Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa mobil tiba tiba mati?

Kenapa mobil tiba tiba mati? Biasanya, ketika mobil Anda mulai tergagap dan kemudian mati perlahan, itu karena kehilangan tekanan bahan bakar. Alasan paling umum adalah kehabisan bensin.

Namun, jika Anda memiliki tangki bahan bakar penuh, dan mobil Anda masih mati, maka ada lebih dari sekadar kekurangan bensin.

Anda mungkin memiliki filter yang tersumbat atau pompa bahan bakar yang buruk, misalnya. Kedua masalah ini mencegah mesin Anda mendapatkan bahan bakar yang cukup. Tanpa bahan bakar yang tepat, mesin Anda akan mati.

Sedangkan untuk mesin yang tiba-tiba mati, biasanya karena masalah daya listrik. Dan itu bisa terjadi karena banyak alasan.

Busi Anda mungkin sudah tua atau rusak, atau tidak mendapatkan daya apa pun. Kumparan yang buruk di suatu tempat juga dapat menyebabkan ini, serta kehilangan sinyal listrik Anda. Bahkan baterai yang buruk, timing belt yang aus, atau katup EGR Anda bisa menjadi masalah.

Kenapa mobil tiba tiba mati?

Berikut adalah beberapa alasan lain mengapa mobil Anda terus mati.

1. Fuel Injector Kotor – Jika kendaraan Anda memiliki sistem injeksi bahan bakar, injector akan menjadi kotor. Ketika itu terjadi, performa kendaraan Anda akan terpengaruh, termasuk kemampuannya untuk idle dengan benar. Terkadang yang diperlukan hanyalah menggunakan pembersih injektor bahan bakar dan menambahkannya ke gas.

2. Penyetelan Idle – jika katup kontrol udara idle (IAC) Anda tidak disetel dengan benar, dapat menyebabkan mesin Anda mati atau tersendat. Katup ini mengontrol aliran udara, yang mengatur kecepatan RPM selama idle. Jadi, mungkin perlu penyesuaian.

3. Catalytic Converter – beberapa sistem pembuangan menyertakan catalytic converter, yang membantu menghilangkan polutan beracun dari emisi. Kendaraan Anda dapat berhenti ketika catalytic converter tersumbat.

4. Filter Bahan Bakar Terblokir – filter bahan bakar Anda tersumbat dari waktu ke waktu akibat penumpukan sampah dari gas. Ketika penyumbatan menjadi buruk, itu mencegah udara mengalir melaluinya dengan benar. Mengubah filter udara Anda kemungkinan akan memperbaiki masalah.

5. Sensor Rusak – yang terakhir, ini bisa menjadi sensor yang buruk. Jika Anda melihat lampu “periksa mesin”, salah satu sensor Anda mungkin rusak, seperti sensor aliran udara massal, yang mengukur udara yang masuk ke mesin dan menyesuaikan kecepatan idle. Jika mati, mesin Anda bisa mati.