Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Piring Kaca Bisa Masuk Oven?

Apakah Piring Kaca Bisa Masuk Oven? Pada waktu tertentu kita mungkin perlu memasak makanan menggunakan oven bersama dengan piring kaca.

Misalnya saja untuk memasak sayuran, sup atau bahkan membuat roti, kita ingin menggunakan wadah kaca atau piring kaca. Namun apakah piring kaca itu bisa digunakan untuk memasak dalam oven?

Apakah Piring Kaca Bisa Masuk Oven?

Jika anda bertanya Apakah Piring Kaca Bisa Masuk Oven? maka jawabannya adalah bisa saja piring kaca masuk oven untuk digunakan memanggang.

Kita bisa menggunakan piring kaca untuk memasak makanan di dalam oven. Namun piring kaca ini adalah piring kaca khusus tahan panas dan bukan piring kaca biasa.

Jika kita menggunakan piring kaca tahan panas yang bisa digunakan untuk oven, maka piring itu akan aman dari meleleh atau pecah.

Namun jika kita menggunakan piring kaca biasa, bisa jadi piring itu akan meleleh atau pecah karena panas tinggi yang ada dalam oven.

Menggunakan Piring kaca Untuk memasak Makanan Dalam Oven

Kita bisa memasukkan piring kaca ke dalam oven untuk memasak makanan. Namun, ini hanya berlaku untuk piring kaca tahan panas atau kaca tempered.

Apakah Piring Kaca Bisa Masuk Oven?
Apakah Piring Kaca Bisa Masuk Oven?

Piring kaca ini biasanya khusus atau bisa digunakan untuk memasak dan ahan panas. Piring ini biasanya diciptakan dengan bahan kaca tertentu yang bisa bertahan dari suhu panas oven.

Ingat bahwa tidak semua piring aman untuk dimasukkan ke dalam oven, dan bahkan piring kaca yang aman untuk oven pun bisa pecah jika kita keliru menggunakannya.

Janganlah mencoba-coba memasak menggunakan piring kaca biasa ke dalam oven karena hal itu bisa membuat piring pecah dan tentu saja beresiko merusak oven.

Selain itu, piring kaca khusus oven pun bisa pecah jika keliru dalam penggunannya. Oleh karenanya, gunakanlah piring kaca itu dengan petunjuk sesuai yang ada pada pedoman. Tentu saja pilihlah piring kaca khusus oven dari penjual yang benar-benar terpercaya.

Dimana Bisa Membeli Piring Kaca untuk Oven?

Piring kaca yang didesain untuk tahan panas dalam oven ini bisa kita beli di tempat perlengkapan dapur atau juga bisa kita temukan di banyak lapak online.

Kita bisa membeli piring kaca yang tahan panas dengan harga dan kualitas yang bervariasi. Biasanya piring kaca oven ini dilabeli dengan piring kaca tahan panas untuk memasak di oven dan semisal ini.

Piring kaca oven ini juga ada yang dijual dengan satuan atau juga dengan beberapa piring dalam satu set. Bentuknya pun biasa adalah persegi panjang karena memang menyesuaikan dengan bentuk oven yang kebanyakan persegi panjang.

Banyak produsen piring kaca memberi label pada produk mereka dengan keterangan tahan panas atau bisa digunakan untuk oven.

Dengan demikian, anda bisa dengan mudah membeli piring kaca oven ini dengan mudah dan tentunya perlu membaca dengan cermat tentang pedoman penggunaannya.

Jika anda beli di toko peralatan dapur, label tahan panas pada piring kaca ini bisa ada pada bagian belakang piring, biasanya di dalam atau di dekat bagian tengah.

Beberapa piring kaca diberi label aman untuk oven, aman untuk microwave, dan aman untuk mesin pencuci piring dengan jelas.

Cara yang paling mudah adalah silahkan bertanya kepada penjual atau karyawan toko agar anda diberi piring kaca yang sesuai dengan oven yang hendak anda gunakan.

BACA JUGA: Apa itu keju mozarella?

Ingatlah untuk selalu membaca pedoman penggunaan. Bahkan jika piring diberi label aman untuk oven, produsen juga sering menentukan batas suhu seperti tidak memanaskan piring di atas 200 hingga 250 derajat celcius tergantung pada bahannya.

Menggunakan Piring Kaca Biasa Untuk Oven

Sama sekali tidak disarankan bagi kita untuk menggunakan piring kaca biasa untuk memasak dalam oven. Hal tersebut dikarenakan bisa saja menyebabkan beberapa resiko yang tak kita inginkan.

Ada dua risiko utama bisa terjadi jika kita menggunakan piring kaca yang tidak didesain untuk oven kita gunakan untuk memasak di oven.

Yang pertama, piring bisa pecah dan bisa beresiko merusak oven atau microwafe. Jika piring yang tidak dibuat khusus oven itu digunakan dalam oven, maka piring itu bisa mengalami pemanasan atau pendinginan yang cepat.

Kondisi semacam ini bisa menimbulkan tekanan yang dapat menyebabkannya retak, pecah, atau bahkan meledak.

Bahkan kaca tahan panas pun dapat pecah jika tidak digunakan sesuai dengan instruksi pabrik. Jika terjadi kecelakaan, selain anda kehilangan oven anda, anda pun bisa saja terkena cedera serius yang pastinya tidak kita inginkan.

Risiko lain yang lebih halus adalah peralatan makan yang mungkin tidak lagi bisa aman untuk makanan. Suhu panas bisa saja membuat bahan kaca piring yang kita gunakan berubah struktur fisiknya yang mungkin saja bisa meleleh dan mencampuri makanan.

Oleh karenanya, kita perlu menggunakan piring kaca khusus yang benar-benar tahan panas dan dicipatakan untuk oven jika kita ingin memasak dengan aman. Itulah informasi tentnag Apakah Piring Kaca Bisa Masuk Oven. Info lebih lanjut baca disini.