Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu daun adas?

Apa itu daun adas?

Daun adas adalah daun dari tanaman Adas atau dalam bahasa Inggris disebut dengan nama Dill. Adas adalah tanaman sayur yang banyak dijadikan bumbu dalam masakan atau sebagai bahan penghias masakan.

Adas atau dalam bahasa latin disebut ‘anethum graveolens’ adalah anggota keluarga tanaman Apiaceae. Daun adas atau dill ini biasa digunakan sebagai bumbu masakan untuk menambah cita rasa dan aroma masakan.

Adas banyak digunakan untuk campuran hidangan seperti sup, acar, dan kari. Daun Adas biasanya panjangnya sekitar 4-8 inci dan paling bagus jika daun adas digunakan saat masih segar.

Minyak yang diekstraksi dari daunnya dikenal sebagai minyak dan adas atau minyak dill dan sering digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat sabun.

Daun adas adalah bahan populer yang digunakan dalam masakan negara-negara seperti Ukraina dan Rusia dan juga dicampur dalam saus dan digunakan sebagai hiasan makanan.

Daun adas cukup populer dihidangkan dengan dipasangkan pada masakan kentang rebus atau tumbuk dengan mentega dan juga dicampur dalam salad.

Apa Manfaat Daun Adas untuk Kesehatan

Kandungan dalam daun Adas di antaranya adalah vitamin C yang membantu dalam meningkatkan kekebalan kita dan dalam pengaturan metabolisme kita.

Vitamin C juga membantu menyembuhkan luka kita lebih cepat. Vitamin A yang ada dalam adas dapat membantu kita dengan memperkuat penglihatan kita dan juga meningkatkan kekebalan kita dan kalsium dalam adas akan membantu menjaga tulang kita tetap sehat.

Mangan yang terdapat dalam adas diperlukan tubuh dalam jumlah yang lebih sedikit tetapi mampu membantu dalam kerja yang efisien dari sistem saraf dan otak kita.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari daun adas untuk kesehatan:

1. Membantu Melancarkan pencernaan

Daun adas dapat membantu pencernaan karena memiliki sifat anti-peradangan dan anti-perut kembung yang dapat membantu mengurangi keasaman dan pembentukan gas.

Ini menghasilkan pencegahan masalah seperti kembung dan perut kembung. Adas juga dapat membantu penderita sembelit karena kandungan seratnya yang tinggi dan dengan demikian membantu dalam proses buang air besar dengan mudah.

Adas memainkan peran yang efektif dalam mencegah masalah perut lainnya seperti maag dan gastritis karena dapat membantu mengurangi kadar asam yang berlebihan di perut kita.

2. Membantu mengatasi Insomnia

Insomnia mengacu pada gangguan di mana kita menghadapi kesulitan tidur. Insomnia bisa akut, kronis atau kadang-kadang terjadi.

Insomnia dipicu pada banyak orang karena gaya hidup sibuk yang kita terapkan dan kurang tidur dapat membuat kita malas dan frustrasi.

Adas terdiri dari senyawa yang dikenal sebagai flavonoid dan juga vitamin B kompleks yang dapat membantu memberantas insomnia.

Adas dapat mengaktifkan pelepasan hormon sehat dan diketahui menurunkan kadar kortisol yang pada akhirnya akan menurunkan tingkat stres.

3. Mengandung zat antioksidan

Antioksidan membantu melindungi tubuh kita dari senyawa yang dapat mempengaruhi kita jika kadarnya meningkat. Makanan kaya antioksidan dapat membantu mencegah penyakit seperti Alzheimer dan radang sendi.

Daun adas terdiri dari flavonoid, tanin dan terpenoid. Flavonoid seperti yang disebutkan di atas dapat membantu dalam peningkatan kesehatan otak.

Tanin adalah senyawa yang menghasilkan sejumlah kepahitan dalam makanan nabati. Tanin memiliki sifat antimikroba dan dengan demikian dapat melawan mikroorganisme berbahaya.

4. Membantu menurunkan Berat Badan

Daun adas dapat membantu menurunkan berat badan karena mengandung nutrisi dan antioksidan dan memiliki kalori yang sangat sedikit.

Daun adas juga membantu mengurangi kadar trigliserida dalam tubuh kita bersama dengan kolesterol jahat. Anda dapat menambahkan daun adas dalam minuman pagi atau teh hijau Anda yang akan membantu membakar lemak.

Cukup tambahkan seikat daun adas ke dalam minuman ini atau bahkan dalam air biasa saja dan rebus selama 5-6 menit, saring airnya lalu diminum. Minuman ini akan membantu pencernaan dan akan meningkatkan tingkat metabolisme Anda.