Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Alergi Gluten?

Apa Itu Alergi Gluten? Alergi gluten adalah salah satu jenis alergi yang paling umum yang banyak diderita oleh orang-orang tertentu.

Alergi gluten ini bisa menyerang pada orang dewasa dan anak-anak. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang apa itu alergi gluten? Bagaimana pengobatan alergi gluten? Apa saja gejala alergi gluten? Apa yang harus dilakukan bagi penderita alergi gluten?

Apa Itu Alergi Gluten?

Alergi gluten adalah alergi yang disebabkan karena reaksi tubuh yang tak normal terhadap makanan yang mengandung gluten.

Gluten adalah sejenis protein yang terkandung pada beberapa makanan tertentu. Dalam kasus konsumsi makanan yang mengandung gluten, reaksi tubuh yang tidak normal disebut alergi gluten.

Orang yang mengalami alergi gluten terkadang menunjukkan gejala yang mirip dengan penyakit celiac. Oleh karena itu, alergi gluten adalah penyakit alergi yang sering kali sama dengan gejala penyakit celiac.

Ketika tubuh memiliki alergi gluten, maka tubuh pun tidak dapat mencerna makanan yang mengandung gluten dan sesorang harus menghindarinya.

Alergi gluten merupakan salah satu penyakit alergi yang bisa berbahaya.

Apa Itu Gluten?

Gluten, yang ditemukan dalam biji-bijian seperti barley, gandum dan gandum hitam, adalah kelompok protein yang membentuk struktur seperti jaring dari adonan yang digunakan dalam produk roti seperti roti dan bagel, yang sering dikonsumsi, dan memberikan elastisitas pada adonan.

Protein yang membentuk gluten diklasifikasikan menjadi dua kelompok utama: prolamin dan glutenin. Gliadin adalah protein dalam kelompok prolamin. Ini menyebabkan reaksi alergi pada pasien yang tidak toleran terhadap gluten dan celiac. Gluten berubah menjadi zat yang keras namun melar bila dikombinasikan dengan air.

Meskipun sifatnya yang lengket membuat adonan menjadi elastis, ini memungkinkan adonan untuk naik dan naik selama memasak. Pada saat yang sama, gluten, yang memberi produk fitur kenyal, juga bertanggung jawab atas tekstur lembut dan renyah yang memuaskan orang saat mengunyah.

Yang sering ditanya “Apa artinya gluten?” Pertanyaan ini dapat dijawab dengan cara ini. Gluten, yang sangat efektif terutama dalam gandum, sering digunakan dalam produksi roti.

Gliadin yang termasuk dalam kelompok protein yang tidak larut dalam air ini merupakan zat yang sulit untuk dicerna. Oleh karena itu, dapat menyebabkan masalah pencernaan pada beberapa orang.

Meskipun banyak orang dapat mentolerir gluten, gluten tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit celiac, sensitivitas gluten, dan alergi gandum.

Ketika gluten dikonsumsi oleh pasien celiac, sistem kekebalan tubuh bereaksi dan merusak jaringan usus kecil. Atrofi, atau atrofi, terjadi di vili di usus kecil, atau dengan kata lain, struktur seperti jari yang memungkinkan penyerapan nutrisi. Tanpa vili, penyerapan vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh akan terganggu. Tergantung pada ini, masalah kesehatan yang berbeda dapat terjadi.

Makanan Apa yang Mengandung Gluten?

Biji-bijian seperti barley, rye, dan gandum mengandung banyak gluten. Gluten merupakan produk yang memberikan elastisitas pada adonan dan umumnya digunakan pada produk bakery seperti roti dan bagel.

Banyak makanan seperti pasta, couscous, bulgur, semolina, confectionery, pastry, cake, chips, daging olahan, kecap mengandung gluten. Tingkat keparahan gejala bervariasi tergantung pada tingkat alergi dan jumlah gluten yang tertelan.

Mengapa dan Bagaimana Alergi Gluten Terjadi?

Alergi gluten bisa muncul karena beberapa sebab. Di antaranya adalah:

1) Makan Makanan Gluten Berlebihan

Konsumsi berlebihan makanan yang mengandung gluten adalah salah satu penyebab terbesar alergi gluten. Oleh karena itu, perlu untuk mengurangi makanan berprotein daripada mengonsumsi makanan yang mengandung gluten secara berlebihan.

2) Faktor Alami

Terkadang alergi gluten dapat berkembang tanpa alasan apa pun. Dengan faktor bawaan, alergi gluten dapat terjadi pada orang tersebut. Terkadang, alergi terhadap gluten dapat berkembang di dalam rahim.

Bagaimana Ciri-ciri Alergi Gluten?

1) Badan Gatal

Gejala biasanya muncul pada reaksi alergi. Gatal tubuh adalah gejala alergi gluten yang terus-menerus. Gatal badan bisa terjadi di berbagai bagian tubuh. Ada rasa gatal yang terus-menerus.

2) batuk

Batuk juga merupakan gejala alergi gluten yang penting. Seiring dengan batuk, mengi juga bisa dilihat pada orang tersebut. Ini adalah gejala yang terjadi segera setelah konsumsi makanan yang mengandung gluten. Oleh karena itu, ini dikenal sebagai temuan penting.

3) Sesak Napas

Gejala lain dari alergi gluten adalah sesak napas. Sesak napas diamati bahkan ketika orang tersebut sedang istirahat. Dalam hal ini, faktor-faktor buruk mungkin muncul. Sesak napas adalah salah satu gejala yang paling umum.

4) Diare

Diare dapat disertai dengan nyeri perut. Oleh karena itu, diare juga dikenal sebagai gejala yang penting. Berbagai faktor juga terjadi dengan diare. Makanan gluten menyebabkan diare karena mengganggu struktur usus.

5) Sakit kepala

Gejala lain dari alergi gluten adalah sakit kepala. Sakit kepala dapat bertahan sepanjang hari. Ini adalah jenis sakit kepala yang tidak hilang, terutama setelah minum obat penghilang rasa sakit.

Makanan Apa yang Bagus Bagi Penderita Alergi Gluten?

1) Telur

Telur adalah salah satu makanan pertama yang terlintas dalam pikiran ketika datang ke alergi gluten. Apalagi di pagi hari, mengkonsumsi telur untuk sarapan sangat baik untuk alergi ini. Konsumsi telur dianjurkan karena mudah dicerna dan memiliki nilai gizi yang tinggi.

2) Susu

Makanan lain yang sangat baik untuk alergi gluten adalah susu. Susu mengandung sejumlah besar laktosa. Ini juga menenangkan perut. Ini juga direkomendasikan oleh dokter bagi mereka yang alergi gluten.