Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara membersihkan kulkas agar tidak bau

Cara membersihkan kulkas agar tidak bau, Kulkas atau lemari es adalah salah satu barang penting yang perlu ada di rumah agar kita bisa menyimpan makanan sehingga bisa tetap awet.

Meskipun makanan bisa awet dalam kulkas, namun terkadang kulkas bisa memunculkan bau yang tak sedap walaupun sudah sering dibersihkan.

Bau ini terkadang bisa mengganggu dan terasa sangat menyengat terutama ketika kita membuka kulkas. Lalu apakah ada cara jitu agar kulkas tidak bau? Bagaimana cara membersihkan kulkas yang benar agar tidak berbau?

Pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya secara tuntas agar kita bisa membersihkan kulkas dengan benar sehingga tidak mengeluarkan bau tak sedap.

Kenapa Kulkas Bisa Bau?

Cara membersihkan kulkas agar tidak bau
Cara membersihkan kulkas agar tidak bau

Meskipun kulkas termasuk barang yang bermanfaat untuk menyimpan makanan, namun kulkas juga bisa menjadi masalah besar dengan adanya bau tak sedap yang bisa muncul di dalamnya.

Bau tajam dan tidak sedap ini bisa semakin memburuk dari waktu ke waktu jika kita tidak mengatasi dan membersihkan kulkas kita. Beberapa informasi menyebutkan bahwa bau kulkas yang tak sedap itu bisa meresap ke semua bahan makanan.

Lalu kenapa kulkas bisa menjadi bau? Ada banyak penyebab kenapa kulkas bisa menjadi bau. Di antaranya adalah karena pemadaman listrik sehingga dingin dalam kulkas berkurang dan menyebabkan makanan tak terjaga suhunya.

Bisa juga bau busuk kulkas disebabkan makanan yang salah tempat atau sayuran dan buah-buahan yang lupa untuk memasknya sehingga membusuk.

Kulkas juga bisa berbau busuk karena jarang dibersihkan sehingga bakteri dan jamur bisa tumbuh di dalam kulkas yang bisa berbahaya bagi makanan.

Cara membersihkan kulkas agar tidak bau

Cara utama untuk membuat kulkas agar tidak bau adalah dengan membersihkannya secara rutin. Berikut ini adalah langkah dan cara untuk membersihkan kulkas dengan bersih agar tidak bau.

1. Kosongkan Isi Kulkas Semuanya

Matikan aliran listrik lalu keluarkan semua bahan yang ada di dalam kulkas. Mungkin anda harus menunggu beberapa waktu jika ingin membersihkan freezer sekaligus.

Kosongkanlah isi lemari es semuanya dan pilihlah bahan-bahan tersebut. Jika sekiranya ada yang telah kedaluarsa atau tak layak pakai maka segera buanglah.

Setelah itu usahakan untuk memberi wadah tertutup masing-masing dari barang makanan jika memungkinkan dengan plastik atau toples makanan agar makanan tetap terjaga dan tidak mengeluarkan bau yang bisa membuat bau busuk dalam kulkas nantinya.

2. Ambil Semua Peralatan Rak Dalam Kulkas

Setelah makanan dikeluarkan, copotlah rak-rak tempat makanan yang ada di dalam kulkas semuanya dan cuci serta bersihkan di tempat lain.

Bersihkan dengan sabun pembersih lalu keringkan atau bisa anda paparkan sinar matahari hingga kering.

3. Bersihkan dan Keringkan Kulkas

Setelah barang dan makanan dikeluarkan, lalu bersihkan kulkas dari noda-noda makanan yang mungkin tertumpah. Gunakan air hangat dengan spon dan kain untuk mengelap noda-noda yang menempel.

Tuangkan pembersih dapur seperti produk detergen khusus alat dapur lalu bersihkanlah semua area yang ada di dalam kulkas.

Bilas dengan air bersih dan pastikan kulkas benar-benar bersih dari kotoran, jamur atau tumpahan makanan. Jika sudah, tunggu kulkas hingga kering atau anda bisa mempercepat pengeringan dengan mengelapnya.

Tunggu hingga kulkas benar-benar kering. Jangan ditutup dulu jika belum kering karena hal ini bisa memicu munculnya jamur yang bisa membuat kulkas berbaru.

Jika anda yakin kulkas sudah benar-benar kering, maka masukkan kembali raknya kemudian tatalah makanan sesuai dengan tempatnya.

Cara Menghilangkan Bau Pada Kulkas

Meksipun sudah dibersihkan, beberapa jenis kulkas bisa saja tetap berbau walaupun terlihat bersih. Dalam hal ini, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau dengan tanpa membersihkan ulang.

Anda bisa mencoba beberapa bahan berikut yang bisa membuat kulkas tidak berbau:

1. Soda kue

Tuang soda kue ke dalam nampan besar dan letakkan di lemari. Tunggu sampai baunya hilang.

2. Oat

Oat juga dapat digunakan dengan cara yang sama dengan baking powder. Masukkan oat ke dalam mangkuk besar dan simpan di lemari es agar efeknya lebih cepat terlihat.

3. Kopi bubuk

Anda dapat memasukkan kopi bubuk ke dalam satu atau beberapa wadah dan meletakkannya di berbagai tingkat lemari es.

Menjaga Agar Kulas Tetap bersih dan Tidak Berbau

Cara agar kulkas tidak berbau adalah dengan menjaganya supaya tetap bersih. Karena meskipun kita membersihkan kulkas, tetapi kita tidak menjaga kebersihan dalam menggunakan kulkas, maka kulkas pun akan tetap bisa berbau.

Berikut ini adalah beberapa caranya:

1. Masukkan Makanan Yang Masih segar

Hindari memasukkan makanan yang hampir tidak layak dimasak di dalam kulkas. Hal ini karena jika anda lupa memasaknya maka bau yang muncul dari makanan itu bisa membuat kulkas anda berbau.

Meskipun kulkas bisa menjaga makanan tetap segar namun jika diisi makanan yang sudah hampir busuk tetap saja makanan itu tak akan bertahan lama.

2. Taruh Makanan Sesuai Tempatnya

Menempatkan makanan yang bisa cepat membusuk seperti sayuran yang mudah rusak di laci bawah meningkatkan risiko terlupakan.

Jadi letakkanlah makanan yang berumur singkat itu di bagian yang lebih terlihat seperti rak atas. Jika Anda menggunakan wadah penyimpanan kedap udara, makanan akan sulit rusak atau memiliki efek yang mempercepat kerusakan satu sama lain.

3. Taruh Makanan Sesuai Dengan wadahnya

Beberapa makanan bagus disimpan dalam wadah toples kedap udara. Dengan menggunakan wadah kedap udara ini maka bau makanan bisa dicegah dan tidak sampai mempengaruhi kulkas.

Inti dari mengatasi kulkas agar tak berbau adalah dengan menjaga kebersihan kulkas. Jadi berhati-hati mengambil makanan dari kulkas agar tidak tumpah adalah pilihan terbaik untuk menjaga kebersihan kulkas.