Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bolehkah makan durian saat hamil?

Bolehkah makan durian saat hamil? Di beberapa negara di Asia, banyak yang menganggap makan durian saat hamil adalah hal yang tabu karena buah ini panas, mudah menyebabkan gangguan pencernaan, perut kembung, hot flashes bahkan kanker. berbahaya bagi janin.

Namun, faktanya, tidak ada bukti ilmiah bahwa ibu hamil harus pantang makan durian selama kehamilan. Lalu apakah aman makan durian saat hamil?

Bolehkah makan durian saat hamil?

Bolehkah ibu hamil makan durian? Boleh saja ibu hamil makan durian, namun dengan jumlah yang sedang. Di beberapa negara di Asia, banyak yang menganggap makan durian saat hamil adalah hal yang tabu karena buah ini panas, mudah menyebabkan gangguan pencernaan, perut kembung, hot flashes bahkan kanker DAN berbahaya bagi janin.

Oleh karena itu, banyak wanita bertanya-tanya apakah “bisakah saya makan durian saat hamil?” atau “Apakah baik makan durian di 3 bulan pertama kehamilan?”

Faktanya, tidak ada bukti ilmiah bahwa ibu hamil harus pantang makan durian selama kehamilan. Bahkan durian, bila dikonsumsi dalam jumlah sedang, dikatakan baik untuk ibu hamil karena memiliki banyak vitamin dan mineral penting bagi tubuh.

Bolehkah makan durian saat hamil? Makan durian saat hamil akan membantu tubuh ibu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Sekilas tentang durian

Durian adalah buah tropis, banyak dikonsumsi di negara-negara Asia Tenggara. Rasa durian sangat spesifik dan memiliki nilai gizi lebih tinggi daripada banyak buah tropis lainnya.

bolehkah makan durian saat hamil
bolehkah makan durian saat hamil?

Secara nutrisi, dalam 100g durian akan memberikan zat-zat penting seperti:

Vitamin A: 20 – 30 IU; Protein: 2,5 – 2,8 g; Kalsium: 7,6 – 9,0 g; Besi: 0,73 – 1,0 mg; Fosfor: 37,8 – 44,0 mg; Asam askorbat: 23,9 – 25,0 mg; Kalium: 436 mg; Tiamin : 0,2 mg; Karbohidrat total: 30,4 – 34,1 g; Serat: 3,8 gram; Riboflavin: 0,2 mg.

Bagaimana pola makan ibu hamil di 3 bulan pertama?

3 bulan pertama dianggap sebagai periode paling penting dari perkembangan janin. Untuk perkembangan yang menyeluruh, janin perlu diberikan nutrisi yang cukup, terutama zat gizi mikro yang diperlukan.

Mengikuti kuis di bawah ini akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak pengetahuan tentang nutrisi dalam 3 bulan pertama kehamilan.

Manfaat durian Untuk kesehatan

Durian tidak hanya buah yang kaya akan nilai gizi tetapi juga digunakan untuk mencegah dan mengobati penyakit dengan sangat efektif, khususnya:

Durian mencegah depresi

Dalam durian mengandung kadar vitamin B6 yang sangat tinggi, yang membantu merangsang tubuh untuk memproduksi banyak serotonin alami untuk mencegah depresi.

Saat ini, menjaga kadar serotonin dalam tubuh sangat diperlukan, karena ketika produksi zat ini terganggu atau kurang, dapat meningkatkan risiko depresi pada setiap orang.

Memperkuat tulang dan gigi: Kandungan kalsium, vitamin B, dan potasium yang sangat kaya membuat durian menjadi “makanan super” yang mampu meningkatkan kelenturan dan kekuatan tulang dan gigi.

Oleh karena itu, melengkapi durian secara teratur juga merupakan cara efektif untuk meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.

Mencegah penuaan dini

Durian dianggap sebagai sumber vitamin C yang berlimpah, yang membantu tubuh memproduksi kolagen, berkontribusi pada peremajaan dan pemulihan cepat dari kerusakan jangka panjang pada kulit.

Mendukung Kesehatan Sistem Pencernaan

Banyaknya serat dalam durian dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit. Selain itu, niasin dan thiamin yang terdapat pada buah ini juga akan membantu Anda merasa lebih selera saat makan dan merangsang sistem pencernaan untuk bekerja lebih baik.

Membantu menstabilkan gula darah Berkat komponen nutrisi seperti folat, tembaga, zat besi dan asam folat, durian dikenal dapat mendukung dan mengobati penyakit darah dengan sangat efektif. Secara khusus, makan durian secara teratur akan membantu Anda mengelola gula darah dengan baik.

Mengurangi tekanan darah tinggi dan melindungi jantung

Ini juga salah satu efek hebat lainnya dari makan durian. Alasannya, durian dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan melindungi kesehatan jantung karena mengandung banyak potasium, yang membantu mengatur natrium dalam tubuh.

Ketika kadar gula darah stabil, ini membantu menjaga kesehatan jantung. Bolehkah makan durian saat hamil? Boleh saja karena ada manfaat makan durian yaitu melindungi jantung.

Memperbaiki gejala migrain

Durian mengandung riboflavin – vitamin kelompok B, yang bertindak sebagai obat untuk membantu mengurangi gejala migrain dengan sangat efektif.

Mendukung kesehatan fisiologis untuk pria

Selain efek luar biasa di atas, durian juga digunakan oleh pria sebagai tonik untuk membantu meningkatkan vitalitas, memperkuat ginjal dan meningkatkan fungsi fisiologis. efektif. yang bertindak sebagai obat untuk membantu mengurangi gejala migrain dengan sangat efektif.

Apa saja manfaat makan durian saat hamil?

Beberapa manfaat positif durian untuk ibu hamil, antara lain:

Memperbaiki sembelit

Wanita hamil sering rentan terhadap perubahan hormonal, yang berkontribusi pada peningkatan risiko sembelit. sembelit.

Dalam buah durian kaya akan serat, yang bertindak sebagai pencahar alami (enema), makan durian selama kehamilan akan membantu tubuh ibu menghilangkan racun di luar, sehingga efektif memperbaiki sembelit.

Pencegahan cacat tabung saraf pada janin

Asam folat yang melimpah dalam durian membantu wanita hamil secara efektif mencegah risiko berkembangnya cacat tabung saraf pada janin. Idealnya, ibu hamil harus mengonsumsi sekitar 100g durian per hari untuk dapat memenuhi kebutuhan asam folat tubuh secara maksimal.

Memperkuat daya tahan ibu dan janin

Makan durian selama kehamilan juga membantu ibu hamil meningkatkan penyerapan vitamin C ke dalam tubuh. Vitamin ini sangat penting untuk daya tahan tubuh ibu, dan membantu janin menyerap lebih banyak kalsium dan zat besi.

Mengatur tekanan darah dan melawan depresi selama kehamilan

Durian mengandung banyak jenis lemak sehat dan terutama tidak mengandung kolesterol. Oleh karena itu, makan durian selama kehamilan dapat membantu ibu hamil mengatur tekanan darah dan meningkatkan kesehatan mental secara efektif, sehingga melawan depresi yang ditakuti selama kehamilan dan bahkan setelah melahirkan.

Apa yang harus diperhatikan saat makan durian saat hamil?

Meski durian memberikan banyak nutrisi berharga bagi kesehatan ibu hamil, namun juga cukup tinggi karbohidrat dan gulanya.

Dalam sekitar 2 bungkus durian ukuran sedang akan menyediakan sekitar 60 kalori. Oleh karena itu, ibu hamil tidak boleh makan durian terlalu banyak karena dapat meningkatkan kadar glukosa darah dan menyebabkan berat janin meningkat pesat.

Bolehkah makan durian saat hamil? Boleh saja namun sebaiknya konsultasi kepada dokter jika ada indikasi kondisi tertentu.

Beberapa situasi yang dianjurkan untuk menghindari konsumsi durian, antara lain:

Wanita hamil yang kelebihan berat badan; Memiliki diabetes gestasional; Wanita hamil dengan riwayat keluarga diabetes; Ibu hamil berada pada trimester ketiga. Ibu pernah menderita diabetes gestasional pada kehamilan sebelumnya.

Untuk memastikan keamanannya, Anda harus berdiskusi secara khusus dengan dokter Anda untuk mengetahui apakah ibu hamil boleh makan durian, dan jika demikian, bagaimana suplemen yang sesuai.