Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bolehkah makan chia seed setiap hari?

Bolehkah makan chia seed setiap hari? chia atau chia seed bisa menjadi asupan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Namun apakah bagus makan chia seed setiap hari?

Bolehkah makan chia seed setiap hari?

Bolehkah kita makan chia seed setiap hari? Jawabannya adalah boleh saja jika kita makan chia seed dengan kadar sedang setiap hari, yaitu sekitar 50 gram perharinya.

Chia seed dapat memberikan beberapa manfaat sebagai bagian dari diet sehat . Tidak ada RDA untuk chia seed. Namun, mereka dapat dimakan dengan aman dalam jumlah 50 gram setiap hari, yaitu sekitar lima sendok makan.

Apa itu Chia seed?

Tanaman chia adalah anggota keluarga mint. Ini secara tradisional tumbuh di Amerika Selatan dan Tengah karena tumbuh di lingkungan yang kering.

Bolehkah makan chia seed setiap hari?
Bolehkah makan chia seed setiap hari?

Jauh sebelum ditampilkan dalam mainan populer, ‘Chia Pets,’ chia seed digunakan dalam masakan dan obat-obatan. Saat ini, chia seed disebut-sebut sebagai makanan super dan sebagian besar digunakan karena manfaat nutrisinya.

Apa Saja Kandungan Chia seed?

Chia seed adalah sumber asam lemak omega-3 , serat , protein, kalsium, fosfor, dan seng yang baik. Mereka mengandung semua sembilan asam amino esensial. Asam amino esensial adalah asam amino yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh Anda, sehingga harus berasal dari makanan Anda .

Dua sendok makan chia seed mengandung:

Kalori: 140
Protein: 4 gram
Serat: 11 gram
Lemak tak jenuh: 7 gram
Kalsium: 18 persen dari tunjangan harian yang direkomendasikan (RDA)
Melacak jumlah seng
Jumlah jejak tembaga

Manfaat makan chia seed

Chia seed dapat memberikan beberapa manfaat sebagai bagian dari diet sehat, di antaranya sebagai berikut.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

ALA adalah sejenis asam lemak omega-3 yang membentuk 60 persen minyak dalam chia seed. Asam lemak omega-3 meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan kolesterol dan tekanan darah , mengatur ritme jantung, mencegah pembekuan darah , dan mengurangi peradangan.

The Nurses’ Health Study menemukan 40 persen penurunan risiko kematian jantung mendadak pada wanita yang makan ALA dalam jumlah tertinggi. Studi lain terhadap 5.000 pria dan wanita di atas usia 65 tahun menemukan bahwa makan lebih banyak ALA dikaitkan dengan 50 persen penurunan risiko penyakit jantung iskemik fatal .

2. Mengandung Serat

Serat adalah jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh Anda. Ada dua jenis serat – larut dan tidak larut – dan keduanya bermanfaat. Serat dalam chia seed terutama larut. Serat larut larut dalam air dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan glukosa Anda.

3. Tinggi Antioksidan

Chia seed mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan membantu mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh oksidasi. Antioksidan dapat mengurangi risiko berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung dan beberapa jenis kanker .

Cara menyimpan chia seed

Chia seed tersedia dalam varietas hitam dan putih. Tidak ada perbedaan nutrisi antara keduanya, jadi pilih mana yang Anda suka.

Chia seed tidak perlu digiling. Mereka dapat diserap dan dicerna utuh. Chia seed dapat disimpan di tempat yang sejuk dan kering selama 4 hingga 5 tahun tanpa pendinginan.

Chia seed Untuk diet sehat

Tidak ada RDA untuk chia seed. Namun, mereka dapat dimakan dengan aman dalam jumlah 50 gram setiap hari, yaitu sekitar lima sendok makan. Dua sendok makan memberikan semua manfaat nutrisi yang tercantum di atas.

Chia seed yang direndam memiliki tekstur seperti gel. Anda bisa merendamnya dalam air selama 10 menit dan menyimpannya di lemari es. Campuran ini dapat ditambahkan ke makanan lembab seperti:

yogurt
Havermut
Salad buah
Sereal dengan susu
Saos tomat

Anda juga dapat mengganti hingga 25 persen minyak atau telur dalam makanan yang dipanggang dengan chia seed yang direndam tanpa mempengaruhi tekstur resepnya.