Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa mobil tidak bisa starter?

Kenapa mobil tidak bisa starter? Ada banyak alasan mengapa mobil tidak bisa starter atau tidak mau hidup. Berikut adalah 5 alasan umum mengapa mobil Anda tidak mau hidup dan beberapa saran untuk memastikan mobil Anda tetap dalam kondisi prima!

Kenapa mobil tidak bisa starter?

1. Aki mati

Aki mati adalah penyebab utama dan termasuk penyebab paling umum mengapa mobil tidak mau hidup ketika distarter.

Aki adalah komponen penting yang digunakan mobil untuk memberikan daya listrik ke seluruh mobil dan komponen listrik yang lain, seperti lampu, radio, dll.

Saat kendaraan berjalan, alternator mengisi aki. Jika aki tidak terisi cukup, Anda tidak akan dapat menghidupkan mobil atau menggunakan komponen listrik apa pun.

Aki Anda dapat mati karena berbagai alasan:

Lampu depan atau lampu utama mobil Anda dibiarkan menyala semalaman atau terlalu lama

Anda memiliki kabel yang longgar

Air di dalam komponen menguap, menyebabkan konduktivitas yang buruk

Masa pakai aki telah kedaluwarsa

Beberapa gejala umum meliputi:

Tidak ada komponen listrik yang berfungsi (misalnya lampu, radio, dll.).

Salah satu cara Anda dapat menguji untuk melihat apakah aki bermasalah dengan memulai mobil Anda.

Jika jump start berfungsi, kemungkinan besar Anda berurusan dengan aki yang sekarat atau alternator yang hanya mengalami masalah saat mengisi ulang aki. Pertimbangkan untuk mengganti aki atau alternator, membersihkan sambungan, atau meminta teknisi melakukan servis untuk Anda.

2. Saklar pengapian rusak

Jika Anda tahu bahwa aki mobil Anda berfungsi dengan baik, tetapi mobil Anda tidak mau berputar pada beberapa percobaan pertama, Anda mungkin memiliki masalah dengan kunci kontak. Anda dapat mencoba mempersempit penyebab masalah Anda dengan menyalakan lampu depan. Ini karena aki mobil Anda mengontrol lampu depan dan dasbor Anda, dan jika mesin Anda tidak dapat dihidupkan, maka kemungkinan besar adalah sakelar pengapian yang buruk.

3. Starter rusak

Starter yang rusak adalah alasan umum lain mobil Anda tidak mau hidup. Starter adalah motor listrik yang dihubungkan dengan aki. Perannya adalah untuk mengatur mesin (yaitu piston, poros engkol, dll.) agar bergerak saat Anda menghidupkan kunci kontak. Setelah mesin hidup dan bergerak, pekerjaan starter selesai.

Jika starter rusak, mesin tidak akan bekerja dengan benar atau mungkin tidak bereaksi sama sekali saat Anda menghidupkan kunci kontak.

Jika Anda mendengar bunyi klik saat Anda mencoba menghidupkan kendaraan Anda, starter yang rusak atau lemah bisa menjadi penyebab mobil Anda tidak bisa distarter. Ini sangat mirip dengan contoh sakelar pengapian yang buruk yang tercantum sebelumnya.

Beberapa gejala umum meliputi:

Mobil tidak hidup saat memutar kunci kontak.
Mendengar bunyi klik yang keras saat memutar kunci kontak, tetapi mesin tidak mau hidup.
Sangat bising ketika mencoba menyalakan mobil Anda.

4. Filter bahan bakar tersumbat

Jika filter bahan bakar Anda tersumbat, bensin tidak akan bisa mencapai mesin. Hal ini membuat mobil Anda sulit untuk membakar bahan bakar yang dibutuhkan untuk melaju. Filter bahan bakar harus diganti setiap 15.000 hingga 20.000 kilometer, jadi pertimbangkan untuk mengganti filter bahan bakar saat mobil Anda diservis.

5. Tangki bensin kosong

Anda mungkin merasa agak konyol jika ini adalah alasan mengapa mobil Anda tidak bisa dihidupkan, tetapi hal itu terjadi lebih sering daripada yang Anda kira! Saat berkendara sepanjang waktu, terkadang mudah lupa bahwa tangki bensin Anda perlu diisi ulang. Solusinya di sini sederhana… dapatkan lebih banyak bensin!