Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bolehkah makan jeruk setelah minum obat?

Bolehkah makan jeruk setelah minum obat? Orang yang sakit dianjurkan untuk makan buah-buahan agar dapat asupan vitamin yang cukup agar cepat sembuh.

Di antara buah yang bagus dikonsumsi saat sakit adalah buah jeruk. Namun apakah buah jeruk bagus dimakan setelah minum obat? Bolehkah makan jeruk setelah minum obat?

Bolehkah makan jeruk setelah minum obat?

Bolehkah makan jeruk setelah minum obat?
Bolehkah makan jeruk setelah minum obat?

Jawaban pertanyaan ini secara singkat adalah, disarankan untuk tidak makan jeruk setelah minum obat, atau hendaknya menghindari makan jeruk berdekatan dengan konsumsi obat.

Hal ini dikarenakan kandungan jeruk bisa memberikan efek negatif jika tercampur dengan obat tertentu. Menurut salah satu penelitian disebutkan bahwa minum obat bersamaan dengan makan jeruk bisa mengurangi penyerapan obat tersebut oleh tubuh.

Bahaya makan jeruk setelah minum obat

Pasien sering diperingatkan oleh para dokter untuk tidak meminum obat tertentu dengan jus jeruk bali karena dapat mengubah dosis obat yang normal menjadi overdosis toksik.

Menurut informasi terbaru para peneliti telah menemukan fakta terbaru, bahwa jus jeruk bali, jeruk dan apel juga dapat memblokir efek dari beberapa obat, menghapus potensi manfaat bagi pasien.

Relawan sehat mengambil dosis obat alergi fexofenadine, menenggaknya dengan air atau jus. Ketika obat diminum dengan jus jeruk bali, misalnya, hanya setengah dari dosis yang diserap ke dalam aliran darah, dibandingkan dengan meminumnya dengan air. Temuan tersebut dipresentasikan minggu ini pada pertemuan nasional American Chemical Society oleh para peneliti di University of Western Ontario di London, Ontario .

Sejauh ini, para peneliti telah menemukan bahwa jus jeruk, jeruk dan apel mengurangi penyerapan obat antikanker etoposide; beta blocker tertentu yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi; siklosporin, digunakan untuk mencegah penolakan organ yang ditransplantasikan; dan antibiotik tertentu. Obat tambahan kemungkinan akan ditambahkan ke daftar, kata David G. Bailey, seorang profesor farmakologi klinis di University of Western Ontario.

“Ini hanyalah puncak gunung es,” kata Dr. Bailey dalam siaran pers. “Saya yakin kita akan menemukan semakin banyak obat yang terpengaruh dengan cara ini.”

Dr. Bailey yang awalnya mengidentifikasi potensi bahaya dalam mengonsumsi obat dengan jus jeruk bali, menunjukkan bahwa jus jeruk dapat berinteraksi dengan obat dengan cara yang meningkatkan konsentrasi obat dalam darah ke tingkat yang berbahaya. Ini diketahui mempengaruhi sekitar 50 obat, mulai dari statin penurun kolesterol hingga Viagra. Beberapa obat sekarang membawa label yang memperingatkan konsumen agar tidak meminumnya dengan jus jeruk bali atau jeruk bali segar.

Dr Bailey mengatakan pasien harus berkonsultasi dengan dokter atau apoteker sebelum mengambil obat apapun dengan jeruk atau jus lainnya. Saran terbaik, bagaimanapun, adalah untuk mengambil sebagian besar obat hanya dengan air.