Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu buah anggur?

Apa itu buah anggur? Kita pasti sudah tidak asing dengan nama buah anggur. Buah ini termasuk buah yang mahal di Indonesia namun bisa menjadi buah yang sangat murah di beberapa tempat.

Di beberapa wilayah seperti di Mediterania, buah anggur sangatlah murah harganya karena sangat mudah tumbuh dan berbuah di sana.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang apa itu buah anggur, apa saja manfaatnya, bagaimana buah anggur tumbuh dan beragam informasi seputar buah anggur.

Apa itu buah anggur?

Anggur adalah nama tumbuhan berbunga buah dari genus Vitis dari tumbuhan merambat berkayu gugur (dari famili Vine (Vitaceae).

Anggur adalah salah satu spesies buah tertua yang dibudidayakan di dunia. Pada masa romawi, buah anggur merupakan makanan yang biasa disantap dalam hidangan meja makan.

Anggur dapat dimakan segar sebagai anggur meja atau digunakan untuk membuat minuman anggur, selai, jus anggur, jeli, ekstrak biji anggur, kismis, cuka dan minyak biji anggur.

Anggur merupakan jenis buah non klimakterik yang biasanya tumbuh berkelompok.

Anggur adalah jenis buah yang tumbuh berkelompok 15 hingga 300 dan dapat berwarna merah tua, hitam, biru tua, kuning, hijau, oranye, dan merah muda.

Anggur “putih” sebenarnya berwarna hijau dan secara evolusi berasal dari anggur ungu. Mutasi pada dua gen pengatur anggur putih menghentikan produksi antosianin , yang memberi warna ungu pada anggur.

Antosianin dan bahan kimia pigmen lainnya dari keluarga besar polifenol anggur ungu bertanggung jawab atas berbagai rona ungu dalam anggur merah. Anggur umumnya berbentuk ellipsoid, menyerupai spheroid prolate .

Bagaimana Tanaman Buah Anggur Tumbuh?

Sebagian besar anggur yang ditanam di kebun anggur perlu ditanam di iklim kering. Sangat sulit untuk menanam anggur di iklim yang curah hujannya konstan atau udaranya sering lembap.

Apa itu buah anggur?
Apa itu buah anggur?

Ada varietas anggur yang tumbuh di tempat-tempat yang cuacanya sangat dingin, tetapi frekuensi preferensinya rendah.

Anggur merupakan salah satu tanaman merambat yang dikembangbiakkan dengan biji, teknik celup dan sambung pucuk.

Tanaman anggur bisa memberikan hasil buah anggur setidaknya 6 tahun setelah ditanam. Oleh karena itu, penting untuk mengikuti proses perawatan dengan hati-hati.

Teknik penanaman anggur yang paling efisien adalah dengan teknik okulasi. Dengan teknik okulasi, waktu untuk bisa memperoleh buah atau masa panen bisa lebih dipersingkat.

Penting sekali untuk memangkas kebun anggur saat berkebun tanaman anggur. Pemangkasan anggur sangat mempengaruhi produktivitas buah anggur.

Kualitas pemangkasan, jumlah daun, jumlah buah anggur, jumlah manik-manik pada cabang mempengaruhi setiap kualitas dalam hal perkembangan akar.

Pemangkasan dilakukan dua kali setahun. Ini disebut pemangkasan musim dingin dan pemangkasan musim panas .

Untuk mengembangbiakkan buah anggur kebun anggur, semua tahapan mulai dari irigasi, pemeliharaan tanah, pemupukan hingga pemangkasan harus dilakukan dengan hati-hati.

Buku, artikel, dan tesis yang sangat panjang dan terperinci telah disiapkan tentang budidaya kebun anggur. Ini tidak mudah, dan melakukan segala sesuatu dengan benar memastikan kesinambungan produk berkualitas tinggi.

Nilai gizi buah anggur

Satu cangkir (sekitar 150 gram) anggur merah atau hijau mengandung nutrisi berikut:

  • Kalori: 104
  • Karbohidrat : 24 gram (gram)
  • Protein : 1,09 g
  • Lemak: 0,24 g
  • Hidup: 1,4 g
  • Su: 121 g
  • Vitamin C : 4,8 mg (27% dari kebutuhan harian)
  • Vitamin K : 22 mikrogram (mcg) (28% dari kebutuhan harian)
  • Kalium : 288 mg (8% dari kebutuhan harian)
  • Kalsium : 15 mg
  • Besi: 0,54 mg
  • Tembaga: 10% dari kebutuhan harian
  • Mangan: 5% dari kebutuhan harian
  • Fosfor : 30 mg

Anggur juga mengandung antioksidan seperti lutein dan zeokanthin, serta vitamin A dan B. Kulit anggur hitam mengandung resveratrol , suatu fitokimia yang dikenal sebagai pelindung terhadap beberapa penyakit kronis .

Selain itu, flavonoid dalam anggur, yang mencegah pembentukan radikal bebas berbahaya dalam tubuh; Ada juga myricetin dan quercetin.

Apa Saja Manfaat Buah Anggur?

1. Sumber antioksidan yang kaya

Antioksidan adalah senyawa tanaman yang dapat memblokir radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif dan merusak sel. Mereka dapat menyebabkan beberapa penyakit kronis seperti stres oksidatif, diabetes, kanker, dan penyakit jantung.

Anggur adalah sumber antioksidan yang sangat kaya dengan lebih dari 1.600 senyawa tanaman bermanfaat yang dikandungnya. Konsentrasi antioksidan tertinggi terdapat pada kulit dan biji buah. Selain itu, ada lebih banyak antioksidan dalam anggur hitam daripada jenis anggur lainnya karena anthocyanin, yang memberi warna merah pada buahnya.

Karena antioksidan dalam anggur tidak hilang bahkan setelah fermentasi, anggur merah juga mengandung banyak antioksidan.

2. Anggur adalah pelindung terhadap kanker

Studi menunjukkan bahwa resveratrol, salah satu antioksidan yang terkandung dalam anggur, dapat mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel kanker dengan mengurangi peradangan dan melindungi terhadap kanker usus besar dan kanker payudara pada khususnya.

Resveratrol terkonsentrasi di kulit anggur hitam dan anggur merah. Namun, perlu mengkonsumsi anggur merah secara seimbang, konsumsi berlebihan menyebabkan peningkatan risiko kanker dengan efek sebaliknya.

Selain resveratrol, quercetin dan catechin, antosianin dalam buah anggur, juga memiliki efek perlindungan terhadap kanker.

3. Anggur mendukung kesehatan jantung

Satu cangkir (sekitar 150 gram) buah anggur, yang merupakan sumber potasium yang baik, mengandung 288 mg potasium, yang memenuhi 6% dari kebutuhan harian.

Mineral ini sangat penting untuk menjaga tingkat tekanan darah yang sehat. Kekurangan kalium menyebabkan peningkatan risiko tekanan darah tinggi , penyakit jantung, dan stroke.

Selain itu, quercetin dan resveratrol yang ditemukan dalam anggur hitam membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dengan menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

4. Menyeimbangkan gula darah dan melindungi dari diabetes

Meskipun anggur mengandung banyak gula, mereka memiliki indeks glikemik yang rendah (53 GI). Ini berarti tidak menaikkan gula darah dengan cepat.

Juga, senyawa yang ditemukan dalam anggur menurunkan kadar gula darah. Misalnya, resveratrol meningkatkan sensitivitas insulin , meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan glukosa dan menurunkan kadar gula darah.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa polifenol yang memberi warna pada anggur hitam dapat membantu mencegah diabetes tipe 2.

5. Penting untuk kesehatan mata

Lutein dan zeaxanthin dalam anggur merupakan antioksidan penting dalam menjaga kesehatan mata. Dengan menetralkan molekul tidak stabil yang dikenal sebagai radikal bebas, antioksidan ini dapat mencegah stres oksidatif yang merusak retina atau menyebabkan katarak.

Juga, penelitian menunjukkan bahwa resveratrol dapat melindungi terhadap degenerasi makula terkait usia, glaukoma, katarak, dan banyak masalah mata lainnya.

6. Mendukung memori

Sebuah studi 12 minggu terhadap 111 orang dewasa yang lebih tua menunjukkan bahwa mengonsumsi 250mg suplemen anggur setiap hari menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam perhatian, memori, dan keterampilan bahasa.

Selain itu, 1 gelas jus anggur sehari dapat meningkatkan kemampuan daya ingat. Dalam studi 4 minggu dengan tikus, diamati bahwa resveratrol meningkatkan pertumbuhan otak dan aliran darah, serta meningkatkan pembelajaran, memori dan suasana hati.

7. Manfaat buah anggur untuk kulit

Biji anggur kaya akan vitamin E. Vitamin E memberi nutrisi dan melembabkan kulit. Ini mencegah rambut rontok dengan meningkatkan aliran darah ke kulit kepala.

Selain itu, resveratrol yang terkandung dalam anggur digunakan secara topikal dalam pengobatan jerawat dengan benzoil peroksida.

8. Manfaat lain dari buah anggur

Ini mengandung mineral penting untuk kesehatan tulang seperti kalsium, magnesium, potasium, fosfor, mangan dan vitamin K.

Antioksidan dalam anggur membantu melindungi terhadap infeksi bakteri dan virus. Resveratrol dapat menunda penuaan dan memperpanjang umur.

Anggur bagus untuk mencegah penyakit kronis seperti diabetes, radang sendi dan penyakit autoimun dengan mengurangi peradangan.

Anggur juga baik untuk membantu mencegah sembelit dengan banyak air dan serat yang dikandungnya.