Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Pesantren Itu?

Apa Pesantren Itu? Pesantren merupakan kata yang sering didengar sebagai tempat untuk belajar para santri. Namun apakah pesantren itu? Apa pengertian pesantren? Pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya.

Apa Pesantren Itu?

Apa Pesantren Itu? Pesantren adalah kata yang menurut beberapa sumber berasal dari kata santri. Adapun santri itu adalah orang yang mengikuti pendidikan agama Islam di tempat yang dinamakan pesantren.

Jadi singkatnya, santri itu adalah orang yang mengikuti pendidikan atau belajar dan pesantren adalah tempatnya.

Siapa Yang Mendirikan Pesantren?

Orang yang mendirikan pesantren disebut sebagai pendiri pesantren sekaligus sebagai pemimpin pondok pesantren. Orang-orang ini juga memiliki sebutan lain seperti Kyai, Tuan Guru, Syaikh dan lain sebagainya.

Apa Pesantren Itu?
Apa Pesantren Itu? gambar sititarminah.blogspot.com

Orang yang mendirikan pesantren haruslah orang yang memiliki ilmu pengetahuan agama yang mendalam. Dan mereka ini adalah orang yang sebelumnya juga menuntut ilmu sebagai santri.

Jadi kyai itu sendiri adalah generasi dari santri yang telah berhasil menimba ilmu dan mendirikan pondok pesantren.

Jenis-jenis Pesantren

Pesantren itu sendiri memiliki beberapa jenis. Ada yang namanya pesantren salaf, salaf modern, dan pesantren modern.

Pesantren salaf biasanya diajarkan kitab-kitab kuno sesuai dengan kurikulum lama. Pesantren modern berarti pesantren yang mengadopsi kurikulum modern, dan pesantren salaf modern adalah pesantren yang menggabungkan keduanya.

Ada juga kategori pesantren berdasarkan pada bidang keilmuan yang lebih menonjol, misalkan pesantren hafalan al-Quran atau pesantren tahfidz, ada pula pesantren kitab yang banyak mempelajari kitab-kitab ilmu Islam, ada pula pesantren yang memadukan keduanya.

Ada juga pesantren penyembuhan yang biasanya digunakan untuk tujuan menyembuhkan orang-orang yang menderita sakit seperti gangguan jiwa dan lain sebagainya.

Ada pula pesantren wirid yang lebih memfokuskan pengajaran pada wirid dan doa-doa untuk mendapatkan kemampuan tertentu.

Legalitas Pesantren

Di masa sekarang ini pendirian pesantren memiliki legalitas yang mana jika didaftarkan di departemen agama, maka akan bisa mendapatkan bantuan, tunjangan, maupun dukungan dari pemerintah.