titik di kaki yang berubah menjadi lebam kuning dan kehijauan (hematoma) akibat pendarahan spontan.

Trombosis vena menyebabkan gangguan peredaran darah yang serius. Oleh karena itu, pengobatan segera diperlukan. Bahaya terbesar dari trombosis vena adalah emboli paru. Ini karena bekuan darah dapat berjalan dari kaki ke pembuluh darah di paru-paru, di mana hal itu dapat menyebabkan kesulitan bernapas yang serius dan berbahaya dan dalam beberapa kasus bahkan kematian.

Gangguan peredaran darah

Bintik-bintik merah di kaki juga bisa menunjukkan sirkulasi yang buruk. Ini biasanya menyebabkan rasa sakit yang parah di kaki ketika tekanan diterapkan, memaksa orang yang terkena untuk berhenti dan beristirahat setelah jarak tertentu.

Kolaps sirkulasi menyebabkan nyeri spasmodik di kaki. Karena otot, kulit, dan tendon tidak lagi mendapat suplai darah, oksigen, dan nutrisi yang cukup. Gangguan peredaran darah tersebut terjadi karena kurang olahraga, kelebihan berat badan, dan terutama pada perokok.

Eritema Nodozum

Eritema nodosum adalah peradangan akut pada jaringan adiposa subkutan. Biasanya terjadi pada kaki bagian bawah, lutut, dan pergelangan kaki . Jarang, itu bisa terjadi di pinggul atau lengan. Akibat penyakit ini, bintil merah terbentuk di kulit. Namun, area kulit yang terkena sering kali sensitif terhadap tekanan dan nyeri.

Eritema nodosum sering terjadi dalam konteks penyakit lain. Misalnya, ditemukan pada 30% pasien dengan sarkoidosis. Ini juga dapat berkembang dengan berbagai infeksi atau penyakit radang usus.

Bintik Merah di Kaki Setelah Berdiri Lama

Jika bintik-bintik merah muncul di kulit kaki setelah berdiri untuk waktu yang lama, ini mungkin menunjukkan gangguan koagulasi. Bintik merah disebabkan oleh pendarahan seukuran kepala peniti dari kapiler darah di kulit. Mereka juga disebut petechiae dalam jargon teknis dan pemeriksaan medis dianjurkan.

Bintik Merah di Kaki Setelah Berjalan

Dengan aktivitas fisik yang berat, ruam kulit mungkin muncul di kaki, yang terlihat dengan bintik-bintik merah. Biasanya, ruam seperti itu muncul setelah berjalan jauh atau berlari jauh. Bintik-bintik merah yang muncul di kaki setelah berolahraga disebut purpura yang diinduksi olahraga atau vaskulitis yang diinduksi olahraga .

Bintik merah setelah aktivitas biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan muncul terutama di kaki bagian bawah. Namun, paha juga dapat terpengaruh dan bintik-bintik merah dapat disertai dengan rasa gatal atau gangguan sensorik.

Penyebab pasti ruam yang terjadi setelah berjalan jauh ini tidak diketahui. Diasumsikan bahwa ada ketidakteraturan pembuluh darah yang merespon secara tidak memadai terhadap perubahan suhu selama latihan. Bintik-bintik merah di kaki biasanya hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari tanpa meninggalkan perubahan warna pada kulit.

Jika Anda rentan terhadap reaksi kulit seperti itu, Anda harus mengenakan stoking kompresi sebagai tindakan pencegahan sebelum berjalan jauh atau berlari.