Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

30+ Makanan Khas Negara Vietnam Lengkap

Makanan Khas Negara Vietnam Lengkap, Vietnam adalah salah satu dari sedikit negara di dunia yang terkenal dengan makanan jalanannya yang luar biasa. Semua makanan Vietnam yang populer menunjukkan keindahan budaya dan gaya hidup lokal. Beberapa makanan tradisional Vietnam yang terkenal menggabungkan masakan negara serta budaya negara lain di dunia. Dengan hidangan Vietnam, semua bahannya dimaksudkan untuk menghadirkan rasa yang menyegarkan. Anda akan menemukan semua jenis rasa yang berbeda: asam, pedas, asin, dan manis, yang sangat mengesankan.

Makanan Khas Negara Vietnam Lengkap

1. Banh Mi – Sandwich Vietnam

Banh Mi adalah makanan jalanan Vietnam yang sangat populer. Seperti Pho, Banh Mi telah membuat semua turis jatuh cinta dengan masakan Vietnam. Orang Vietnam sangat bangga dengan hidangan ini. Jika Anda tertarik dengan sejarah, Anda akan tahu bahwa Vietnam pernah diduduki oleh Prancis. Oleh karena itu, beberapa makanan tradisional Vietnam dipengaruhi oleh budaya Prancis, termasuk Banh Mi. Namun, hidangan ini diubah dengan cara Vietnam oleh penduduk setempat dengan menambahkan bahan lain seperti telur, babi, mentimun, dan rempah-rempah.

Secara historis, hidangan ini lebih populer di Saigon sebagai sarapan. Saat ini, ini adalah makanan jalanan yang terkenal di dunia yang dapat Anda temukan di mana saja di Vietnam. Banh Mi disajikan di restoran, warung pinggir jalan, dan gerobak makanan.

Untuk Banh Mi sederhana, Anda memiliki roti, telur, pate, babi BBQ, mentimun, tomat, wortel, dan rempah-rempah. Tapi Anda selalu bisa menambahkan lebih banyak bahan, mulai dari sosis, dan daging sapi panggang hingga ayam, semuanya menghasilkan rasa yang lezat.

2. Bun Cha – Mie Nasi Kebab

Bun Cha adalah makanan otentik Hanoi, tetapi reputasinya telah menyebar ke seluruh negeri. Bahkan orang Vietnam yang datang dari provinsi lain akan menemukan dan mencoba hidangan ini ketika mereka pergi ke Hanoi. Tempat ini juga sangat direkomendasikan bagi wisatawan ketika mereka mengunjungi ibu kota Vietnam.

Bun Cha adalah kombinasi kaldu hangat dengan daging babi cincang panggang dan mie Vietnam. Saat makanan dibawa ke meja, Anda akan memiliki sepiring mie beras, sekeranjang kecil rempah segar, dan semangkuk kaldu hangat dengan daging babi cincang panggang. Ada banyak hidangan berbeda yang terbuat dari mie Vietnam, tetapi yang satu ini berbeda dan memiliki rasa yang unik, kebanyakan berasal dari kaldu dan daging babi.

Saat Anda makan Bun Cha, Anda akan mencelupkan sedikit bihun ke dalam kaldu, dan makan dengan babi panggang. Jangan masukkan semua mie karena bisa mendinginkan kaldu dengan cepat. Juga, jika Anda suka babi panggang, Anda selalu dapat meminta lebih banyak. Kaldunya memiliki rasa asin-manis dari tulang babi yang dipanggang, dan babi panggangnya luar biasa enak.

3. Pho – Sup Mie Nasi

Pho mungkin bukan nama baru bagi wisatawan karena telah ada di setiap daftar makanan tradisional Vietnam yang terkenal. Ini adalah kebanggaan masakan Vietnam dan telah populer di seluruh dunia. Pho terdiri dari kaldu gurih, bihun, bumbu, dan daging. Dagingnya bervariasi dari daging sapi, dan ayam hingga bebek, dan angsa. Mie beras yang digunakan di Pho lebih pipih dan lebih besar, berbeda dengan yang digunakan di Bun Cha yang bentuknya kecil seperti tali putih.

Pho berasal dari Vietnam utara dan dibawa ke negara-negara lain di dunia oleh para pengungsi setelah Perang Vietnam. Vietnam Selatan memiliki gaya Pho sendiri, tetapi rasanya berbeda dengan Pho di utara. Saigon Pho memiliki rasa kaldu dan daging yang lebih manis, tetapi mereka menggunakan bahan yang sama untuk dagingnya, termasuk babi, sapi, ayam, bebek, atau angsa.

Anda menyadari bahwa Pho adalah makanan Vietnam yang populer ketika Anda dapat dengan mudah menemukan restoran yang menyajikan Pho di mana-mana di negara ini. Namun, jika Anda ingin menikmati rasa tradisional paling otentik dari Pho Vietnam untuk mengetahui mengapa orang menyukainya, Anda harus mencoba Pho Bo Hanoi atau Pho Ga Hanoi .

4. Banh Cuon – Gulungan Nasi Kukus Vietnam

Banh Cuon adalah makanan tradisional Vietnam lainnya yang merupakan salah satu dari 29 Hidangan Vietnam yang Wajib Dicoba Bagi Pengunjung VOGUE . Ini adalah makanan jalanan yang lezat yang bisa menjadi hidangan utama bagi penduduk setempat. Banh Cuon terbuat dari tepung beras, dikukus menjadi seluncuran tipis seperti kertas. Kemudian akan diisi dengan daging babi cincang yang dimasak dan digulung. Sebelum disajikan, akan ditaburi dengan bawang bombay kering berwarna cokelat keemasan di atasnya. Dan Anda akan makan dengan saus pedas dan manis yang memainkan peran penting dalam hidangan.

Untuk membuat adonan Banh Cuon, juru masak perlu mengupas beras hingga halus, lalu mencampurnya dengan air. Saat Anda makan Banh Cuon, Anda memilikinya dengan Cha (sosis babi Vietnam) untuk menambahkan lebih banyak protein dan juga rasa. Banh Cuon adalah hidangan yang sangat tua dalam masakan Vietnam. Dan Anda dapat menemukan hidangan ini di banyak kota dan provinsi di Vietnam.

5. Banh Goi – Kue Bantal Goreng

Hidangan Vietnam ini disebut Banh Goi karena memiliki bentuk bantal yang lucu dan biasanya menjadi hidangan favorit orang Vietnam di musim dingin. Ini memiliki saus lezat berwarna-warni dengan pepaya hijau dan wortel di dalamnya. Tidak seperti di negara-negara Barat di mana kue dipanggang dalam oven, kue Vietnam kebanyakan digoreng. Dan Banh Goi tidak ada bedanya, akan memiliki kulit kuning yang enak, renyah, dan harum setelah digoreng dalam minyak goreng.

Banh Goi memiliki dua bagian utama. Kulitnya adalah campuran air dan tepung beras dan bagian dalamnya dibuat dengan menggabungkan bahan yang berbeda. Mie kaca, kuping kayu, daging babi cincang, telur, dan jamur dicincang dan dicampur dengan bumbu. Itu untuk kuenya, tapi untuk membuat masakannya enak, ada saus yang terdiri dari kecap ikan, bawang putih, cabai, gula, air jeruk nipis, dan air. Ketika Banh Goi disajikan, ia datang dengan beberapa rempah segar seperti selada dan ketumbar.

6. Nem Ran – Lumpia Goreng

Nem Ran bukan hanya makanan tradisional Vietnam yang terkenal, tetapi juga merupakan hidangan favorit sebagian besar orang Vietnam dari Utara hingga Selatan. Tidak ada keraguan bahwa Anda dapat menemukan hidangan ini di banyak restoran Vietnam, termasuk restoran yang menyajikan masakan Vietnam di negara lain di dunia.

Nem Ran dibuat dengan bungkusnya, isiannya, dan sausnya. Bungkusnya adalah kertas kering pipih yang terbuat dari tepung beras dan berbentuk lingkaran atau persegi. Isiannya biasanya berupa campuran daging babi cincang, telur, wortel, mi kaca, jamur kuping kayu, bumbu, dan rempah-rempah. Beberapa tempat menggunakan makanan laut atau daging sapi daripada daging babi cincang, tergantung pada kebiasaan makan daerah tersebut serta rasa favorit orang tersebut. Bahan apa saja yang digunakan, semuanya tercampur rata lalu dibungkus dengan kertas nasi menjadi gulungan-gulungan kecil. Gulungan ini kemudian digoreng sampai berwarna kuning. Saus untuk hidangan ini sangat mirip dengan saus Banh Goi di atas, terdiri dari kecap ikan, jus lemon, gula, cabai, dan merica.

Nem Ran biasanya disajikan dengan nasi, mie, ketan merah, dan salad. Makanan tradisional Vietnam ini bisa dibuat sendiri di hari-hari penting, terutama saat Tahun Baru Imlek. Pertama karena sangat lezat dan terlihat sangat cantik. Kedua, sangat mudah dibuat, bahkan jika Anda bukan seorang juru masak profesional.

Lumpia Goreng Makanan Tradisional Vietnam

7. Pho Cuon – Pho Rolling Segar

Pho Cuon adalah hidangan baru, dibandingkan dengan hidangan tradisional Vietnam lainnya yang disebutkan di atas. Ini adalah cara kreatif untuk makan Pho. Bahan-bahannya sebagian besar sama dengan yang ada di Pho, tetapi penampilannya benar-benar berbeda. Ini lebih mirip lumpia tanpa digoreng. Sejak hari kemunculannya di Hanoi, Pho Cuon telah mengambil hati pecinta makanan yang datang dari setiap daerah.

Hidangan ini ditemukan di salah satu restoran kecil di jalan Ngu Xa di Hanoi. Suatu hari, ketika para tamu datang larut malam dan memesan Pho tetapi kaldunya habis. Anda tahu, Pho tidak bisa dimakan tanpa kaldu. Oleh karena itu, dengan menggunakan sisa mie yang belum dipotong, sang koki menciptakan hidangan baru. Dia menggunakan mie yang belum dipotong sebagai pembungkus dan mengisinya dengan daging sapi, salad, dan rempah-rempah, lalu menggulungnya. Ia juga membuat saus sambal dengan kecap ikan, gula, air jeruk lemon, air, bawang putih, dan cabai. Para tamu mencelupkan gulungan ke dalam saus dan menikmatinya. Sejak itu, gaya baru Pho telah disajikan.

Pho Cuon yang Anda miliki saat ini tidak hanya daging sapi tetapi juga telur, wortel, mentimun, bahkan nanas, tahu goreng, atau udang. Hidangan ini telah menjadi salah satu hidangan Vietnam paling populer berkat rasanya yang segar. Meskipun merupakan makanan khas di Utara, Anda juga dapat menemukannya di menu restoran di Selatan.

Makanan Tradisional Vietnam Pho Cuon

8. Bun Dau Mam Tom – Mie dengan Tahu Goreng dan Terasi Udang

Bun dau mam tom adalah hidangan yang sangat populer di Vietnam, terutama di Utara. Disajikan di mana-mana, dari pasar hingga warung pinggir jalan dan restoran. Hidangan ini memiliki rasa kuah udang yang sangat unik yang disukai banyak orang. Bun dau mam tom terdiri dari bihun, tahu goreng, trotter, sosis Vietnam, dan rempah-rempah. Semuanya disajikan di atas daun pisang.

Para tamu dapat memilih antara terasi atau kecap ikan untuk dimakan bersama hidangan. Jika Anda mencoba hidangan ini untuk pertama kalinya, Anda mungkin ingin memakannya dengan saus ikan karena terasinya memiliki bau yang sangat menyengat. Cukup celupkan mie dan bahan lainnya ke dalam terasi atau saus ikan dan nikmati rasa yang enak dari ciri khas masakan Vietnam ini.

Makanan Tradisional Vietnam Bun Dau Mam Tom

Satu set lengkap Bun Dau Mam Tom

9. Ca Phe Trung – Kopi Telur

Sangat jelas bahwa Vietnam memiliki kopi yang sangat enak dan kuat. Tapi banyak turis datang ke Vietnam dan mereka akan meminta “ca phe sua da” yaitu kopi dengan susu kental dan es, namun, Anda akan menyesal jika tidak mencoba satu gaya kopi spesial yang disebut Egg Coffee di Hanoi . Meski terdengar aneh jika minum kopi dengan telur, kedua bahan ini menciptakan gaya kopi inovatif yang disukai banyak orang.

Egg Coffee memiliki rasa telur yang berminyak dan tentunya aroma kopi. Anda pasti ingin mencobanya hangat-hangat untuk menikmati rasa terbaik. Ca Phe Trung berasal dari Hanoi dan Giang Cafe adalah kedai kopi tertua yang menyajikan kopi jenis ini. Itu sebabnya tempat mereka selalu ramai dikunjungi turis maupun penduduk lokal di Hanoi.

Kopi Telur Makanan Tradisional Vietnam

10. Bun Bo Hue – Mie Daging Sapi Hue

Bun Bo Hue adalah salah satu hidangan tradisional Vietnam paling terkenal yang berasal dari Hue, sebuah kota di wilayah Tengah dan juga ibu kota lama Vietnam di dinasti Nguyen. Karena popularitasnya, hidangan ini dapat ditemukan di setiap provinsi dan kota di Vietnam. Bun Bo Hue dibuat dengan daging sapi, trotter, bola babi, darah beku, dan beberapa bumbu seperti tauge, lemon, ketumbar, dll.

Tidak hanya bahannya, kuahnya juga membuat hidangan ini berbeda dari jenis mie lainnya di Vietnam. Ini jauh lebih manis dan mie yang digunakan dalam hidangan ini juga lebih besar. Hidangan ini disajikan di banyak tempat di seluruh negeri, mulai dari sudut jalan hingga restoran mewah.

Mie Daging Sapi Hue Makanan Tradisional Vietnam

11. Hu Tieu Go – Mie Chinning

Hu Tieu Go adalah makanan jalanan yang populer di Saigon. Ini dapat ditemukan di gerobak makanan kecil di trotoar di jalan-jalan yang selalu ramai dengan orang sampai larut malam. Alasan mengapa disebut Hu Tieu Go adalah karena lokasinya yang mobile. Ini memiliki beberapa gerobak dan bangku plastik dan staf hanya berjalan di sekitar jalan dan mengetuk tocsin bambu untuk mengundang tamu. Di masa lalu, itu adalah hidangan yang dijual di gang-gang kecil untuk orang miskin, tetapi saat ini, orang-orang di Saigon memiliki hidangan ini sebagai camilan untuk hari-hari mereka.

Hu Tieu Go agak dipengaruhi oleh masakan Cina. Karena bahan utamanya adalah mie Cina, babi, sosis Vietnam, bawang merah, tauge, ketumbar, telur, bumbu, dll.

Makanan Tradisional Vietnam Hu Tieu

12. Apa – Sup Manis

Che lebih seperti gurun pada hari-hari panas di setiap bagian Vietnam. Ini dianggap sebagai makanan jalanan oleh kebanyakan orang, tetapi masih ada di menu banyak restoran. Begitu Anda datang ke tempat yang menjual hidangan ini, Anda bisa menemukan berbagai jenis Che. Yang paling populer adalah campuran berbagai macam kacang-kacangan dan memiliki rasa manis. Anda juga bisa menambahkan buah-buahan dan agar-agar agar lebih beraroma. Tempat-tempat ini biasanya menyajikan Che dari negara-negara Indochina lainnya juga, seperti Thailand, Kamboja, dan Laos.

Sup Manis Makanan Tradisional Vietnam

13. Bun Mam – Sup Mie Ikan dan Seafood yang Difermentasi

Bun Mam adalah spesialisasi lain dari masakan Vietnam. Ini berasal dari Kamboja dan sangat populer di wilayah barat daya Vietnam. Padahal, makanan dari wilayah barat daya Vietnam ini cukup mirip dengan masakan Kamboja karena wilayah tersebut berbatasan langsung dengan negara tetangga. Penduduk setempat memakannya saat sarapan di masa lalu, tetapi sekarang orang memakannya sebagai makanan utama (makan siang dan makan malam) juga.

Hidangan ini lebih pedas dari jenis mie lainnya. Itu dibuat dengan bihun beras, terong, limau, cabai segar, udang, cumi-cumi, perut babi, dan ikan putih bersisik. Itu sering disajikan dengan sayuran dan rempah-rempah. Hidangan ini lebih populer di Saigon dan wilayah selatan. Namun, ia memiliki bau menyengat yang tidak semua wisatawan tahan. Jika ingin mencoba sajian baru dengan cita rasa yang lezat, ada baiknya mencoba Bun Mam.

Makanan Tradisional Vietnam Bun Mam

14. Banh Xeo – Crepes Vietnam

Banh Xeo dikenal sebagai panekuk Vietnam yang renyah. Ini adalah salah satu makanan tradisional Vietnam terbaik yang harus Anda coba. Dikatakan bahwa Banh Xeo dipengaruhi oleh masakan Prancis selama pendudukan mereka di Vietnam. Hidangan ini dibuat dengan menuangkan adonan nasi ke dalam minyak panas, lalu diisi dengan udang, babi rebus, taoge, dan daun bawang. Kata “xeo” berarti suara mendesis saat Anda membuat hidangan. Saat siap disajikan, lapisan luarnya berwarna kuning dan Anda akan menggulungnya dengan kertas nasi kering, sayuran, dan rempah-rempah. Cara terbaik untuk makan Banh Xeo adalah dengan tangan Anda.

Makanan Vietnam Tradisional Crepes Vietnam

15. Dengan Tam – Nasi Pecah Vietnam

Com Tam adalah makanan Vietnam terkenal yang terbuat dari butiran beras pecah yang rusak karena transportasi, penggilingan, atau saat panen. Hidangan ini disajikan dengan daging babi panggang, iga, telur dadar, mentimun, wortel, daun bawang, dan sayuran lainnya dan dilengkapi dengan semangkuk kecil saus ikan, dan semangkuk sup. Terlepas dari popularitasnya, nasi pecah Vietnam terbaik dapat ditemukan di Saigon. Sangat ikonik sehingga setiap orang harus mencoba Com Tam Saigon selama Tur Kuliner Kota Ho Chi Minh .

Nasi Patah Makanan Tradisional Vietnam

16. Ca Phe Sua Da – Es Kopi dengan Susu Kental

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, Ca Phe Sua Da adalah minuman simbol khas di Vietnam. Itu dibuat dengan filter kopi Vietnam, susu, dan es. Orang Vietnam lebih suka meminumnya di kedai kopi di trotoar, di sudut jalan, atau di gerobak kopi. Ini adalah minuman sederhana tetapi memiliki rasa yang sangat kuat dan enak. Dengan secangkir es kopi Vietnam di pagi hari, Anda akan siap untuk memulai hari yang produktif.

Es Kopi Makanan Tradisional Vietnam

17. Cao Lau – Mie Spesial Hoi An

Cao Lau adalah makanan Vietnam yang sangat terkenal yang berasal dari kota tua Hoi An, objek wisata populer di Quang Nam. Disajikan dengan kaldu, Cao Lau dibuat dengan bihun, babi atau udang, sayuran hijau, tauge, dan rempah-rempah. Cao Lau mudah dikenali karena warna mienya kuning atau abu-abu, bukan putih seperti jenis mie lainnya. Ini juga memiliki rasa manis seperti mie lainnya di Selatan.

Makanan Tradisional Vietnam Cao Lau

18. Banh Trang Nuong – Kue Girdle Panggang

Banh Trang Nuong juga disebut Pizza Vietnam. Ini adalah makanan jalanan yang populer di Selatan. Bahan utamanya adalah rice paper, bawang bombay, udang, sosis, telur puyuh, dan sambal. Anda akan memakannya dalam potongan-potongan kecil seperti makan pizza. Setiap bagiannya renyah dan memiliki rasa yang sangat enak.

Makanan Tradisional Vietnam Banh Trang Nuong

19. Trung Vit Lon – Balut

Trung Vit Lon adalah hidangan yang sangat istimewa yang populer di Vietnam, Filipina, dan Cina. Tidak hanya enak, tetapi juga kaya nutrisi. Dikatakan baik untuk orang sakit atau wanita hamil. Ini pada dasarnya adalah telur bebek tetapi dengan embrio berkembang menjadi bentuk bebek. Hanya dengan melihatnya, itu membuat takut banyak turis, bahkan orang Vietnam. Sebelum disajikan, direbus selama sekitar 15 – 20 menit dan Anda akan makan balut dengan garam, daun laksa, dan jahe. Ini sangat baik untuk kesehatan Anda.

Traditional Vietnamese Food Balut

20. Bun Thit Nuong – Mie Dengan Daging Babi/Daging Sapi/Udang Panggang

Mie Vietnam lainnya ada dalam daftar tetapi fiturnya sedikit berbeda. Bun thit nuong adalah mie kering, jadi tidak ada kaldu atau sup. Itu datang bersama dengan rempah-rempah Vietnam seperti salad, ketumbar, dan perilla, sehingga rasanya segar. Hidangan ini dibuat dengan bihun, babi panggang, wortel, mentimun, dan bumbu Vietnam dengan saus. Orang biasanya memilikinya untuk sarapan atau makan siang.

Makanan Tradisional Vietnam Bun Thit Nuong

21. Com Ga – Nasi Ayam Hoi An

Hoi An , sekarang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO, dulunya merupakan pelabuhan yang ramai dengan para pedagang yang datang dari Cina dan Jepang di antara negara-negara lain di Asia. Akibatnya, masakan daerahnya menggabungkan cita rasa Vietnam dengan pengaruh budaya dari Asia Tenggara dan Asia Timur.

Nasi ayam adalah salah satu makanan Hoi An yang paling terkenal, dan memiliki berbagai rasa dan tekstur. Nasi ayam Hoi An disajikan dengan potongan ayam yang empuk, bawang bombay yang renyah, ketumbar Vietnam yang gurih, dan nasi kuning yang cantik dengan kunyit. Karena nasinya dimasak langsung dalam kaldu ayam umami, rasanya sangat lembut dan enak.

Makanan Vietnam Nasi Ayam Hoi An

22. Com Chay – Nasi Renyah Vietnam

Ini adalah hidangan alami dan sederhana, namun lezat dan indah. Nasi kukus dipotong menjadi irisan datar dan bulat dan digunakan untuk membuat Com Chay. Irisan nasi kukus dikeringkan sebelum digoreng dalam minyak panas hingga garing dan berwarna kuning. Daging sapi, hati babi atau ginjal, sayuran tertentu termasuk jamur, tomat, dan wortel, dan rempah-rempah seperti kecap ikan, merica, cabai merah, bawang merah, dan garam ditambahkan ke komponen utama, nasi kukus. Irisan tipis daging sapi dan hati atau ginjal babi digabungkan dengan sayuran setelah direndam dalam rasa tersebut. Campuran tersebut kemudian ditambahkan ke dalam mangkuk setelah dimasak hingga harum.

Meskipun Com Chay disiapkan dengan cara yang sangat sederhana, koki yang terampil telah mengubahnya menjadi salah satu spesialisasi paling terkenal di Ninh Binh. Kita juga membutuhkan keterampilan dalam memilih barang, terutama nasi, untuk menyiapkan makanan yang enak. Makanan ini dibuat menggunakan jenis beras ketan khusus, yang mengandung biji-bijian murni berbentuk bulat yang membuat makanan lebih enak. Untuk menghasilkan nasi gosong dengan ketebalan yang merata di seluruh dasar panci, Com Chay harus dipanaskan menggunakan arang. Salah satu langkah tersulit dalam memasak adalah yang satu ini. Untuk mencegah tumbuhnya jamur dan mempertahankan rasanya, nasi yang dibakar kemudian dijemur berulang kali di luar ruangan.

Makanan Vietnam Nasi Renyah

23. Mi Quang – Mie ala Quang

Mi Quang , juga dikenal sebagai Mie Bergaya Quang, menggabungkan sup dengan salad. Ini adalah hidangan mie yang sangat terkenal dari kota-kota terdekat Da Nang di utara dan Provinsi Quang Nam di Vietnam tengah. Ini adalah hidangan musim panas karena terlalu panas untuk menikmati semangkuk sup mie konvensional di musim dingin.

Mie beras, berbagai sayuran segar, dan rempah-rempah Vietnam dipadukan dengan kaldu beraroma dalam jumlah sedang yang dimasak dari kaldu babi dan/atau ayam untuk membuat Mi Quang. Hidangan mie ini berbeda dari yang lain karena jumlah cairan yang sedikit. Setiap hidangan memiliki cukup cairan untuk membasahi mie dan mengikat semuanya. Meskipun ada berbagai varian daging dan hiasan yang digunakan dalam makanan, irisan perut babi, udang utuh, kacang panggang, dan kerupuk nasi wijen panggang adalah bahan yang membedakannya.

Makanan Vietnam Quang Style Noodle

24. Cha Ca La Vong – Ikan Kunyit Vietnam dengan Dill

Makanan khas dari Hanoi di Vietnam utara adalah Cha ca. Rasa khas bumbunya yang menggugah selera—kunyit, kecap ikan, lengkuas, gula, dan jahe—berasal dari bahan-bahan ini. Besi cor mendesis digunakan untuk menyajikan ikan yang diasinkan ke meja. Dill segar, bawang hijau, dan ikan di atas panggangan menghasilkan aroma yang memikat. Mie bihun, sayuran segar, kacang panggang, dan mâm tôm (pasta udang) atau nuoc cham di samping untuk mencelupkan biasanya termasuk dalam cha ca.

Nama lengkap hidangan ini sering ditulis sebagai “Cha Ca Thang Long” atau “Cha Ca La Vong”. Cha ca berarti “ikan bakar” dalam bahasa Inggris. Sebelum tahun 1831, Hanoi dikenal sebagai Thang Long, yang diterjemahkan menjadi “Naga Melonjak”. La Vong adalah restoran yang membuat makanan ini, sementara itu. Resep yang identik masih disebut dengan kedua nama tersebut.

Makanan Vietnam Cha Ca La Vong

25. Banh Khot – Pancake Mini Gurih Vietnam

Pancake gurih mini adalah jenis yang bisa dimakan kapan saja sepanjang hari untuk segmen tertentu orang Vietnam. Potongan seukuran gigitan ini juga disebut Banh Khot dalam bahasa Vietnam, rasanya enak saat disiapkan di rumah. Anda dapat mengisinya penuh dengan topping pilihan Anda sebanyak yang Anda bisa, dan mereka akan tetap keluar dengan sangat ringan dan renyah.

Mereka adalah tambahan yang ideal untuk perayaan “Bungkus dan Gulung” ketika seluruh keluarga datang untuk membungkus kertas nasi dan salad segar dengan bahan-bahan terbaik. Petualangan kuliner seperti inilah yang menyatukan keluarga dan menciptakan kenangan terbaik!

Pancake Mini Vietnam Banh Khot

26. Banh Bao Banh Vac – Pangsit Mawar Putih

Di atas piring, pangsit yang disebut Banh Bao, Banh Vac atau pangsit mawar putih dari Hoi An sering disusun berdampingan. Komponen utamanya adalah tepung beras, yang dihasilkan dengan menggiling beras segar yang harum beberapa kali melalui air (diambil dari sumur Ba Le terdekat) untuk menciptakan permukaan kue yang manis, halus, dan putih. Untuk membuat adonan ringan, air harus disaring dan dibersihkan 15-20 kali sebelum dicampur dengan nasi. Ya, pemutih dan boraks tidak ada dalam tepung beras. Kerak tipis yang cantik kemudian dioleskan setelah adonan digulung tipis dan dipotong-potong seukuran pangsit.

Udang segar atau daging babi giling yang dipadukan dengan merica, bawang merah, garam, jamur, dan kecap ikan merupakan sebagian besar isinya. Selain itu, penduduk lokal Hoi An menambahkan bumbu rahasia, yang membuatnya hanya istimewa dan lezat di kampung halamannya. Kemampuan koki untuk membentuk pangsit Hoi An dengan kulit tipisnya juga penting. Kue mungkin tidak terasa enak dan isiannya tidak akan matang jika kulitnya terlalu tebal. Ini akan mengukus selama sepuluh hingga lima belas menit. Hasilnya adalah kue yang hangat, lezat, dan harum.

Makanan Vietnam Banh Vac White Rose Dumpling

27. Com Hen – Nasi Kerang

Com hen ( Nasi Kerang) adalah makanan yang dimasak dengan menggunakan sisa nasi dan kerang yang disajikan pada suhu ruangan. Ini adalah hidangan sulit yang menggabungkan rasa manis, mentega, asin, asam, pahit, dan pedas. Keistimewaan Hue yang sangat sederhana dan murah, benteng bersejarah Vietnam, adalah Com hen Song Huong (atau singkatnya Com hen). Alhasil, cara penyajian jenis masakan unik ini sangat kuno, lugas, dan enak.

Selain rasa manis, mentega, asin, asam, pahit, dan pedas yang tidak biasa, unggas com memiliki aroma beras, bawang, dan minyak yang harum. Untuk mendapatkan Com hen asli, Anda harus melakukan perjalanan ke pulau sungai Hen di Perfume River. Namun, Anda mungkin menemukan hidangan ini di beberapa jalan di Kota Hue. Kerang, minyak goreng, minyak encer, kacang tanah, biji wijen putih, panekuk kering, babi suwir asin, saus cabai, bunga pisang, batang pisang, carambola asam, sayuran pedas, peppermint, salad, dll. adalah beberapa dari 15 bahan mentah yang berbeda dibutuhkan untuk menghasilkan makanan.

Com Hen Mussel Rice makanan Vietnam

28. Bun Rieu – Sup Mie Kepiting Vietnam

Di Vietnam, Bun Rieu adalah sup mie yang sangat disukai. Hal ini dibedakan dengan kaldu yang terbuat dari daging babi yang juga mengandung tomat, bawang, udang kering, dan campuran pasta kepiting dan telur. Kaldunya memiliki kombinasi sempurna antara rasa asin dan manis berkat semua komponennya. Kaldunya dibuat manis oleh daging babi dan udang kering dan agak asin oleh pasta kepiting. Hidangan ini kemudian dihiasi dengan sayuran dan kadang-kadang terasi dan disajikan di atas mie bihun. Beberapa orang lebih suka membuat topping mereka tetap dasar, jadi mereka kadang-kadang hanya menambahkan daun bawang.

Warna merah tua khas dari kuah mie ini sudah terkenal. Pasta kepiting, bubuk cabai, dan tomat memberi warna merah pada makanan. Salah satu hidangan paling lezat dalam masakan Vietnam adalah kaldu, yang dibuat dari komponen dasar ini.

Sup Mie Kepiting Vietnam Bun Rieu

29. Banh Ran – Donat Vietnam

Di Vietnam, “banh ran” adalah makanan ringan yang disajikan saat sarapan. Banh Ran hadir dalam dua varietas utama: kue manis dan asin, dengan yang terakhir jauh lebih populer daripada yang pertama. Sedangkan isian bolu manis adalah kacang hijau tumbuk yang manis, isian bolu asin adalah campuran daging cincang, udang, bihun, sayuran, dan bahan lainnya, mirip dengan isian kue bantal.

Selain itu, kue berlapis biji wijen adalah pilihan terbaik di antara berbagai varietas kue manis karena rasa manisnya yang ringan, bagian luarnya yang renyah, dan aromanya yang lembut.

Tepung beras ketan, tepung beras, kentang tumbuk, dan gula semuanya digabungkan untuk membuat adonan. Adonan kacang hijau dibentuk menjadi bola, dibungkus adonan, dan diberi lapisan wijen dengan cara menggulungnya di atas pinggan biji wijen. Kue berubah menjadi cokelat keemasan, renyah, dan beraroma setelah digoreng. Di bawah bagian luarnya yang renyah terdapat rasa kacang hijau, nasi, dan kentang yang manis dan pedas. Jadi nikmati saja dan rasakan betapa lezatnya itu!

30. Goi Cuon – Lumpia Segar

Gulungan Vietnam dapat dibagi menjadi dua kategori utama: roti gulung segar dan roti gulung goreng. Orang Vietnam menyebut lumpia yang baru dibuat (atau lumpia musim panas, gulungan kertas nasi) sebagai goi cuon. Berbagai isian terbungkus dalam kertas nasi, menawarkan berbagai rasa dan tekstur kepada para tamu.

Goi cuon adalah hidangan yang bervariasi di setiap daerah. Variasi paling tradisional di wilayah selatan negara ini meliputi daging babi, udang, bihun, selada, dan rempah segar. Goi cuon tom thit, atau lumpia babi dan udang, adalah apa yang mereka kenal, dan saya akan memberikan resep sebenarnya untuk mereka hari ini.

Variasi lain dari lumpia segar bisa termasuk seafood bakar, babi panggang, crepes mendesis (banh xeo), atau bahkan kuping babi. Sebelumnya saya sudah berbagi resep untuk lumpia bo bia isi bengkuang, udang, telur, dan lap cheong.

Goi Cuon Fresh Spring Rolls makanan Vietnam

Makanan Vietnam sangat menarik, dan beragam dari satu daerah ke daerah lain. Masakan Vietnam dengan bangga menaklukkan semua pecinta makanan bahkan yang canggih. Ayo datang ke Vietnam dan coba masakan tradisional Vietnam yang tertera di artikel ini. Anda pasti akan memiliki momen yang benar-benar luar biasa.