Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tafsir Mimpi Jatuh Dari Tempat Tinggi Menurut Islam

Tafsir Mimpi Jatuh Dari Tempat Tinggi Menurut Islam, Di dalam agama Islam, mimpi yang dialami oleh seorang muslim bisa saja merupakan mimpi biasa, mimpi karena godaan syetan dan bisa pula mimpi yang memiliki makna tertentu.

Mimpi yang berisi sebuah isyarat atau petunjuk ini bisa memiliki arti tertentu, serta perlu untuk ditafsirkan dengan panduan tafsir mimpi yang telah digagas oleh para ulama Islam.

Salah satu mimpi yang banyak dialami oleh orang-orang adalah tentang jatuh dari tempat yang tinggi dalam mimpi. Adakalanya seseorang merasa terbang dan terjatuh atau pun tiba-tiba dirinya terjatuh dari tempat yang tinggi dalam mimpinya.

Tafsir Mimpi Jatuh Dalam Islam

Cukup banyak orang yang pernah mengalami mimpi bahwa dirinya seperti terjatuh dari suatu tempat dalam tidurnya. Adakalanya mimpi itu terkadang seseorang jatuh dari tempat tidur namun juga terkadang dari tempat tinggi.

Setelah bangun itu biasanya ada efek kaget sehingga seringkali membuat seseorang yang bermimpi jatuh menjadi gelisah. Kali ini kita akan membahas tentang arti mimpi jatuh dalam Islam berdasarkan penafsirang para ahli mimpi.

Tafsir Mimpi Jatuh Dari Tempat Tinggi Dalam Islam

Tafsir Mimpi Jatuh Dari Tempat Tinggi Menurut Islam
Tafsir Mimpi Jatuh Dari Tempat Tinggi Menurut Islam image unsplash

Berikut ini adalah beberapa informasi tentang Tafsir Mimpi Jatuh Dari Tempat Tinggi Menurut Islam yang berhasil kami rangkum berdasarkan beragam sumber:

1. Menurut Tafsir Mimpi Ihya

Jika dalam mimpinya seseorang melihat bahwa dirinya seperti terjatuh dari tempat yang tinggi menuju tempat yang kurang baik atau seperti pada lingkungan yang sunyi, maka hal itu bisa berarti tanda bahwa kondisi seseorang akan berubah dari yang baik menjadi sesuatu yang buruk.

Jika seseorang dalam mimpinya melihat bahwa ia jatuh dari suatu tempat menuju tempat yang terlihat hijau, basah dan indah maka itu bisa berarti bahwa seseorang akan keluar dari suatu kondisi yang kurang baik atau bermasalah menuju kondisi yang lebih baik.

Jika sesseorang melihat dalam mimpi bahwa ia jatuh dari tempat tinggi, dan  jika ada bagian yang terluka atau rusak pada dirinya sendiri, temannya, atau barang miliknya dalam mimpi, maka hal ini bisa mendandakan bahwa seseorang sedang menghadapi sesuatu yang kurang disukai dalam hidupnya.

2. Tafsir Mimpi Jatuh Dari Tempat Tinggi Menurut Lembaga Kegamaan Turki

Jika seseorang dalam mimpi melihat musuhnya jatuh dari tempat yang tinggi seperti gunung atau bangunan, maka hal itu pertanda bahwa orang yang mimpi di kehidupan nyata akan bisa mendapatkan apa yang ia inginkan.

Jika dirinya mimpi ia jatuh ke tanah karena sebuah pukulan, maka itu bisa bertanda ia akan mengalami hal yang sulit. Jika ia mimpi dirinya terpeleset dan jatuh atau tergelincir dan jatuh maka itu bisa berarti bencana.

Menurut tafsir Kirmani, jika seseorang melihat dirinya jatuh seperti bersujud dalam mimpinya dan ia tidak berniat untuk bersujud maka itu bisa menjadi pertanda adanya hal yang tidak disenangi.

2. Tafsir Mimpi Jatuh Dari Tempat Tinggi Menurut Nablusi

Siapapun yang melihat dirinya jatuh dari tempat tinggi dalam mimpinya maka itu bisa berarti bahwa dalam kehidupan nyata, ia akan jatuh atau terperosok dari situasi yang baik menuju situasi yang buruk.

Namun tafsir lain menyebutkan bahwa jatuh dari tempat yang tinggi dalam Islam bisa berarti dua hal, yaitu hal yang baik atau pun juga bisa jadi isyarat adanya hal buruk.

Jika tempat jatuhnya orang yang mimpi itu adalah tempat dengan tanaman hijau, rerumputan yang indah atah ia jatuh menuju kumpulan orang-orang salih, maka itu adalah pertanda baik.

Adapun jika tempat ia jatuh adalah tempat yang buruk seperti reruntuhan atau jatuh di tempat adanya hewan pemangsa yang berbahaya maka mimpi itu bisa menjadi pertanda buruk.

BACA JUGA: Siapakah Ibnu Taimiyyah Itu? Biografi Ibnu Taimiyyah

Terkadang mimpi jatuh dari tempat yang tinggi ini juga bisa menandakan adanya kekikiran dari orang yang bermimpi itu.

Siapapun yang jatuh dari atap dan melihat tangan atau kakinya patah, maka itu bisa berarti bahwa jiwa, harta benda dan temannya akan terkena masalah. Atau dia akan melakukan sesuatu yang dianggap buruk.

Tafsir Jatuh Dari Tempat Tinggi Menurut Sayyid Sulaiman

Seseorang  yang melihat Musuh jatuh menimpanya dalam mimpinya itu artinya dia akan mendapatkan kemenangan melawan musuhnya itu.

Seseorang yang jatuh dari tempat yang tinggi seperti gunung dan tembok itu artinya ia belum mendapatkan keberhasilan.

Orang yang bermimpi dirinya jatuh karena pukulan maka ia akan menderita kesulitan dan tertimpa kemalangan. Seseorang yang melihat dirinya terpeleset dan jatuh dalam mimpinya maka itu adalah pertanda adanya sebuah bencana.

Seorang ulama ahli tafsir mimpi, Kirmani berkata: Jika seseorang melihat dirinya jatuh tertelungkup; (Jika dia tidak berniat sujud) maka artinya itu menandakan adanya hal yang tidak baik.

Seseorang yang bermimpi ia melihat bahwa dia jatuh dari atap, tembok, pohon, gunung dan tempat serupa maka itu bisa berarti bahwa dia tidak bisa mencapai keinginannya.

Melihat bahwa seseorang yang tidak kuat dalam agama jatuh dalam mimpinya; Itu menandakan pengabdian pada dosa, hasutan, dan perbuatan buruk.

Siapapun yang melihat bahwa ia jatuh ke masjid, taman dan tempat serupa yang biasanya untuk melakukan perbuatan baik, maka itu bisa berarti bahwa dia meninggalkan dosa dan kemaksiatan. Wallahua’lam.