Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bolehkah makan gado gado saat hamil?

Bolehkah makan gado gado saat hamil? Gado gado memang nikmat sekali disantap pada saat lapar, apalagi pada saat musim hujan. Namun Bolehkah makan gado gado saat hamil?

Bolehkah makan gado gado saat hamil?

Bolehkah makan gado gado saat hamil? Jawabannya adalah boleh saja ibu hamil makan gado-gado karena gado-gado dibuat dari berbagai bahan yang termasuk sehat dan bisa dikonsumsi oleh ibu hamil.

Disarankan untuk membeli gado-gado pada penjual yang terpercaya yang menjaga kebersihan, atau jika kurang yakin lebih baik ibu hamil membuat gado-gado sendiri.

Gado gado merupakan salah satu makanan yang termasuk di dalam jenis makanan sehat karena kandungan sayur yang cukup melimpah.

Maka secara otomatis gado gado dapat dikonsumsi oleh ibu hamil tentunya. Sama halnya dengan jenis makanan lain bagi ibu hamil yang sebenarnya tidak sepenuhnya dilarang, meskipun diperbolekan untuk mengkonsumsi gado gado pada ibu hamil tetap saja ada beberapa hal yang perlu diperhaitkan dengan baik dan benar untuk menghindari dampak buruk yang masih bisa saja terjadi.

Makanan Terbaik Untuk Ibu Hamil

Selain memakan gado-gado, ibu hamil bisa mendapatkan asupan gizi terbaik selama kehamilan dengan mengonsumsi beragam makanan bermanafaat.

Berikut adalah 9 nutrisi penting yang tidak boleh Anda lewatkan dari makanan Anda!

1. Yogurt: Selama kehamilan, kebutuhan tubuh akan kalsium meningkat. Selain kaya akan kalsium, yogurt juga kaya akan bakteri probiotik karena difermentasi dan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh .

yogurt buatan sendiri

2. Sayuran Hijau Tua Sayuran berdaun hijau tua seperti kangkung dan lobak kaya akan kalsium, serat, vitamin A dan C. Sayuran hijau tua , yang mengandung antioksidan tingkat tinggi , juga kaya akan asam folat , yang membantu mengembangkan sistem saraf bayi yang disusui .

sayuran-panekuk

3. Telur Telur mengandung vitamin A, zat besi, dan protein tingkat tinggi . Karena kebutuhan protein meningkat selama kehamilan , asupan protein yang cukup juga akan mengurangi ngidam gula dalam tubuh.

telur

4. Ikan: Ikan berminyak seperti salmon, sarden, trout, dan herring kaya akan asam lemak omega-3 , yang penting untuk jaringan otak dan perkembangan otak . Namun , wanita hamil atau menyusui sebaiknya tidak mengonsumsi lebih dari dua porsi ikan rendah merkuri per minggu. Mereka juga harus menghindari mengkonsumsi ikan dengan lebih banyak daging merah ( tuna ), karena ikan dengan kandungan merkuri yang tinggi dapat membahayakan perkembangan sistem saraf bayi.

Resep Tusuk Ikan

5. Daging Domba: Domba merupakan sumber vitamin B12, zat besi dan seng . Seng sangat penting untuk perkembangan karena digunakan dalam sintesis DNA/RNA dan sintesis protein.

Resep Rebusan Daging Domba

6. Ubi Jalar Ubi jalar, yang sekarang sudah tersedia , kaya akan vitamin A dan vitamin E.

telur-ubi jalar

7. Alpukat: Kaya akan potasium, asam folat dan vitamin C , alpukat juga mengandung lutein, yang penting untuk kesehatan mata .

alpukat

8. Kacang-kacangan: Kacang-kacangan merupakan sumber protein, asam folat , dan vitamin C yang penting untuk vegetarian .

tumbuhan polong

9. Kacang: Berbagai jenis kacang penting dalam hal nutrisi yang berbeda. Misalnya , kenari mengandung asam lemak omega-3 tingkat tinggi , sedangkan almond mengandung kalsium dan hazelnut memiliki kandungan lemak yang tinggi .