Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Anemia? Apa Saja Jenis Anemia? Bagaimana Cara Mengobatinya?

Apa itu anemia, Mungkin pembaca pernah mendengar istilah anemia. Penyakit anemia adalah penyakit yang umum diderita oleh siapapun dan mungkin juga orang-orang di sekitar anda, bahkan anda sendiri.

Anemia adalah suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen yang cukup ke organ dan jaringan.

Anemia terjadi ketika jumlah sel darah merah dalam sirkulasi berkurang. Biasanya terjadi ketika kemampuan tubuh untuk memproduksi sel darah merah yang sehat dipengaruhi oleh penyakit lain, atau ketika kerusakan atau kehilangan sel darah merah meningkat secara tidak normal.

Anemia mempengaruhi sekitar 24,8% dari populasi dunia. Anak-anak prasekolah paling berisiko dan diperkirakan anemia berkembang pada kelompok usia ini pada tingkat 47% di seluruh dunia.

Apa itu anemia?

Anemia adalah suatu kondisi yang terjadi ketika tidak ada cukup sel darah merah atau hemoglobin yang sehat dalam darah. Hemoglobin adalah molekul dalam sel darah merah yang bertanggung jawab untuk mengangkut oksigen.

Gejala anemia terjadi ketika ada terlalu sedikit atau sel darah merah abnormal dalam tubuh, atau jika hemoglobin abnormal atau memiliki jumlah yang rendah.

Gejala anemia seperti kelelahan dan kelemahan berkembang sebagai akibat dari kekurangan oksigen yang dikirim ke jaringan tubuh.

Apa Saja Penyebab anemia?

Tubuh membutuhkan sel darah merah untuk bertahan hidup. Sel darah merah mengandung hemoglobin, protein kompleks yang mengandung molekul besi.

Apa itu Anemia? Apa Saja Jenis Anemia? Bagaimana Cara Mengobatinya?
Apa itu Anemia? Apa Saja Jenis Anemia? Bagaimana Cara Mengobatinya?

Molekul hemoglobin membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Anemia terjadi ketika tidak ada cukup sel darah merah dalam darah. Penyakit dan kondisi tertentu dapat menyebabkan penurunan jumlah sel darah merah.

Ada banyak jenis anemia dan tidak ada penyebab tunggal. Menentukan penyebab pastinya terkadang sulit. Lalu apa penyebab anemia? Penyebab anemia dapat didaftar sebagai berikut:

1. Ketidakmampuan untuk memproduksi sel darah merah yang cukup dalam tubuh
2. Peningkatan kehilangan sel darah merah karena pendarahan
3. Penghancuran sel darah merah dalam tubuh dalam waktu yang lebih singkat dari biasanya

Jenis-jenis Anemia

Berbagai jenis anemia memiliki jenis dan penyebab yang berbeda. Beberapa penyebab yang berhubungan dengan jenis anemia antara lain:

1. Anemia defisiensi besi

Apa itu anemia defisiensi besi? Anemia defisiensi besi adalah salah satu jenis anemia yang terjadi akibat tubuh kekurangan zat besi (sumber).

Anemia defisiensi besi adalah jenis anemia yang paling umum. Anemia defisiensi besi disebabkan oleh kekurangan zat besi dalam tubuh. Sumsum tulang membutuhkan zat besi untuk membuat hemoglobin yang dibutuhkan sel darah merah.

Tanpa zat besi yang cukup, hemoglobin yang dibutuhkan untuk produksi sel darah merah tidak dapat diproduksi.

Jenis anemia ini banyak terjadi pada ibu hamil yang tidak mengonsumsi suplemen zat besi. Juga, perdarahan menstruasi yang berat, sakit maag, dan kanker dapat menyebabkan anemia defisiensi besi.

2. Anemia karena kekurangan vitamin

Selain zat besi, tubuh membutuhkan folat dan vitamin B12 untuk memproduksi sel darah merah yang cukup sehat. Diet yang kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan penurunan produksi sel darah merah.

Juga, beberapa orang yang mendapatkan cukup B12 mengalami kesulitan menyerap vitamin dalam usus. Malabsorpsi ini dapat menyebabkan anemia defisiensi vitamin B12, juga dikenal sebagai anemia pernisiosa.

3. Anemia penyakit kronis

Beberapa penyakit inflamasi seperti kanker, HIV/AIDS, rheumatoid arthritis, penyakit ginjal, penyakit crohn dapat menghambat produksi sel darah merah.

4. Anemia aplastik

Anemia aplastik adalah jenis anemia yang jarang tetapi mengancam jiwa. Ini terjadi ketika tubuh tidak menghasilkan cukup sel darah merah.

Penyebab anemia aplastik termasuk infeksi, obat-obatan tertentu, penyakit autoimun, dan paparan bahan kimia beracun.

5. Anemia karena penyakit sumsum tulang

Berbagai penyakit seperti leukemia dan myelofibrosis dapat menyebabkan anemia dengan mempengaruhi pembentukan sel darah di sumsum tulang.

Efek dari jenis kanker dan gangguan mirip kanker ini bisa ringan atau mengancam jiwa.

6. Anemia hemolitik

Apa itu anemia hemolitik? Anemia hemolitik adalah anemia yang terjadi ketika pemecahan sel darah merah lebih cepat daripada produksinya.

Beberapa kelainan darah meningkatkan penghancuran sel darah merah. Anemia hemolitik dapat diturunkan dari orang tua atau mungkin muncul kemudian.

7. Anemia sel sabit

Apa itu Anemia sel sabit? Anemia sel sabit adalah jenis anemia hemolitik yang diturunkan. Ini disebabkan oleh bentuk hemoglobin yang salah yang menghasilkan bentuk sabit yang tidak normal dari sel darah merah.

Sel-sel darah yang berbentuk tidak normal ini mati sebelum waktunya. Hal ini menyebabkan kekurangan kronis sel darah merah.

8. Anemia karena keracunan timbal kronis

Apa itu Anemia karena keracunan timbal kronis? Anemia ini adalah anemia yang muncul akibat keracunan timbal kronis.

Keracunan timbal adalah kondisi ketika seseorang mengalami pengendapan timbal di dalam tubuh. Timbal itu sendiri merupakan unsur kimia berbentuk logam yang sangat beracun bagi tubuh.

Racun timbal dapat merusak fungsi organ dan sistem tubuh manusia, terutama anak-anak.

Apa saja gejala anemia?

Gejala anemia bervariasi tergantung pada jenis dan tingkat keparahan anemia dan masalah kesehatan yang mendasarinya seperti pendarahan, sakit maag, masalah menstruasi atau kanker.

Tanda-tanda spesifik dari masalah mendasar seringkali dapat diperhatikan sebelum gejala yang berhubungan dengan anemia.

Tubuh juga memiliki kemampuan luar biasa untuk mengkompensasi gejala awal anemia. Jika anemia ringan atau berkembang perlahan dalam jangka waktu yang lama, tidak ada gejala yang luput dari perhatian. Gejala umum untuk banyak jenis anemia meliputi:

1. Mudah lelah dan kehilangan energi
2. Detak jantung yang sangat cepat atau tidak teratur, terutama dengan olahraga
3. Sesak napas
4. sakit dada
5. Sakit kepala
6. pusing
7. kulit pucat
8. kram di kaki
9. Insomnia

Beberapa bentuk anemia dapat memiliki gejala tertentu. Gejala-gejala ini dapat didaftar sebagai berikut:

1. Anemia defisiensi besi

Keinginan untuk makan zat aneh seperti kertas, es atau tanah, kuku melengkung ke atas yang disebut kuku sendok, retakan di sudut mulut.

2. Kekurangan vitamin B12

kesemutan dan mati rasa di tangan atau kaki, kehilangan indra peraba, terhuyung-huyung atau kesulitan berjalan, kekakuan pada lengan dan kaki, kecanggungan, demensia

3. Anemia karena keracunan timbal kronis

Garis biru-hitam pada gusi, sakit perut, sembelit, muntah

4. Anemia hemolitik

(Anemia yang disebabkan oleh penghancuran sel darah merah kronis): Penyakit kuning (kulit dan mata menguning), urin berwarna coklat atau merah, luka pada kaki, keterlambatan perkembangan pada masa bayi, gejala karena pembentukan batu empedu

5. Anemia sel sabit

Kelelahan, kerentanan terhadap infeksi, keterlambatan pertumbuhan dan perkembangan pada anak-anak, episode nyeri hebat terutama pada persendian, perut, dan anggota badan

6. Anemia aplastik

demam, sering infeksi, dan ruam kulit

7. Anemia defisiensi asam folat

lekas marah, diare, dan lidah licin

Makanan Apa Untuk Mengatasi Anemia?

Anemia cenderung melemahkan sistem kekebalan tubuh dan oleh karena itu seseorang mungkin lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit inflamasi.

Dosis vitamin C yang cukup memperkuat sistem kekebalan tubuh dan juga membantu penyerapan zat besi. Ada baiknya makan jeruk atau minum segelas jus lemon setiap hari untuk memenuhi kebutuhan vitamin C.

Jumlah klorofil yang tinggi yang ditemukan dalam sayuran hijau seperti bayam, seledri, sawi, dan brokoli merupakan sumber zat besi yang baik.

Lebih baik memasak bayam daripada memakannya mentah. Karena asam oksalat dalam bayam mentah dapat mencegah penyerapan zat besi dalam tubuh.

Bit segar atau jus delima bertindak sebagai pembangun darah dan pembersih darah yang luar biasa. Bit juga kaya akan asam folat. Biji wijen, terutama biji wijen hitam, adalah cara yang baik untuk meningkatkan asupan zat besi Anda.

Bagaimana Cara Mengobati anemia?

Ada berbagai metode yang digunakan dalam pengobatan anemia. Semuanya bertujuan untuk meningkatkan jumlah sel darah merah.

Dengan demikian, jumlah oksigen yang dibawa oleh darah meningkat. Pengobatan direncanakan tergantung pada jenis dan penyebab anemia.

1. Anemia defisiensi besi

Suplemen zat besi atau perubahan pola makan. Jika kekurangan zat besi karena kehilangan darah, perdarahan harus ditemukan dan dihentikan.

2. Anemia karena kekurangan B12

Perawatan termasuk suplemen makanan dan suntikan B12.

3. Thalassemia

Perawatan termasuk suplementasi asam folat, pengangkatan limpa, dan terkadang transfusi darah dan transplantasi sumsum tulang.

4. Anemia penyakit kronis

Jenis anemia ini mungkin terkait dengan kondisi kronis serius yang mendasarinya. Tidak ada pengobatan khusus dan fokusnya adalah pada kondisi yang mendasarinya.

5. Anemia aplastik

Pasien menerima transfusi darah atau transplantasi sumsum tulang.

6. Anemia sel sabit

Dalam pengobatan, dukungan oksigen, obat penghilang rasa sakit dan suplementasi cairan intravena dibuat. Terkadang terapi antibiotik, suplemen asam folat, dan transfusi darah mungkin diperlukan.

7. Anemia hemolitik

Pasien harus menghindari obat-obatan yang memperburuk penghancuran sel darah merah. Pasien diberikan obat imunosupresan yang menyerang sel darah merah, dan infeksi diobati.

Itulah informasi seputar Apa itu Anemia? Apa Saja Jenis Anemia? Bagaimana Cara Mengobatinya? Semoga bermanfaat.