Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bolehkah makan buah malam hari?

Bolehkah makan buah malam hari? Buah adalah makanan yang sehat yang disarankan untuk sering dikonsumsi. Namun apakah boleh makan buah malam hari?

Bolehkah makan buah malam hari?

Bolehkah makan buah malam hari? Jawabannya adalah boleh-boleh saja makan buah pada malam hari, dan pada kebanyakan orang tidak ada masalah makan buah pada malam hari. Bahkan bisa jadi buah merupakan camilan sehat pada malam hari.

Meskipun demikian, beberapa ahli mengatakan bahwa hendaknya buah tidak dimakan saat hendak tidur karena pada beberapa orang bisa menjadi penyebab penyakit seperti diabetes.

Apakah makan buah di malam hari buruk untuk pencernaan?

“Benar-benar salah kaprah bahwa mengakhiri makan (malam) dengan buah dapat mengganggu pencernaan ,” kata Beckerman, seorang ahli kesehatan.

“Tubuh Anda dirancang untuk makan dan memecah semua jenis makanan—protein, lemak, dan karbohidrat—tidak peduli urutan apa yang Anda putuskan untuk memakannya.”

Beckerman mengatakan kepada saya bahwa tidak ada penelitian yang mendukung gagasan bahwa makan siang atau makan malam dengan buah akan merusak proses pencernaan tubuh Anda.

Sebaliknya, mitos tersebut kemungkinan berasal dari fakta bahwa makan buah-buahan tertentu dalam porsi besar dapat membuat perut Anda terasa sedikit (erm) tidak nyaman. “Memakan banyak buah setelah makan bisa menjadi salah satu cara untuk tiket ke kamar mandi .

Beberapa buah sulit dicerna dalam dosis besar, seperti anggur atau apel, jadi jangan bilang saya tidak memperingatkan Anda,” katanya.

Ini sebagian karena kandungan serat yang tinggi dari buah, yang merupakan alasan lain untuk makan lebih banyak. Serat juga akan membantu mengekang lonjakan gula darah karena memperlambat penyerapan fruktosa, alias bentuk gula alami dalam buah.

Bolehkah Makan Buah Sebelum Tidur?

Ahli gizi yang berbasis di Bangalore, Dr. Anju Sood mengatakan, “Yang terbaik adalah menghindari apa pun sebelum waktu tidur karena dapat mengganggu tidur Anda. Makan buah sebelum tidur dapat melepaskan banyak gula, menyebabkan lonjakan energi, ketika tubuh Anda harus bersiap untuk melambat dan beristirahat.”

Dia menambahkan, “Namun, jika seseorang sedang diet dan lapar, kami akhirnya menyarankan dia untuk mengambil satu atau dua buah yang tidak terlalu tinggi gula, untuk mencegah mereka makan sesuatu yang tidak sehat.”

Para ahli juga mengatakan bahwa makan buah-buahan dengan makanan lain mungkin terbukti sedikit berisiko bagi penderita diabetes juga.

Mengkonsumsi buah-buahan dengan makanan lain yang tinggi protein , serat dan lemak dapat mengurangi kecepatan gula dari buah untuk masuk ke usus kecil, sehingga menyebabkan sedikit kenaikan gula darah, dibandingkan dengan makan buah saja.

Dianjurkan untuk memakan beberapa buah segar yang dikemas dengan sekian banyak mineral, vitamin , flavanoid dan antioksidan, sebaiknya tanpa dengan makanan lain sebelum tidur.