Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Quotes?

Apa Itu Quotes? Pembaca pastinya pernah mendengar kata quotes? Kata ini muncul biasanya pada tema motivasi baik dalam tulisan tentang motivasi atau ceramah tentang motivasi.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang apa itu quotes, asalnya dan bagaimana contoh-contoh quotes.

Pengertian Quotes?

Apa itu quotes? quotes itu berasa dari kata quote yang berarti mengambil atau mengulang kata dari sebuah tulisan atau pidato seseorang yang kemudian ditulis dan disampaikan/diucapkan kepadda orang lain.

Quotes itu diambil karena kata-kata itu mengandung sesuatu yang unik dan menarik. Biasanya quotes itu memiliki tanda (“…”) dengan disertai sumber atau orang yang membuat quotes tersebut.

Banyak orang yang kemudian memahami bahwa quotes itu artinya adalah kata bijak. Hal itu tak sepenuhnya salah. Karena nyatanya banyak quotes itu berisi kata-kata bijak yang bermanfaat bagi orang lain.

Quotes Berasal Dari Mana?

Quotes berasal dari banyak sumber, yang biasanya dari buku, pidato, tulisan di surat kabar, pernyataan seseorang dan lain sebagainya.

Adapun asal quotes itu sendiri sebenarnya dari orang-orang yang tak terbatas. Namun tentunya ada quotes yang menarik yang biasanya banyak diambil dari ucapan orang-orang terkenal.

Quotes juga bisa datang dari para motivator-motivator juga dari orang-orang biasa. Quotes pun juga bisa bersumber dari kitab-kitab suci seperti al-Quran.

Bentuk Quotes

Quotes bisa tampil dengan teks saja namun juga bisa dengan gambar. Biasanya yang ada di media sosial seperti facebook dan instagram itu berbentuk gambar yang diberi tulisan-tulisan quotes.

Namun bisa juga quotes berbentuk hanya tulisan yang biasanya ada pada lampiran email, surat, atau website.

Quotes pun juga bisa berada di beragam media yang berbeda seperti buku, kaos, topi, banner, dan beragam media lainnya.

Fungsi Quotes

Quotes memiliki banyak sekali fungsi. Salah satunya adalah untuk motivasi dan penambah semangat. Karena quotes biasanya berisi kata bijak, makanya isi dari kata-kata itu bisa memberi inspirasi positif bagi orang yang membacanya.

Quotes juga bisa membuat sesuatu menjadi lebih menarik seperti yang ada pada kemasan barang atau produk sehingga membuat orang menjadi tertarik untuk membeli.

Contoh Quotes

1. Jangan Takut

Tidak ada dalam hidup yang harus ditakuti, itu hanya untuk dipahami. Sekaranglah waktunya untuk lebih memahami, sehingga rasa takut kita berkurang. Marie Curie

2. Membangun Diri

Hidup bukanlah tentang menemukan diri sendiri. Hidup adalah bagaimana membangun dirimu. George Bernard Shaw

3. Mengingat Moment Penting

Kami tidak mengingat hari, kami mengingat momen (peristiwa penting). Cesare Pavese

4. Kebahagiaan sejati

Rahasia kebahagiaan sejati terletak pada minat yang tulus pada semua detail kehidupan sehari-hari. William Morris

5. Perspektif Pada Hidup

Hidup adalah mimpi bagi orang bijak, permainan bagi orang bodoh, komedi bagi orang kaya, tragedi bagi orang miskin. Sholom Aleichem

6. Pengorbanan

Kita harus rela melepaskan kehidupan yang telah kita rencanakan, agar memiliki kehidupan yang menanti kita. EM Forster

7. Fokus pada yang ada

Jangan berdiam di masa lalu, jangan memimpikan masa depan, konsentrasikan pikiran pada saat ini. Budha

8. Jangan dipersulit

Hidup ini sangat sederhana, tapi kita bersikeras untuk membuatnya rumit. Konfusius

9. Hidup bermanfaat

Pertanyaan hidup yang paling gigih dan mendesak adalah, ‘Apa yang telah Anda lakukan untuk orang lain?’ Martin Luther King, Jr.

10. Nikmati Hidup Saat ini

Hidup adalah apa yang terjadi saat Anda sibuk membuat rencana lain. John Lennon