Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan khas negara asean

Makanan khas negara Asean, Asean adalah negara yang tergabung pada wilayah asia tenggara. Negara asean memiliki kebudayaan dan kultur yang khas, di antaranya adalah tentang makanannya.

Asia Tenggara terkenal di dunia karena masakannya yang menggugah selera, dan untuk alasan yang bagus. Datang dan jelajahi cita rasa luar biasa ini dengan menyantap makanan Anda melalui daftar 30 hidangan terbaik yang ditawarkan wilayah ini.

Makanan khas negara asean

Berikut ini adalah 30 makanan khas negara asean yang terkenal lezat dan menggugah selera:

1. Tom Yum Goong (Spicy Shrimp Soup), Thailand

Makanan khas negara asean, Tom Yum Goong
Makanan khas negara asean, Tom Yum Goong

Tom yum goong , sup khas Thailand yang ikonik dan wajib dicoba, sama populernya dengan Thailand sendiri di antara para pelancong.

Sup sedap ini, dengan udang sebagai bahan utama, menggabungkan bahan-bahan Thailand klasik seperti serai, daun jeruk purut, kecap ikan, cabai segar (atau pasta cabai), bawang merah, air jeruk nipis, dan udang berair.

Jika Anda tidak bisa menangani makanan pedas, mintalah versi “ringan”.

2. Pad Thai (Mie Goreng ala Thailand), Thailand

Makanan Thailand, Mie Nasi Goreng Dengan Udang, Tahu
Makanan Khas Asean, Thailand, Mie Nasi Goreng Dengan Udang, Tahu

Pad Thai adalah salah satu hidangan nasional Thailand. Ini dapat ditemukan di hampir setiap sudut jalan; tersedia di warung pinggir jalan yang bising dan restoran berbintang

Michelin. Ini adalah hidangan mie goreng yang biasanya dibuat dengan udang atau ayam, tauge renyah, telur, bawang, dan kacang parut halus. Wisatawan di seluruh dunia menikmati rasanya yang manis dan asam.

3. Guay Tiew Reua (Sup Mie), Thailand

Sup mie bisa dibilang salah satu hidangan paling populer di Thailand. Guay tiew reua termasuk semua jenis sup mie, yang ada banyak jenisnya. Itu bisa dibuat dengan ayam, daging sapi, makanan laut, atau sayuran.

Hidangan ini diberi topping gula, cabai kering, air jeruk nipis, dan kecap ikan.

4. Tom Kha Gai (Sup Kelapa Ayam), Thailand

Makanan khas negara asean, Sup Ayam Thailand
Makanan khas negara asean, Sup Ayam Thailand

Jika Anda menyukai santan, pastikan Anda tidak melewatkan tom kha gai di Thailand. Ini adalah sup asli Thailand yang terkenal dengan rasa lengkuas, kelapa, dan aromatiknya yang kuat.

Sesuai dengan namanya, bahan dasar tom kha gai adalah santan. Biasanya dibumbui dengan bahan-bahan Thailand seperti serai, jeruk purut, jahe, dan akar lengkuas.

5. Kao Pad (Nasi Goreng Thailand), Thailand

Makanan khas negara asean, Mie Pad Thai Udang
Makanan khas negara asean, Mie Pad Thai Udang

Kao pad , juga dikenal sebagai nasi goreng Thailand, adalah hidangan nasi terkenal dari Thailand, yang biasanya dibuat oleh pedagang kaki lima dan restoran mewah. Biasanya disajikan dengan udang, ayam, atau sapi, dan dibumbui dengan cabai Thailand, kecap ikan, kecap, dan air jeruk nipis.

6. Khao Pad Sapparod (Nasi Goreng Nanas), Thailand

Khao pad sapparod adalah hidangan nasi goreng Thailand yang dibuat dengan nanas. Ini adalah makanan cepat, sehat, mudah, dan lezat. Itu dibuat dengan udang, nanas, wortel, bawang, dan kari. Ayam bisa menggantikan udang, atau keduanya bisa dihilangkan untuk membuat makanan vegetarian.

Makanan khas negara asean, Masakan Thailand. Nasi Dalam Nanas Dengan Makanan Laut Panggang

7. Pho (Sup Mie), Vietnam

Perjalanan Anda ke Vietnam tidak lengkap tanpa mencicipi pho , yang merupakan sup tradisional Vietnam yang terdiri dari kaldu, mie, ayam atau sapi, dan rempah segar.

Untuk melengkapi hidangan, Anda bisa menambahkan cabai, jeruk nipis, dan saus hoisin. Pho secara tradisional dimakan untuk sarapan dan disukai oleh hampir semua penduduk lokal dan wisatawan.

Makanan khas negara asean, sup mie pho Vietnam

8. Bakso

Bakso merupakan makanan khas negara asean yang terdapat di beberapa negara seperti Indonesia, Malaysia dan Vietnam.

9. Mie Ayam

Mie ayam merupakan makanan khas negara asean yang cukup di kenal di Indonesia.

Makanan khas negara asean, Banh Mi

10. Goi Cuon (Lumpia Segar), Vietnam

Goi cuon ( lumpia Vietnam ) secara harfiah berarti “salad gulung”. Tidak seperti lumpia Vietnam yang digoreng, lumpia segar ini tidak digoreng dan disajikan dingin. Ini adalah hidangan segar dan sehat, terdiri dari mie bihun tipis, udang, daging sapi, dan berbagai macam sayuran yang digulung di atas kertas nasi.

Makanan khas negara asean, Lumpia Segar

11. Pancake Renyah, Vietnam

Banh xeo adalah panekuk goreng Vietnam yang gurih. Terbuat dari tepung beras, kunyit, dan santan, bersama dengan bahan lainnya. Isinya meliputi dagingi, udang, daun bawang potong dadu, kacang hijau, dan tauge.

Hidangan ini tersedia di sebagian besar warung pinggir jalan, pasar lokal, dan restoran. Untuk bersantap seperti orang lokal, potong kecil-kecil, gulingkan di atas kertas nasi atau daun selada, dan celupkan ke dalam saus khusus.

Hidangan Asia Tenggara, Crispy Pancake

12. Nasi Kerabu (Blue Herb Rice), Malaysia

Nasi kerabu adalah nasi berwarna biru. Jangan biarkan warna cerah menghalangi Anda: itu berasal dari kelopak bunga lokal. Hidangan ini secara tradisional disajikan dengan ayam goreng, telur asin, bumbu segar, kerupuk ikan, saus bumbu, dan keropok goreng (‘kerupuk’) .

13. Asam Laksa (Sup Mie Ikan Asam Pedas), Malaysia

Asam laksa adalah sup mie beras Malaysia yang beraroma, tajam, dan pedas. Itu dibuat dengan ikan, asam, dan bunga jahe obor, dan dibumbui dengan nanas segar, mentimun, bawang merah, dan molase udang. Ini ditemukan hampir di mana-mana di negara bagian Penang, Malaysia.

14. Soto Indonesia

Soto merupakan makanan khas asean yang berasal dari Indonesia.

15. Fish Amok (Kari Ikan), Kamboja

Amok adalah hidangan klasik Kamboja (Khmer), yang biasanya dibuat dengan ikan, meskipun amuk ayam dan sapi juga populer. Fish amok dibuat dari beberapa bahan yang paling menggugah selera, termasuk serai, cabai, bawang merah, dan santan. Secara tradisional, itu dikukus dan disajikan dalam daun pisang.

16. pempek Palembang, Indonesia

17. Kari Merah Ayam Khmer, Kamboja

Kari merah ayam Khmer adalah kari yang kaya dan beraroma yang terbuat dari ayam, santan, terong, kacang hijau, kentang, ubi jalar, serai, dan kroeung (pasta bumbu). Daging sapi dan ikan juga bisa menggantikan ayam. Kari ini selalu disajikan dengan roti.

18. Khao Niaw (Nasi Ketan), Laos

Khao niaw adalah makanan pokok di Laos. Secara tradisional dikukus dan disajikan dalam keranjang bambu kecil yang disebut lao aep khao . Untuk makan seperti orang lokal, ambil segenggam ketan di satu tangan dan gulung menjadi bola. Kemudian, pecahkan bola ketan menjadi beberapa bagian, celupkan ke dalam saus, dan nikmati.

Hidangan Asia Tenggara, Nasi Ketan

19. Laap (Salad Daging Cincang), Laos

Laap , juga lahp atau larb , dianggap sebagai hidangan nasional Laos. Ini adalah jenis salad daging cincang, dibuat dengan ayam, sapi, bebek, daging dan ikan. Biasanya dibumbui dengan kecap ikan, air jeruk nipis, jus ikan fermentasi, bihun, dan rempah segar.

20. Salad Pepaya, Laos dan Thailand

Salad pepaya hijau biasanya dibuat dengan potongan pepaya mentah. Ini kaya rasa: renyah, asam, manis, pedas, dan asin. Anda dapat menemukan hidangan ini di seluruh Laos dan Thailand, tetapi dibuat secara berbeda di setiap negara.

Bahan utama salad pepaya antara lain pepaya mentah, cabai, jeruk nipis, bawang putih, tomat, gula aren, dan kecap ikan. Semua bahan ini ditumbuk bersama dalam lesung dan alu tradisional.

21. Adobo (Daging dalam Cuka), Filipina

Adobo adalah hidangan Filipina populer yang dapat ditemukan di mana-mana di Filipina. Itu dibuat dengan daging, ayam, makanan laut, atau sayuran, yang dimasak perlahan dalam cuka, kecap, bawang putih, dan merica hitam, lalu dicokelatkan hingga garing dalam minyak. Adobo sering disajikan dengan nasi.

22. Kinilaw (Hidangan Seafood Mentah), Filipina

Filipina dikelilingi oleh laut. Sangat umum untuk makan ikan dan makanan laut lainnya, dan tidak ada daftar makanan Filipina yang lengkap tanpa Kinilaw .

Kinilaw secara harfiah berarti ‘dimakan mentah’. Ini adalah hidangan seafood mentah yang disajikan di seluruh Filipina. Bahan utamanya adalah irisan ikan mentah yang direndam dalam cuka. Bahan tambahannya antara lain jus calamansi, garam, merica, dan cabai.

23. Kare-Kare (Ekor Sapi dan Rebusan Babat dalam Saus Kacang), Filipina

Kare-kare adalah hidangan Filipina klasik dengan rasa yang halus. Itu dibuat dengan buntut, babat, sayuran, dan saus berbasis kacang. Biasanya disajikan dengan nasi putih dan terasi. Pampanga mungkin dikenal dengan kare-kare terbaik , tetapi Anda dapat menemukan hidangan ini di seluruh Filipina.

24. Char Kway Teow (Mie Nasi Goreng Datar), Singapura dan Malaysia

Char kway teow adalah hidangan mie populer di Asia Tenggara. Ini adalah favorit nasional di Singapura dan Malaysia. Bahan utamanya adalah bihun pipih, daging, irisan fish cake, telur, irisan sosis Cina, dan tauge. Semua bahan digoreng dengan api besar dengan kecap asin, cabai, dan bumbu lainnya.

Dipercaya bahwa char kway teow paling otentik berasal dari Penang di Malaysia, di mana hidangan ini biasanya disajikan di atas daun pisang. Tetapi Anda juga akan menemukan banyak versi lezat di Singapura.

25. Chili Crab (Kepiting Utuh dalam Saus Tomat Cabai), Singapura

Jika Anda ingin mencicipi masakan asli Singapura, Anda tidak boleh melewatkan kepiting cabai. Hidangan seafood ini merupakan salah satu hidangan nasional Singapura. Kepiting ini menempati urutan ke-35 dalam daftar “50 Makanan Terlezat di Dunia”, yang disusun oleh CNN Go pada tahun 2011. Kepiting tumis ini dilapisi dengan saus berbahan dasar tomat yang manis, gurih, dan pedas. Ini sering disajikan dengan roti kukus atau goreng.

26. Nasi Goreng (Indonesian Fried Rice), Indonesia

Nasi goreng adalah nasi goreng klasik Indonesia. Ini adalah hidangan sederhana, yang dinikmati penduduk setempat dan wisatawan. Berbeda dengan nasi goreng lainnya karena kuahnya yang membuat nasi menjadi coklat tua. Nasi sering diberi topping telur goreng dan disajikan dengan mentimun segar dan tomat.

27. Gado-Gado (Salad with Peanut Sauce), Indonesia

Gado-gado secara harfiah berarti “campuran campur”. Salad populer ini, terdiri dari sayuran rebus dan direbus sebentar, telur rebus, kentang rebus, tahu goreng dan/atau tempe potong dadu, dan lontong (kue beras kukus), dilumuri saus kacang.

28. Sate, Indonesia

Sate merupakan makanan khas negara asean, tepatnya berasal dari Indonesia.

29. Mohinga (Mie Nasi dalam Sup Ikan), Myanmar

Mohinga dianggap sebagai hidangan nasional Myanmar. Ini terdiri dari bihun yang disajikan dalam kaldu yang hangat, herbal, berbahan dasar ikan dan bawang merah, dan dibumbui dengan bawang putih, bawang merah, serai, dan jahe. Ini adalah makanan yang harus dimiliki untuk sarapan di Burma.

30. Laphet Thoke (Salad Daun Teh), Myanmar

Laphet thoke adalah kombinasi daun teh acar yang lembut; renyah, kacang panggang; kacang renyah lainnya; biji wijen panggang; dan bawang putih goreng. Jika mau, Anda bisa menambahkan udang kering dan tomat cincang.

Salad ini secara tradisional disajikan di Myanmar pada acara-acara penting, seperti pesta, pernikahan, pemakaman, dan upacara keagamaan. Saat ini, sering disajikan sebagai hidangan terakhir, di akhir makan.