Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bolehkah makan apel malam hari?

Bolehkah makan apel malam hari? Apel merupakan buah yang umum dikonsumsi oleh masyarakat dunia. Buah apel mengandung banyak vitamin yang bermanfaat untuk tubuh. Namun apakah apel boleh di makan pada malam hari?

Bolehkah makan apel malam hari?

Apakah boleh makan apel pada malam hari? Jawabannya adalah boleh saja makan apel pada malam hari, dan bisa jadi ini adalah kebiasaan yang bisa bermanfaat untuk tubuh.

Apel merupakan salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia karena mudah di dapat. Apel mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk vitamin A, vitamin C, folat, kalium, serat, fosfor, karbohidrat, zat besi dan kalsium. Para ahli mengatakan bahwa makan apel setiap hari baik untuk penyakit serius seperti asma, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) dan berbagai jenis kanker, serta untuk kondisi seperti sembelit dan penuaan dini pada kulit.

Manfaat Makan Apel Malam hari sebelum tidur

Jika Anda membuka pintu lemari es dan mengintip di malam hari saat mendekati waktu tidur, apel adalah salah satu pilihan terbaik untuk menekan perut yang keroncongan.

Makan apel kecil saat Anda mengalami rasa lapar akan memberi Anda rasa kenyang dan mencegah Anda beralih ke camilan yang tidak sehat atau makanan berat.

Selain itu, makan apel sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur. Namun, untuk memahami kebenaran klaim ini, ada baiknya untuk melihat efek beberapa nutrisi dalam apel pada tidur.

Meskipun makanan tinggi karbohidrat memiliki reputasi buruk, beberapa penelitian ilmiah menunjukkan bahwa makanan tersebut membuat Anda lebih mudah tertidur.

Menurut penelitian di atas yang dilakukan pada tahun 2013, mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sebelum tidur meningkatkan kadar melatonin, yang membantu tertidur, dan triptofan, yang meningkatkan serotonin.

Bila penelitian ini dijadikan panduan, tidak salah jika dikatakan bahwa apel dengan karbohidrat membuat lebih mudah tertidur. Namun, penelitian lain tentang karbohidrat dan tidur telah menghasilkan hasil yang bertentangan. Dengan kata lain, tidak mungkin membicarakan efek karbohidrat pada tidur dengan pasti.

Untuk segera tertidur , konsumsi makanan seperti buah ara, susu, buttermilk, oatmeal, almond, pistachio, daging kalkun, ceri, cokelat hitam, dan melon-semangka dalam jumlah sedang, setidaknya beberapa jam sebelum tidur. Juga, jauhi minuman berkafein dan jaga suhu kamar Anda antara 15 dan 19 derajat Celcius.

Manfaat Makan Apel Menjelang tidur

Ketika hari mulai gelap, Anda secara otomatis mulai memproduksi melatonin, bahkan jika Anda tidak menyadarinya. Ini akan membuat tubuh Anda rileks dan membuat Anda mengantuk. Melatonin juga dapat diperoleh melalui makanan dari sumber luar.

Apel merupakan salah satu buah yang mengandung jumlah melatonin yang berbeda-beda tergantung jenisnya. Tetapi kenyataannya adalah bahkan apel fuji, yang mengandung paling banyak melatonin, hanya memiliki 0,0106 mg melatonin per 100 gram. Tentu saja, ini adalah jumlah yang sangat rendah dan tidak cukup untuk benar-benar membuat Anda mengantuk.

Vitamin C yang dikandung apel merupakan antioksidan dan sekutu terpenting kita, memerangi radikal bebas yang menyebabkan kerusakan dalam tubuh. Rendahnya tingkat vitamin C telah dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan, termasuk peradangan, stres oksidatif, sindrom kaki gelisah dan gangguan tidur.

Dikenal karena kandungan vitamin C-nya, apel dapat membantu mengatasi gangguan tidur dan fungsi kognitif yang lebih baik. Namun, meskipun apel merupakan sumber vitamin C yang baik, apel bukanlah satu-satunya pilihan Anda. Misalnya, minum segelas air dengan lemon sebelum tidur dapat memberikan keuntungan yang sama.

Apel juga mengandung kalium yang baik untuk tubuh. Kalium adalah elektrolit penting yang membuat sel-sel kita bekerja dengan baik.

Kita tidak dapat memproduksi kalium sendiri, jadi mendapatkannya dari makanan sangat penting. Ketika keseimbangan potasium Anda terganggu, dua hal yang pertama terjadi: kejang otot dan ketidakteraturan jantung.

Kadar kalium yang rendah dapat menyebabkan jantung berdebar-debar dan pusing, serta kejang otot yang mengganggu tidur Anda dan mengganggu Anda di malam hari. Keduanya bisa mengganggu tidur Anda di malam hari dan bisa berbahaya.

Apel merupakan buah yang mengandung potasium, namun sayangnya rasio ini belum cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda. Faktanya, jumlah potasium dalam pisang berukuran sedang sekitar 3 kali lebih banyak daripada dalam apel. Karena itu, makan pisang adalah pilihan yang lebih bijak ketika tujuannya adalah potasium.

Bolehkah makan apel malam hari? Boleh saja karena manfaat yang dikandung apel banyak sekali untuk kesehatan tubuh.

Apakah Makan Apel Malam Hari Bikin Ngantuk?

Apel adalah buah yang sangat bermanfaat, terutama bila dikonsumsi dengan kulitnya. Meskipun mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan tidur, jumlah ini tidak pada tingkat yang diharapkan. Jadi, makan apel sebelum tidur tidak akan langsung membuatmu mengantuk.

Di sisi lain, serat dalam apel membuat Anda kenyang lebih lama daripada makanan lain. Itu berarti Anda tidak akan bangun di tengah malam dengan perut keroncongan. Serat juga membantu sistem pencernaan Anda memecah makanan secara perlahan dan menyerap kandungan nutrisinya dengan lebih baik; Saat Anda tidur, pencernaan Anda relatif berhenti.

Jadi jika Anda akan mengemil sebelum tidur, membuat pilihan yang lebih baik seperti apel benar-benar dapat bermanfaat bagi tubuh Anda sepanjang malam.

Apakah Ada Bahaya Makan Apel Sebelum Tidur?

Ahli diet mengatakan bahwa kebiasaan makan harus dihentikan beberapa jam sebelum tidur. Makan dekat dengan waktu tidur menyebabkan peningkatan kadar kolesterol dan penambahan berat badan. Ini juga dapat berdampak negatif pada penanda hormonal yang terkait dengan diabetes, penyakit jantung, dan masalah kesehatan lainnya.

Tentu saja, semua ini berlaku untuk makanan pada basis makan, dan tidak diharapkan bahwa makan hanya satu apel kecil akan menimbulkan risiko ini.

Meskipun tidak terbukti secara ilmiah bahwa makan apel saat tidur memiliki kontribusi tambahan untuk tidur atau masalah lain, jelas tidak akan menyebabkan masalah serius yang akan berdampak negatif pada kesehatan Anda. Jadi Bolehkah makan apel malam hari? jika Anda ingin makan apel kecil sebelum tidur maka anda bisa memakannya dengan tenang, kecuali dokter anda mengatakan sebaliknya, selamat makan!