Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Puasa Boleh Sikat Gigi?

Apakah Puasa Boleh Sikat Gigi? Berpuasa memang harus menjaga hal-hal yang membatalkan puasa yang mana salah satunya adalah tidak boleh ada barang yang masuk ke dalam lubang dalam tubuh misalnya mulut.

Jadi kalau seseorang menelan sesuatu dengan sengaja maka hal itu bisa membatalkan puasa.

Lalu apakah diperbolehkan menyikat gigi menggunakan pasta gigi saat berpuasa? Apakah Puasa Boleh Sikat Gigi?

Hal ini biasanya banyak ditanyakan oleh masyarakat tentang apakah boleh hukumnya membersihkan gigi dengan pasta gigi saat berpuasa?

Apakah Puasa Boleh Sikat Gigi?

Apakah Puasa Boleh Sikat Gigi?
Apakah Puasa Boleh Sikat Gigi? image yesimlehertelden.blogspot.com

Lalu Apakah Puasa Boleh Sikat Gigi? secara singkat, boleh saja seseorang sikat gigi saat puasa. Namun yang perlu diperhatikan adalah dirinya perlu untuk berhati-hati agar tidak ada yang masuk ke dalam tenggorokan.

Jika ada yang sampai masuk ke dalam tenggorokan maka puasanya bisa batal. Jadi kebolehan sikat gigi saat puasa ini dibarengi dengan sikap yang sangat hati-hati.

Dianjurkan agar seseorang sikat gigi pada malam hari sebelum puasa agar terhindar dari bahaya batalnya puasa.

Hukum Sikat Gigi Saat Berpuasa

Syekh Ibn Baaz (semoga Allah mengasihani dia) ditanya tentang menggunakan pasta gigi saat berpuasa. Dia berkata: Tidak ada yang salah dengan itu selama seseorang berhati-hati untuk tidak menelannya, seperti yang ditentukan dalam Islam bagi orang yang berpuasa untuk menggunakan siwaak (tusuk gigi).

Hal ini bisa dilihat dari fatwa syaikh Ibn Baaz dalam Fataawa al-Syekh Ibn Baaz, 4/247.

Adapun Syaikh Muhammad al-Saalih ibn ‘Utsaimin berkata:

… Hal ini membawa kita pada pertanyaan: Apakah diperbolehkan menggunakan sikat gigi dan pasta gigi saat berpuasa atau tidak?

Jawabannya boleh, tapi sebaiknya tidak digunakan karena pasta giginya terlalu kuat dan bisa masuk ke tenggorokan. Alih-alih melakukannya pada siang hari, seseorang harus melakukannya pada malam hari.

Lihat fatwa beliau dalam Al-Sharh al-Mumti ‘oleh Ibn’ Utsaimin, 6/407, 408

BACA JUGA: Hal-hal yang mewajibkan Mandi Besar

Kesimpulan dari Apakah Puasa Boleh Sikat Gigi?

Kesimpulan dari pertanyaan tersebut adalah boleh sikat gigi saat puasa meskipun dengan pasta gigi. Namun harus berhati-hati agar tidak masuk ke dalam kerongkongan.

Lebih baik melaksanakan sikat gigi pada sebelum puasa atau setelahnya untuk berhati-hati. Wallahu a’lam.