Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bolehkah makan buah naga setiap hari?

Bolehkah makan buah naga setiap hari? Buah naga adalah buah yang kini populer dan banyak ditemukan serta dibudidayakan di Indonesia. Rasanya yang segar menjadikan buah ini nikmat untuk dikonsumsi kapanpun, namun bolehkah makan buah naga setiap hari?

Bolehkah makan buah naga setiap hari?

Lalu bolehkah kita makan buah naga setiap hari? Jawabannya adalah boleh-boleh saja kita makan buah naga setiap hari dengan jumlah yang sedang.

Bahkan menurut penelitian konsumsi buah naga secara sering bisa membantu tubuh menjadi sehat dan bugar karena kandungan vitamin yang ada di dalamnya.

Apa itu Buah Naga?

Buah naga, atau disebut pitahaya atau pir stroberi, adalah buah tropis yang dikenal dengan kulitnya yang merah cerah dan daging buahnya yang manis dan berbintik-bintik.

Bolehkah makan buah naga setiap hari?
image: autumnscopperpot.blogspot.com

Karena asal tanaman kaktusnya, ia memiliki tampilan yang unik dan merupakan sumber nutrisi yang kaya, membuatnya terkenal di kalangan pecinta kuliner dan orang yang sadar akan kesehatan.

Rasa manis buah naga telah digambarkan sebagai persilangan antara kiwi, pir, dan semangka. Biji hitam kecilnya dikatakan memiliki rasa pedas dan sarat dengan asam lemak omega-3 .

Apakah aman Makan Buah Naga Setiap Hari?

Untuk sebagian besar, buah naga aman untuk dimakan dan menawarkan banyak manfaat kesehatan karena kandungan vitamin C dan antioksidannya.

Buah ini rendah kalori, menjadikannya camilan sehari-hari yang sempurna. Namun, beberapa mungkin alergi terhadap buah, dengan gejala termasuk pembengkakan lidah, gatal- gatal , dan muntah . Respons semacam ini, bagaimanapun, jarang terjadi.

Jika Anda makan terlalu banyak buah naga merah, urin Anda bisa berubah menjadi merah muda atau merah. Efek samping ini terlihat lebih mengganggu daripada yang sebenarnya. Hal yang sama dapat terjadi jika Anda makan bit terlalu banyak. Urin Anda akan kembali ke warna normal setelah buah sepenuhnya keluar dari tubuh Anda.

Tampaknya tidak ada efek samping yang terkait dengan makan buah naga setiap hari meskipun tetap disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu.

Kandungan gizi buah naga

Dalam satu porsi enam ons buah naga, Anda akan mendapatkan yang berikut:

Meja. Bagan nutrisi untuk satu porsi buah naga 6 ons
Gizi Jumlah
Kalori 102
Gemuk 0 g
Protein 2 g
Karbohidrat 22 g
Serat 5 gram
Gula 13 g
Vitamin A 100 IU
Vitamin C 4 mg
Kalsium 31 mg
Besi 1 gram
Magnesium 68 mg

Beragam manfaat buah naga untuk kesehatan

Buah naga memiliki banyak manfaat kesehatan yang meliputi:

Dapat membantu melawan penyakit kronis: Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang menyebabkan kerusakan sel, yang dapat memicu peradangan dan penyakit. Salah satu pendekatan untuk memerangi radikal bebas adalah dengan mengonsumsi sumber makanan kaya antioksidan, seperti buah naga. Antioksidan bekerja dengan menetralkan radikal bebas, sehingga mencegah kerusakan sel.

Sarat dengan serat: Buah naga kaya akan serat dan bebas lemak, yang menjadikannya camilan yang layak karena membantu Anda kenyang lebih lama di antara waktu makan.

Dapat membantu mengontrol gula : Buah naga dapat membantu mengurangi kadar glukosa Anda. Para peneliti mengatakan ini mungkin sebagian karena menggantikan sel-sel yang rusak di pankreas Anda yang membuat insulin —hormon yang membantu tubuh Anda memecah gula .

Mempromosikan usus yang sehat: Buah naga mengandung prebiotik yang merupakan sumber makanan untuk bakteri sehat di usus Anda. Memiliki lebih banyak prebiotik dalam tubuh Anda dapat bekerja pada keseimbangan bakteri baik dan jahat di usus Anda. Secara khusus, buah naga mendorong perkembangan lactobacilli dan bifidobacteria di usus Anda yang dapat membunuh virus dan bakteri penyebab infeksi.

Memperkuat sistem kekebalan: Buah naga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda karena tinggi vitamin C dan antioksidan lain yang berguna untuk kekebalan tubuh.

Membantu meningkatkan kadar zat besi: Zat besi penting untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh Anda dan memberi Anda energi, dan buah naga sarat dengan zat besi. Terlebih lagi, vitamin C dalam buah naga membantu tubuh Anda menyerap dan memanfaatkan zat besi.