Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti Mimpi Kebakaran Menurut Islam

Arti Mimpi Kebakaran Menurut Islam, Mimpi merupakan hal yang biasa terjadi dan ditemui oleh orang yang tidur. Mimpi adakalanya terlihat buruk namun adakalanya juga mimpi adalah sebuah keindahan. Setiap orang pastinya pernah mengalami mimpi buruk maupun mimpi indah.

Dalam Islam, mimpi juga bisa berarti sebuah pertanda akan adanya sesuatu. Namun mimpi buruk yang terjadi biasanya adalah hanya karena godaan syetan yang mencoba untuk menakut-nakuti manusia.

Oleh karenanya, jika seseorang mimpi buruk hendaknya berdoa kepada Allah dan tidak menceritakan mimpi buruk tersebut kepada orang lain.

Pada kesempatan kali ini dalamislam.info akan menjelaskan tentang beberapa arti mimpi kebakaran dalam Islam.

Arti Mimpi Kebakaran Menurut Islam

Arti Mimpi Kebakaran Menurut Islam
Arti Mimpi Kebakaran Menurut Islam

Mimpi melihat api dalam islam memiliki beragam penafsiran atau berbagai arti. Api yang terlihat dalam mimpi secara umum menandakan tentang sebuah ketidaknyamanan atau kabar tidak baik yang terjadi pada harta benda dan juga kesehatan seseorang.

Jika seseorang melihat dirinya berada dalam api dalam mimpinya, maka itu bisa berarti bahwa seseorang tersebut mengalami masalah dan kegelisahan.

Kegelisahan itu terjadi karena dirinya kehilangan atau mengalami penurunan harta benda, uang atau pekerjaan karena beberapa keputusan yang keliru diambil.

Jika orang yang bermimpi itu melihat bahwa tubuhnya terbakar dalam mimpi, maka itu bisa menjadi pertanda bahwa harta benda orang tersebut akan berkurang.

Melarikan diri dari api dalam mimpi adalah isyarat yang menandakan bahwa seseorang akan selamat dari api, dan harta bendanya akan bertambah.

Jika seseorang berusaha untuk memadamkan api dalam mimpi terkadang memiliki isyarat adanya kabar baik dan kabar yang menguntungkan.

Jika seseorang melihat dalam mimpinya bahwa segala sesuatunya terbakar maka itu mendandakan bahwa dirinya akan memperoleh penghasilan yang melimpah dan membuat segala sesuatunya akan lancar dan rezekinya akan meningkat.

Melihat nyala api dalam mimpi

Gambar Ilustrasi Api

Menurut salah satu penafsiran, melihat api padam maupun nyala dalam mimpi itu menandakan akan meningkatnya kelimpahan dan rezeki seseorang.

Jika nyala api membakar pohon itu bisa menandakan kematian seseorang orang yang baik dan berharga di mata orang-orang.

Jika seseorang dalam mimpinya melihat cahaya dan api yang menyala-nyala di malam yang gelap gulita maka itu tandanya ia akan memiliki kekuatan, ketenaran dan kehormatan.

Menurut tafsir Imam Nablusi, jika seseorang melihat api dalam mimpi berarti orang akan memperoleh kelimpahan.

Menurut Jabir Maghribi, jika api terlihat redup dalam mimpi maka itu bisa menunjukkan permusuhan, namun jika api menyala terlihat maka hal itu bisa berarti menunjukkan masalah dan kesulitan yang harus dialami karena penyakit.

Mimpi Melihat Asap

Arti Mimpi Kebakaran Menurut Islam
Arti Mimpi Kebakaran Menurut Islam

Melihat asap dalam mimpi bisa diartikan dengan kejahatan, jika asap tidak menghilang dan malah menyebar maka itu bisa berarti sebuah kebaikan.

Mendengar teriakan kebakaran dalam mimpi maka itu bisa menandakan akan ada masalah dalam bisnis dan kehidupan keluarga, pekerjaan yang melelahkan.

Jika ada tanda kebakaran dalam mimpi, dan asap yang dipancarkan bukan hitam tapi putih maka artinya adalah bahwa peristiwa yang akan dialami akan banyak diketahui oleh orang-orang.

Adapun jika seseorang melihat ada asap hitam, maka itu bisa berarti hal-hal buruk akan terjadi sebagai berita buruk.

Dalam mimpi dikatakan bahwa menyelamatkan seseorang dari api terkadang merupakan pertanda akan adanya perang berdarah atau pertanda ketakutan yang besar.

Mimpi melihat elihat asap api putih dalam mimpi dan asap itu bersama dengan nyala api maka itu bearrti bahwa seseorang akan mengalami kesedihan dan kemalangan secara lebih lama.

Jika ada asap putih dalam mimpi dan jika naik ke langit, maka hal itu pertanda baik. Namun jika seseorang melihat asap hitam dan asap itu menyebar, maka hal itu menunjukkan terungkapnya sesuatu yang rahasia.

Jika dalam mimpi seseorang melihat sebuah rumah  dipenuhi dengan asap maka itu berarti masalah dan kesedihan. Jika seseorang mimpi berada di tempat berasap maka itu menunjukkan orang-orang yang menipu.

Mimpi Seseorang Membakar Rumah

Melihat rumahnya terbakar dalam mimpi menunjukkan hari-hari yang akan berlalu dengan cara yang sulit dan bermasalah.

Mimpi semacam itu menunjukkan masalah dalam kehidupan keluarga dan konflik dengan pasangan. Ini adalah mimpi yang tidak diartikan sebagai tidak.

Dalam mimpi itu, dikatakan bahwa seseorang yang terbakar dalam api terkadang menandakan pernikahan. Jika api atau api di dalam rumah padam, itu pertanda meninggalnya si pemilik rumah.

Dalam beberapa tafsir, mimpi melihat api itu menandakan adanya sebuah kesalahan yang dilakukan oleh seseorang sehingga ia akan mengalami masa yang sangat sulit dalam bisnis dan kehidupan keluarga. Pada masa-masa ini akan terjadi gangguan mental, jadi pertanda harus berhati-hati.

Jika seseorang melihat dapur rumahnya terbakar dalam mimpi maka itu bisa berarti adanya penurunan pendapatan, rezeki, dan menurunnya kemakmuran.

Dikatakan bahwa jika seseorang membakar keudian memadamkan rumah dalam mimpi maka hal itu menunjukkan bahwa beberapa seseorang itu akan mengalami bebeapa masalah dalam bisnis dan kehidupan keluarga. Namun pada akhirnya kerusuhan akan berakhir dan hidup bahagia akan dijalani.

Melihat rumah orang lain terbakar dalam mimpi merupakan pertanda bahwa orang yang melihat mimpi itu memiliki kenalan yang sedang mengalami masa sulit dan bermasalah, yang memiliki kesulitan keuangan dalam keluarga dan kehidupan bisnisnya, atau yang memiliki kesulitan biaya untuk mengobati penyakit dan akan membutuhkan dukungan materi dan moral.

Orang yang melihat rumah ayahnya terbakar dalam mimpi maka itu adalah pertanda adanya mata pencaharian yang bermasalah, atau datangnya kemiskinan dan kelaparan, berkurangnya rezeki, kehinaan dan perkelahian dalam keluarga.

Mimpi tersebut juga bisa berarti adanya bencana dan malapetaka di masa depan akan terjadi.

Melihat rumah kerabat terbakar dalam mimpi adalah mimpi tentang kemungkinan kegembiraan dan kebahagiaan yang mungkin terjadi dalam rumah tangga, menyingkirkan masalah dan menertibkan kehidupan, dan memperkuat ikatan antara kerabat dan si pemimpi.

Melihat tempat kerja terbakar dalam mimpi menunjukkan tentang beberapa pekerjaan yang menguntungkan dalam kehidupan kerja dan hari-hari baik.

Selain itu mimpi ini juga mengisyaratkan tentang keuntunga yang datang dari sumber yang tidak pasti. Wallahua’lam.