Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa mobil listrik mahal?

Kenapa mobil listrik mahal? Masa depan adalah serba listrik, begitu kata orang-orang. Tetapi bagi sebagian besar orang, mobil listrik harganya dinilai sangat mahal.

Dalam artikel ini, kita melihat mengapa mobil listrik tetap lebih mahal untuk dibeli atau disewa daripada mobil bensin dan diesel, berapa banyak lagi yang bisa Anda harapkan untuk membayarnya, dan di mana Anda bisa menghemat.

Kenapa mobil listrik mahal?

Kenapa mobil listrik mahal?
Kenapa mobil listrik mahal?

Mengapa mobil listrik lebih mahal daripada mobil bensin atau solar? Mobil listrik umumnya memiliki harga eceran yang direkomendasikan lebih tinggi daripada mobil bensin atau diesel karena beberahapa hal. Di antarnya adalah:

1. Mobil listrik biasanya diproduksi dalam jumlah yang lebih kecil

2. Mobil listrik menggunakan baterai yang terbuat dari bahan mahal.

Meskipun harga belinya mahal, mobil listrik bisa menjadi lebih murah selama masa pakainya karena pengurangan bahan bakar dan biaya perawatan.

Jika Anda seorang pemilik bisnis, Anda juga dapat menghemat pajak mobil listrik perusahaan, dan dalam keadaan tertentu, Anda dapat mengklaim kembali PPN untuk mobil listrik.

Apakah biaya perawatan mobil listrik lebih mahal?

Mobil listrik umumnya memiliki biaya penggunaan lebih murah untuk diservis dan dirawat daripada model bensin dan diesel yang setara, terutama karena mereka memiliki lebih sedikit bagian yang bergerak dan suku cadang yang perlu diganti karena keausan.

Misalnya, sementara drivetrain ICE dapat memiliki lebih dari 200 bagian yang bergerak, drivetrain Tesla Model 3 hanya memiliki 17 bagian yang bergerak .

Mobil listrik tidak memerlukan penggantian oli dan tidak memiliki cambelt atau barang lain yang cukup mahal untuk diganti.

Anda juga dapat memperpanjang umur kampas rem/cakram dengan menggunakan pengereman regeneratif . Ini menggunakan motor Anda sebagai generator, mengubah energi kinetik menjadi energi listrik daripada membuang energi panas (dihasilkan oleh rem gesekan) yang pada akhirnya menurunkan bantalan rem Anda.

Banyak EV, seperti Nissan Leaf , secara aktif mendorong ‘mengemudi satu pedal’, di mana pengereman regen sebagian besar digunakan untuk memperlambat mobil.

Servis umumnya akan fokus untuk memastikan baterai dan drivetrain listrik berfungsi sebagaimana mestinya. Seringkali, kabel pengisian daya diperiksa untuk kerusakan, sobek, dan kinerja, dan baterai diperiksa untuk ‘Keadaan Kesehatannya’ (jumlah daya yang dapat ditampung baterai sekarang, dibandingkan saat masih baru).

Tentu saja, jika Anda baru saja membeli Tesla Model S Plaid dan Anda ingin menunjukkan waktu akselerasi di bawah 2 detik, Anda mungkin dapat mengharapkan untuk mengganti ban lebih sering daripada di ICE.

Mobil listrik juga jauh lebih berat, yang dapat mempercepat laju degradasi ban, terutama karena pabrikan Mobil listrik beralih ke ban yang lebih sempit untuk menempuh jarak lebih jauh seperti yang telah kita lihat di BMW i3 .

Apakah biaya operasional mobil listrik lebih mahal?

Meskipun biaya pembelian mobil listrik tetap tinggi, banyak yang terkejut dengan betapa kecilnya biaya untuk mengisi mobil listrik .

Biaya akan bervariasi tergantung pada jenis dan kecepatan pengisi daya Mobil listrik yang Anda gunakan, perusahaan pengisian daya mobil listrik yang Anda gunakan, dan apakah Anda berlangganan ke penyedia layanan pengisian daya atau tidak.

Namun, jika Anda memiliki jalan masuk atau tempat parkir sendiri, maka pengisian daya mobil listrik di rumah dengan smart wallbox khusus dapat menghemat banyak uang. Anda akan dikenakan biaya sesuai dengan tarif listrik standar pemasok Anda. Pada tahun 2021, itu sekitar 18,9p/kWh.

Dengan memasang smart wallbox, Anda juga dapat memanfaatkan harga variabel sepanjang hari dengan tarif Mobil listrik khusus.

Kotak dinding pintar dan kabel pengisi daya mode 3 akan memungkinkan mobil Anda untuk berkomunikasi secara efektif dengan pengisi daya rumah Anda sehingga mengetahui kapan mobil perlu diisi dan berapa biaya listrik pada saat itu. Ini berarti mobil Anda hanya akan dikenakan biaya ketika termurah untuk melakukannya.

Apakah asuransi mobil listrik lebih mahal?

Mereka mungkin lebih murah untuk dijalankan dan dirawat daripada mobil bensin atau diesel, tetapi mobil listrik tetap lebih mahal untuk diasuransikan . Ini sebagian besar disebabkan oleh RRP mereka yang lebih tinggi dan biaya penggantian baterai, serta fakta bahwa ada lebih sedikit data yang tersedia tentang kinerja Mobil listrik dari waktu ke waktu dibandingkan dengan ICE.

Karena tidak banyak Mobil listrik di jalan seperti mobil bensin atau diesel, suku cadang sering kali kurang tersedia, dan ada lebih sedikit mekanik spesialis yang tersedia untuk melakukan perbaikan.

Namun, hal ini kemungkinan akan berubah dalam waktu dekat, menyusul pengumuman Pemerintah Inggris bahwa akan ada larangan penjualan mobil bensin dan diesel baru mulai tahun 2030. Hal ini akan mendorong permintaan di pasar mobil listrik, menciptakan skala ekonomi dan menyebabkan harga turun, yang seharusnya membuat Mobil listrik lebih murah untuk diasuransikan.

Meskipun mobil listrik lebih mahal untuk diasuransikan daripada mobil bensin atau diesel, ada cara lain untuk memotong biaya asuransi mobil listrik untuk sementara. Ini termasuk:

Membayar di muka bukan bulanan
Meningkatkan kelebihan Anda
Berbelanja di sekitar daripada memperbarui otomatis asuransi Anda.

Kapan mobil listrik Bisa menjadi lebih murah?

Selama dekade terakhir, beberapa negara memberikan subsidi untuk mobil listrik untuk mendorong penyerapan Mobil listrik sementara harga pembelian tetap tinggi.

Secara bertahap, insentif ini dihilangkan – sebuah tanda bahwa kita mendekati titik ‘paritas harga’ yang sangat penting dengan mobil bensin dan diesel.

Namun, karena Pemerintah di seluruh dunia menetapkan target energi terbarukan, mereka juga harus mendapatkan bahan seperti litium, kobalt, dan berbagai elemen tanah jarang yang diperlukan untuk memungkinkan transisi hijau.

Dampak dari target energi bersih sudah terasa. Pada tahun 2021, harga lithium karbonat melonjak 500%, dan para ahli percaya bahwa harga akan naik lebih jauh lagi!

Karena alasan inilah kimia baterai EV baru yang tidak terlalu bergantung pada logam langka atau mahal mungkin menjadi kunci untuk EV yang lebih murah.

Kabar baiknya adalah, baterai mobil listrik masa depan sudah berjalan dengan baik, dengan para peneliti dan produsen sudah bereksperimen dengan lithium-sulfur, lithium iron phosphate (LFP), dan baterai natrium-ion sebagai cara untuk menghilangkan logam mahal seperti kobalt, nikel dan litium.

Itulah informasi tentang Kenapa mobil listrik mahal? Semoga bermanfaat.