Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa mobil bergetar?

Kenapa mobil bergetar? Mobil anda tiba-tiba bergetar dan terasa tidak nyaman? Anda perlu menyelidiki kenapa mobil bergetar dan apa saja kemungina penyebanya.

Kenapa mobil bergetar?

Mari kita lihat beberapa kemungkinan penyebab getaran.

Masalah roda dan ban

Penyebab paling umum dari getaran adalah masalah dengan roda atau ban Anda. Masalah potensial termasuk keseimbangan roda dan ban yang tidak tepat, keausan ban yang tidak merata, tapak ban yang terpisah, ban yang tidak bulat, roda yang rusak dan bahkan mur roda yang kendor.

Banyak dari masalah ini dapat dihindari dengan pemeriksaan mobil rutin, seperti pemeriksaan visual pada roda dan ban, pemeriksaan dan penyetelan tekanan ban, dan pemeriksaan kekencangan mur roda. Jadwal perawatan rutin Anda harus mencakup menjaga tekanan ban yang tepat, memutar ban dan menyeimbangkan roda. Penyelarasan roda juga harus dilakukan pada interval yang tepat.

Tutup ban, khususnya tapak ban, dengan mekanik yang memeriksanya

Bagian dan sambungan suspensi yang aus

Kelonggaran pada suspensi atau komponen sistem kemudi dapat menyebabkan roda kemudi Anda goyang. Sambungan bola atau ujung tie rod yang terlalu aus membuat tidak mungkin menyejajarkan kendaraan Anda dengan benar. Bawa kendaraan Anda ke montir dan minta mereka memeriksa sambungan bola dan komponen lainnya untuk membantu mengidentifikasi apa yang menyebabkan roda kemudi Anda bergetar.

Sebuah mobil diangkat di toko. Mekanik bekerja pada suspensi kendaraan di bawah kendaraan

Mesin dan transmisi

Jika getaran terjadi saat Anda mengemudi dan berlanjut saat mobil berhenti dengan mesin menyala atau jika ada suara bising saat mobil bergetar, fokus pemecahan masalah menjadi mesin dan transmisi.

Mesin atau dudukan transmisi yang rusak atau longgar mungkin menjadi penyebabnya atau bahkan kipas radiator yang rusak. Kipas yang rusak biasanya akan tidak seimbang dan menimbulkan getaran yang nyata saat berputar. Namun, sebagian besar mobil memiliki kipas radiator yang dioperasikan secara elektrik yang hanya beroperasi ketika suhu cairan pendingin melebihi tingkat tertentu.

Jika getaran Anda sporadis dan hanya terjadi saat mesin dipanaskan, kipas mungkin menjadi penyebabnya, tetapi ini akan sangat jarang terjadi.

Mekanik bekerja pada transmisi mesin

Rotor rem rusak atau aus

Jika Anda merasakan getaran pada roda kemudi dan pedal rem, ini mungkin merupakan indikasi bahwa Anda memiliki masalah pada rotor rem. Jika rotor memiliki variasi run-out atau ketebalan yang berlebihan, kaliper rem dapat bergetar saat Anda menginjak rem. Anda bahkan mungkin merasakan roda kemudi dan pedal rem bergoyang Bawa kendaraan Anda ke mekanik tepercaya Anda dan minta mereka memeriksa rotor rem Anda serta seluruh sistem rem Anda untuk memastikan keselamatan dan pengoperasian kendaraan Anda dengan benar.

Apa yang harus dilakukan ketika mobil bergetar?

Setelah Anda memiliki pegangan di mana masalah getaran Anda berasal, mungkin sudah waktunya untuk membawanya ke mekanik tepercaya Anda untuk melihatnya. Dengan keahlian mereka, mereka akan menyelesaikan masalah dalam waktu singkat.