Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

apakah boleh cas hp semalaman

Apakah boleh cas hp semalaman? Banyak dari kita mengisi daya ponsel atau ngecas hp pada malam hari. Bahkan banyak yang terbiasa ngecas hp dan ditinggal tidur, sehingga hp terus ngecas dan tetap terisi daya sepanjang malam.

Jadi kebanyakan dari kita membiarkan ponsel mengisi daya semalaman . Namun, izinkan kami memperingatkan Anda bahwa ini tidak terlalu baik untuk kesehatan ponsel cerdas, atau lebih tepatnya baterai ponsel. Jadi kenapa?

Apakah boleh cas hp semalaman

Banyak ahli yang mengatakan bahwa tidak boleh atau kurang bagus mengecas hp semalaman. Cas hp semalaman bisa menyebabkan kualitas baterai menurun.

Pengisian daya jangka panjang merusak baterai dan mengurangi masa pakai baterai dalam penggunaan lama. Karena alasan ini, masa pakai baterai ponsel yang dibeli sedikit dipersingkat di tahun pertama dan terlihat jelas di tahun-tahun berikutnya.

Saat Anda membiarkan ponsel terhubung ke pengisi daya semalaman, meskipun baterai mencapai kapasitas pengisian penuhnya, proses pengisian daya tidak pernah berhenti.

Prosesnya, juga dikenal sebagai ” trickle charge “, mulai terjadi. Ini berarti energi yang dikonsumsi oleh telepon dipulihkan oleh pengisi daya. Dengan kata lain, saat Anda meninggalkan ponsel untuk mengisi daya semalaman, ponsel akan mengisi daya pada malam hari, dan akibatnya, siklus pengisian daya baterai meningkat dan masa pakai baterai dipersingkat. Baterai tidak hidup selamanya dan memiliki siklus pengisian daya tertentu.

Tentu saja, apa yang kita bicarakan di sini tidak boleh dikacaukan dengan mengisi daya ponsel beberapa kali di siang hari. Secara alami, mereka yang mengisi daya ponsel mereka di setiap soket yang mereka temukan sehingga dayanya selalu penuh, menyebabkan lebih banyak kerusakan pada baterai. Namun, fakta bahwa pengisian daya sepanjang malam juga mencuri masa pakai baterai.

Bagaimana cara Cas HP yang efektif?

Jika Anda ingin memaksimalkan masa pakai baterai ponsel cerdas Anda dan memanfaatkannya sebaik mungkin, waktu terbaik untuk mengisi daya adalah di siang hari, saat Anda tidak akan lupa mengisi daya ponsel. Bisa jadi menonton TV, bisa bekerja; namun , akan lebih masuk akal untuk mencabut telepon saat sudah penuh.

Di sisi lain, informasi lain: Meskipun disarankan untuk menjaga baterai Lithium Ion antara 20 persen dan 80 persen, juga diketahui bahwa mereka memberikan kinerja terbaik pada 50 persen.