Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

30 makanan khas negara thailand Lengkap

Makanan khas negara thailand, Negara Thailand selain dikenal dengan negara yang banyak memiliki pemandangan alam yang indah juga dikenal sebagai negara dengan kuliner yang lezat.

Dengan aroma yang kuat dan rasa pedas, makanan Thailand terkenal di seluruh dunia. Keragaman masakan Thailand begitu luas sehingga bahkan pilihan 30 hidangan tradisional Thailand membuat daftar ini menjadi pengantar singkat untuk masakan Asia Tenggara yang luar biasa dan khususnya ini.

30 Makanan Khas negara thailand

1. Som Tam

Som Tam adalah salad pepaya hijau . Hidangan ini berasal dari Isan (Laos dan Timur Laut Thailand). Dalam bahasa Thailand, Som Tam berarti “menumbuk asam.” Renyah, segar, manis, pedas, asam, Som Tam adalah salad yang penuh rasa. Sausnya menekankan rasa yang dibuat dengan kecap ikan, gula aren, merica, bawang putih, lemon, dan tomat. Teksturnya dilengkapi dengan kacang hijau mentah, kacang panggang, dan udang kering.

salad pepaya hijau thai di piring

2. Laab

Laab atau Larb adalah salad daging yang dibumbui dengan rempah segar. Khas Laos dan Thailand Utara. Bisa dibuat dengan daging, ikan, ayam, bebek, kerbau, atau sapi. Rempah-rempah, rempah-rempah, dan jenis daging dapat bervariasi sesuai dengan wilayahnya, tetapi ketumbar, daun bawang, dan banyak mint tidak bisa keluar.

Hidangan larb disajikan dengan daun hijau

3. Jok

Jok adalah bubur nasi yang banyak dikonsumsi di Bangkok untuk sarapan. Rahasia hidangan lezat ini adalah kaldu yang baik yang ditambahkan dengan daging cincang, daun bawang, daun ketumbar, bawang putih goreng, jahe, dan lemon sebagai penutup – cara yang sehat untuk memulai hari.

Semangkuk dengan Jok, bubur nasi banyak dikonsumsi di pagi hari di Thailand

4. Pad Thai

Salah satu makanan Thailand yang paling dikenal dan juga diterima secara luas oleh selera Barat. Resep tradisional Pad Thai termasuk bihun yang digoreng dengan telur dan tahu, dibumbui dengan jus asam, kecap ikan, udang kering, bawang putih, bawang merah, merica, dan gula aren.

Biasanya disajikan dengan tauge, irisan lemon, dan kacang panggang. Banyak variasi menambahkan udang segar dan ayam.

5. Pad See Ew

Tidak seperti Pad Thai, Pad See Ew dibuat dengan bihun yang jauh lebih besar. Mienya digoreng dengan banyak kecap, daging, telur, tahu, dan brokoli Cina.

Pad See Ew dibuat dengan mie lebar dan banyak kecap, makanan khas Thailand

6. Kuay Teow Neua

Kuay Teow Neua (Sup Mie Daging Sapi). Meskipun daging sapi bukan bahan umum dalam masakan Thailand, sup mie daging sapi ini enak.

Rahasia besarnya terletak pada kuah kaldunya yang perlahan memasak potongan daging sapi hingga menjadi sangat lembut. Salah satu hidangan Thailand favorit kami yang dapat Anda temukan di Bangkok!

Semangkuk Kuay Teow Neua, sup mie daging sapi yang populer di Bangkok

7. Kakap Kukus dengan Jeruk Nipis dan Bawang Putih – Pla Kapong Neung Manao

Pla Kapong Neung Manao adalah hidangan seafood Thailand yang luar biasa lainnya yang harus Anda coba saat berada di Thailand.

Ikan kakap diukir terlebih dahulu kemudian dimandikan dengan kuah berbahan dasar jeruk nipis yang penuh dengan bumbu, seperti bawang putih, cabai, ketumbar, dan seledri. Karena ikannya dikukus, daging ikannya sangat empuk dan mudah dikeluarkan dari piring tanpa kulit ikan. Sup akan semakin terasa seiring waktu karena hidangan laut ini disajikan saat masih panas.

Jika tidak suka pedas, Anda bisa langsung menyendok cabai dari kuahnya saat ikan kakap disajikan. Sekali lagi, hidangan seafood Thailand ini disajikan dengan saus seafood. Anda dapat menemukan Pla Kapong Neung Manao di setiap restoran seafood di Thailand. Ada variasi lain yang tersedia juga, seperti cumi kukus. Perlu diingat bahwa cumi-cumi sering disajikan dengan telur cumi-cumi, yang kebanyakan orang asing tidak suka.

8. Khao Niao

Khao Niao (nasi ketan) adalah salah satu makanan pokok utama di wilayah Isan meliputi timur laut Thailand dan Laos. Nasi ketan atau ketan memiliki kehadiran yang begitu kuat dalam masakan Thailand yang masuk dalam berbagai jenis hidangan, dari makanan pembuka hingga makanan penutup.

9. Gai Yang

Gai Yang adalah ayam panggang yang diasinkan. Kulitnya yang renyah, daging yang juicy, dan saus di sampingnya membuatnya benar-benar nikmat! Untuk menemani gai yang, kami senang memesan seporsi ketan dan salad pepaya hijau.

Ayam bakar sangat terkenal di kota Chiang Mai

10. Pla Pao

Pla Plao adalah ikan yang dilumuri garam kasar, diisi dengan serai, dan dipanggang di atas bara panas. Tampilannya memang garing, tapi Anda tidak akan percaya betapa juicynya olahan ini saat pertama kali menggigit. Lauk pauk yang biasa adalah mie segar, rempah segar, daun, dan sedikit saus spesial.

ikan bakar diisi dengan bumbu Makanan Thailand yang populer

11. Gai Hor Bai Toey

Ayam di daun pandan makanan khas thailand
Ayam di daun pandan makanan khas thailand

Ayam goreng diatas daun pandan. Pandan adalah tanaman yang banyak digunakan di Asia untuk menambah aroma dan warna pada makanan. Aromanya, mengingatkan pada vanilla, memberikan sentuhan khusus pada hidangan ini. Ayamnya diasinkan, lalu digulung di daun pandan, dan digoreng di wajan.

12. Hidangan Kari Thailand

pot dengan berbagai jenis kari Thailand, kari berfungsi sebagai dasar untuk banyak hidangan khas Thailand

Kari adalah campuran rempah-rempah yang dijadikan sebagai bahan dasar untuk menyiapkan berbagai masakan di Thailand dan biasanya dibuat segar. Rempah-rempah ini ditumbuk dengan lesung dan alu sampai mendapatkan konsistensi pasta. Banyak makanan di Thailand memiliki pasta kari sendiri yang disebut dengan nama yang sama dengan hidangan untuk mengidentifikasinya. Yang paling umum disebut dengan warna mereka, menjadi kari merah, kuning, dan hijau.

13. Hor Mok Pla

Pla adalah ikan, dan Hor Mok berarti proses memasak pangsit kari kukus di atas daun pisang . Makanan asli Thailand yang juga mempengaruhi tetangganya, seperti ikan Amok yang terkenal di Kamboja. Hor Mok Pla lebih mirip souffle ikan kukus yang dibuat dengan krim kelapa, pasta kari, dan jeruk purut.

Hor Mok Pla adalah pangsit kari kukus

14. Hoi Todo

Telur dadar tiram super renyah dengan harga populer dan disajikan sebagai makanan jalanan. Asalnya Cina, tapi cukup terkenal di jalanan Bangkok. Kerenyahan karena tepung beras, yang ditambahkan ke adonan telur dadar. Ada juga versi dengan kerang bukan tiram.

Omelet tiram hoi tod

15. Pad Kra Pao

Pad Kra Pao adalah rebusan daging, biasanya ayam, dengan kemangi suci Thailand disertai dengan seporsi nasi dan telur goreng. Hidangan cepat dengan banyak makanan dan aroma kemangi yang lezat.

hidangan nasi pad kra pao sangat populer di Thailand

16. Udang Bakar – Goong Pao

Saat memikirkan hidangan seafood Thailand, Anda tidak langsung berpikir tentang udang bakar sederhana. Namun, Goong Pao (udang bakar) bisa sangat mengasyikkan, terutama saat Anda bepergian ke Ayutthaya. Di sini, Anda akan menemukan peternakan udang yang membudidayakan udang jumbo yang sangat besar. Udang raksasa ini benar-benar lezat di Ayutthaya, meskipun Anda juga dapat menemukannya di luar Ayutthaya. Udang diiris menjadi dua dan dipanggang di atas arang. Bagian terbaik dari udang bakar ini adalah otaknya karena penuh dengan rasa umami. Seperti banyak hidangan seafood Thailand lainnya, udang disajikan dengan saus khas seafood yang sedikit pedas. Goong Pao sering disajikan di restoran seafood di Thailand, namun Ayutthaya terkenal dengan udang ini. Lihat artikel kami tentang restoran terbaik di Ayutthaya untuk mengetahui restoran mana yang menyajikan Goong Pao terbaik.

17. Khao Kluk Kapi

Khao Kluk Kapi dimulai dengan nasi, tidak hanya dimasak tetapi juga ditumis dengan terasi. Nasi disajikan dengan berbagai unsur yang kontras antara lain: mangga hijau, telur dadar, bawang merah, udang kering, daging, sosis Cina asam manis, paprika, mentimun, kacang hijau, ketumbar, bawang, telur. Hidangan khas Thailand yang lengkap dan khas dalam tekstur dan rasa.

Khao Kluk Kapi

18. Khao Mok Gai

Dikenal sebagai Biryani Thailand (Biryani Ayam Gaya Thailand). Hidangan ini dipengaruhi oleh Muslim Thailand yang tinggal di selatan negara itu karena kedekatannya dengan Malaysia. Nasi dengan kunyit dan berbagai bumbu dimasak dengan daging sehingga menghasilkan hidangan berwarna kekuningan dan aromatik. Disajikan dengan irisan mentimun dan bawang goreng, perbedaan terbesar dengan Biryani versi lain adalah kombinasi rempah-rempah India dan lokal.

biryani ayam gaya thai, hidangan Thailand dengan nasi kuning dan ayam yang dipengaruhi oleh Muslim Thailand

19. Khao Pad

Siapa yang tidak pernah mendengar nasi goreng? Nasi melati yang dimasak, telur, daging ayam, bawang putih, bawang merah, merica, kecap, kecap ikan, dan sebagainya. Masukkan saja semuanya ke dalam wajan, dengan minyak di atas api besar dan tumis langsung. Versi terkenal di antara makanan Thailand adalah Khao Pad Sapparod yang disajikan dalam nanas.

Nasi goreng Thailand

20. Phrik Kaeng Phet – Kari Merah

Kari merahnya membawa banyak cabai merah sebagai bahan utamanya, membuat karinya berwarna kemerahan. Kari merah lebih pedas daripada kari kuning, yang saya jelaskan di bawah ini.

kari merah dengan udang, hidangan yang sangat khas di Thailand

21. Kaeng Kari – Kari Kuning

Banyak pasta kari berbagi bahan umum seperti lengkuas, jahe, serai, terasi, bawang putih, dll. Dalam kari kuning, perbedaan besar adalah penambahan kunyit. Hal ini juga baik digunakan dalam hidangan dengan santan dan kentang.

Kari kuning

22. Kaeng Khiao Wan – Yang Terbaik Dari Kaeng Khiao Wan

Menurut saya, ini adalah pasta kari dengan rasa yang paling kuat. Basisnya memiliki ketumbar, serai, lengkuas, daun jeruk purut, kulit, dan yang paling menonjol adalah cabai hijau. Ini menghasilkan kari yang lebih pedas dan intens. Cabai hijau menonjol dan menyenangkan selera yang lebih tahan terhadap rasa pedas. Itu datang dengan banyak aroma dan kesegaran.

23. Khao Soi

Khao Soi adalah sup ayam atau sapi lezat yang dibuat dengan mie telur dalam dua tekstur: dimasak dalam kaldu dan sebagian lagi digoreng dan disajikan di atas sup. Biasanya menyertai acar kubis, bawang merah, dan lemon. Hal ini diyakini dipengaruhi oleh orang-orang Hui / Chin Haw. Artinya, datanglah orang Tionghoa-Muslim yang bermigrasi ke Myanmar, Laos, dan Thailand Utara. Jika Anda pergi ke Chiang Mai, pastikan untuk mencobanya!

Khao Soi adalah salah satu hidangan khas Chiang Mai di Thailand utara

24. Tom Yum

Tom Yum adalah sup Thailand yang asam dan pedas. Yang paling terkenal dibuat dengan udang, yang disebut Tom Yum Goong. Basis utama Tom Yum adalah Nam Prik Pao, pasta herbal dan rempah-rempah yang dibuat dengan cabai, bawang merah, dan bawang putih. Supnya juga mengandung jamur, ketumbar, tomat, jus lemon, gula, dan saus ikan.

Tom Yum adalah salah satu masakan khas Thailand yang paling enak, kuahnya yang panas, asam dan pedas.

25. Tom Kha Gai

Tom Kha Gai adalah sup lezat lainnya, tradisional di Thailand (dan Laos), dibuat dengan ayam dan santan. Aromatik, creamy, dan sedikit asam. Bahan utama resep Tom Kha Gai adalah santan, jamur, lengkuas, daun jeruk purut, serai, cabai, kecap ikan, air jeruk lemon, dan ayam.

Semangkuk Tom Kha Gai, sup ayam Thailand dengan santan

26. Kaeng Som

Kaeng Som dikenal sebagai Kari Asam. Kari Thailand ini sangat populer di Thailand selatan, di mana rasa asam memuaskan sebagian besar selera lokal. Sup panas dengan ikan, asam segar, dan terasi sebagai bahan utama. Beberapa daerah suka menambahkan kunyit. Dalam hal ini disebut Kaeng Lueang yang artinya Kari Asam Kuning. Pedas tapi seimbang.

Kari kuning dengan ikan adalah salah satu hidangan Thailand paling terkenal di selatan negara ini

27. Kari Massaman

Dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu kari terbaik di Thailand. Kari Massaman menyimpang dari kari tradisional Thailand karena bumbu yang digunakan, yang memiliki pengaruh Muslim dari Malaysia.

Bahan kari yang umum, seperti biji ketumbar, serai, lengkuas, cabai, dan terasi dicampur dengan bumbu kering seperti kayu manis, jinten, cengkeh kapulaga , adas manis, dan pala. Keserasian pasta kari ini dengan kentang, ayam, dan santan menjadikannya salah satu masakan Thailand yang wajib dimiliki.

Kari Massaman yang dibuat dengan campuran rempah-rempah India dan Thailand adalah salah satu hidangan kari

28. Kari Panang

Interaksi Thailand selatan dengan Malaysia utara menciptakan hidangan lain yang menjadi makanan wajib di Thailand. Kari Panang mengambil kacang dalam resepnya, yang mengentalkan saus dan membuatnya unik dibandingkan dengan kari Thailand lainnya. Ini juga membutuhkan santan, cabai, ketumbar, lengkuas, serai, dll.

Mangkuk dengan Panang Curry, kari Thailand yang dikentalkan dengan kacang

29. Panang Curry

Khao Niao Mamuang, yang dikenal sebagai Mango Sticky Rice, tidak lebih dari irisan mangga yang disajikan dengan nasi ketan kukus (ketan) yang dicampur dengan santan manis.

Kemudian, di atasnya diberi tambahan krim kelapa dan wijen atau kacang hijau. Bisa juga dengan ketan hijau yang diwarnai dengan daun pandan atau ketan hitam.

Hidangan dengan nasi ketan dan mangga, hidangan penutup yang sangat khas di Thailand

30. Khao Niao Mamuang

Pisang dimasak dengan santan. Makanan penutup Thailand yang sangat tradisional, termasuk negara-negara tetangganya. Mudah dibuat, ringan, dan sehat. Kamu hanya membutuhkan pisang matang, gula, garam, dan santan.