Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Klaster/Kluster Dalam Istilah Virus Corona?

Pengertian Klaster/Kluster

Jika kita mencari arti dari klaster dalam KBBI, maka kita akan menemukan bahwa artinya adalah kelompok konsonan atau vokal yang terdapat dalam satu daerah ucapan; gugus bunyi.

Dari pengertian tersebut terdapat kata kunci bahwa klaster itu secara umum digunakan untuk menyebut suatu konsonan yang terdapat dalam satu jenis ucapan.

Sedangkan jika klaster itu dihubungkan dengan istilah pada virus Korona atau Covid-19, maka klaster itu berarti satu kelompok yang terpapar virus dengan satu kejadian kesehatan yang sama.

Contoh istilah yang menjelaskan klaster adalah misalnya Secapa AD, Bandung. Klaster itu disebut demikian karena penularan Corona terjadi pada satu kelompok yang sama dan kasus saling berhubungan.

Juga kita pun menemukan contoh lain misalnya pada awal-awal virus Corona COVID-19 ditemukan di Indonesia, tiga pasien pertama yang terkena virus Corona berasal dari sebuah klaster yang disebut klaster dansa.

Artinya, klaster adalah satu kelompok yang berisi orang-orang yang terkena virus korona pada kejadian atau kasus atau tempat yang sama.

Contoh Lain Klaster Corona

Contoh lain tentang pengertian klaster corona adalah di Turki saat pembukaan Haghia Sophia menjadi masjid, banyak orang kemudian melaksanakan shalat di sana.

Setelah itu ternyata ditemukan klaster baru virus korona. Klaster ini berasal dari orang-orang yang mengikuti kegiatan di Haghia Sophia tersebut.

Jadi klaster pun muncul karena ada orang yang terpapar virus corona yang kemudian menularkan kepada orang lain dalam satu gelombang atau kelompok.

Menghindari Klaster Baru

Untuk bisa menghindari klaster baru, maka masyarakat itu harus mematuhi protokol kesehatan dengan cara menghindari keramaian, melaksanakan social distancing, dan juga yang termasuk penting adalah selalu memakai masker.

Jika klaster baru muncul maka hal itu akan sangat berbahaya karena penyebarannya pun meningkat dibandingkan penyebaran secara individu.